Penjaskesrek

Blog ini Berisi Informasi Seputar Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan yang Cocok untuk Semua Kalangan.

5+ Olahraga Mudah Tapi Menyehatkan

Olahraga murah sudah menjadi kebutuhan dewasa ini oleh karenanya pada pembahasan kali ini, kami akan membahas mengenai 5 olahraga murah dan menyehatkan. Murah dalam artian olahraga ini tidak membutuhkan biaya ataupun peralatan yang banyak serta dapat dilakukan dimanapun dan kapanpun.  Di era modern sekarang ini, manusia cenderung bersikap pasif dalam beraktivitas. Dalam Bahasa kekinian akrab dengan sebutan mager (malas gerak). Dikarenakan oleh kemajuan teknologi yang membuat segala urusan menjadi lebih mudah dan instan. Disisi lain kemajuan teknologi memilik manfaat mengefesienkan waktu dan memudahkan pekerjaan, namun disisi lain kemajuan teknologi juga membuat tubuh mengalami penurunan karena jarang lagi melakukan aktivitas gerak apalagi berolahraga. Olaharaga membuat tubuh lebih sehat karena dapat mengeluarkan toksin/racun dalam tubuh, melancarkan peredaran darah, membuat otot menjadi lebih kuat, dan menghindarkan manusia dari stress.

Kali ini kita akan membahas mengenai kegiatan olaharaga yang bisa dilakukan oleh hampir semua orang, tanpa memandang status, usia, bahkan jenis kelamin, karena gerakan-gerakan dalam olaharga ini sangat mudah dilakukan dan pastinya tidak memakan biaya yang banyak dan bisa dilakukan dimanapun kapanpun . Berikut olahraga yang mudah namun sangat menyehatkan bagi tubuh.

1. Berjalan Kaki 


olahraga murah berjalan kaki

Olahraga murah yang pertama adalah Berjalan kaki. Olahraga ini bisa dilakukan di dalam rumah maupun di luar rumah, kita hanya perlu meluangkan waktu untuk melakukan aktivitas ini. Jika akan melakukan aktivitas diluar rumah dan jaraknya tidak terlalu jauh maka utamakalah berjalan kaki, karena berjalan kaki memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Namun jika anda baru akan melakukan aktivitas ini, harus memulai secara bertahan agar tubuh anda tidak ‘kaget’, berjalan kakilah 10-15 menit setiap hari, kemudian secara perlahan tingkatkan durasi dan jarak berjalan kaki anda. Berikut ini beberapa manfaat berjalan kaki yang saya rangkum dari berbagai sumber :

a. Menurunkan Berat Badan

Nah terkejut kan mengetahui bahwa berjalan kaki dapat menurunkan berat badan, faktanya memang seperti itu, dengan berjalan selama 30 menit dalam sehari dapat membakar setidaknya 150 kalori. Semakin cepat langkah kaki anda semakin banyak juga kalori yang akan terbakar karena otot akan bekerja lebih keras dari pada berjalan biasa. Namun aktivitas ini harus juga ditunjang dengan gaya hidup sehat, dengan mengatur pola makan serta istirahat yang cukup agar supaya tubuh dapat melakukan recovery setelah beraktivitas.

b. Mengurangi Stress

Berjalan kaki dapat mengurangi stres ? iya betul, berjalan kaki dapat memicu hormon endorphin yang ada didalam otak, endorphin adalah hormon didalam didalam otak yang dapat membuat seseorang merasa lebih baik, dalam artian berjalan kaki dapat memperbaiki mood seseorang. Berjalan kaki diluar ruangan juga memungkinkan anda bisa melihat pemandangan alam sekitar serta menghirup oksigen yang lebih sehat apabila aktivitas dilakukan di alam bebas yang memiliki banyak pohon-pohon.

c. Meningkatkan Sistem Imun Tubuh

Malas berolahraga menebabkan anda lebih rentan terkena penyakit, karena tubuh tidak bisa mengeluarkan keringat yang mengandung toksin/racun didalam tubuh. Berolahraga dengan berjalan kaki setidaknya selam 30 menit dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh anda melawan penyakit ataupun infeksi. berjalan kaki juga mengurangi resiko terkena penyakit radang sendi, stroke, maupun asma.

2. Berlari (jogging)

olahraga murah lari

Olahrga murah yang kedua adalah Berlari. Olahraga ini adalah salah satu olahraga murah namun sangat menyehatkan bagi tubuh, olahraga lari hanya membutuhkan sepatu kets yang pas dikaki anda, dan pakaian olahraga seadanya. Olahraga lari idealnya dilakukan dilapangan ataupun ditempat yang memang ada trek larinya. Ada beberapa manfaat yg bisa anda peroleh dengan rutin melakukan aktivitas olahraga ini, diantarnya adalah :

a. Baik Bagi Kesehatan Lutut

Dengan berlari lutut akan bekerja lebih keras dibandingkan dengan berjalan, namun perlu diperhatikan bahwa sebelum berlari lakukanlah pemanasan secukupnya untuk meregangkan otot dan persendian anda. Study menunjukkan bahwa orang yang rutin melakukan olahraga lari dapat menurunkan resiko arthiritis pada lutut dan pinggul. Berlari juga menguatkan lutut karena otot yang berada disekitar lutut akan lebih kuat karena sering digunakan.

b. Membuat Tubuh Menjadi Lebih Bugar

Dengan berlari maka sistem cardiovascular dan cardiorespirasi dalam tubuh akan bekerja lebih maksimal, dikarenakan pada saat berlari tubuh membutuhkan asupan oksigen pada otot yang bekerja keras pada saat berlari. Berlari juga dapat memperlancar peredaran darah yang membuat tubuh tidak mudah mengalami kelelahan pada saat berolaharaga ataupun setelah berolahraga. 

c. Membuat Tidur Lebih Nyenyak

Lari dapat meningkatkan kualitas tidur, hal ini telah dibuktikan dalam sebuah penelitian di swedia yang mengungkapkan, wanita berusia 50-75 tahun dengan berat badan berlebih tapi rutin berolahraga pagi, akan mengalami tidur yang lebih baik jika dibandingkan dengan orang yang tidak berolahrag. Kualiitas tidur yang buruk akan mempengaruhi nafsu makan seseorang yang berakibat pada berkurangnya asupan nutrisi bagi tubuh. Sebaliknya, kebutuhan tidur yang cukup akan memperbaiki keseimbangan hormone yang secara otomatis memperbaiki nafsu makan anda.

TIPS MELAKUKAN LARI

Untuk lebih memaksimalkan olahraga lari anda, berikut hal-hal yang perlu anda lakukan sebelum berlari:
a. Memakai sepatu olahraga yang pas di kaki anda, pakailah sepatu yang memiliki sedikit ruang dibagian depan, untuk menghindari lecet pada kulit anda, karena pada saat berlari, kaki akan ‘membesar’ pada saat menyentuh tanah.
b. Lakukanlah pemanasan sebelum olahraga untuk menaikkan suhu tubuh dan meregangkan otot dan persendian.
c. Sebelum berlari, mulailah dengan berjalan santai beberapa 10-30 menit
d. Berlarilah secara bertahap, jangan memaksakan tubuh anda
e. Setelah berlari jangan langsung duduk karena akan terjadi penimbunan asam laktat yg membuat tubuh anda sakit setelah berlari, berjalanlah selama beberapa menit terlebih dahulu.
f. Selain mengikuti tips diatas, berkonsultasilah dengan dokter, terutama apabila anda memiliki penyakit tertentu.

3. Senam

olahraga murah senam

Olahraga yang menyenangkan ketiga adalah senam. Senam bisa dilakukan sendiri ataupun berkelompok, didalam ruangan ataupun diluar ruangan, senam dewasa ini sudah menjadi kegiatan rutin bagi sekolah maupun instansi pemerintah, setidaknya sekali dalam seminggu mereka melakukan aktivitas senam dilapangan atau depan kantor masing-masing. Banyak dari kita mengkonsumsi makanan yang cukup namun tidak dibarengi dengan aktivitas olahraga yg cukup, sehingga terjadi yang terjadi hanyalah penimbunan dalam tubuh. Senam juga memiliki banyak manfaat bagi tubuh diantarany adalah :

a. Meningkatkan Stamina Tubuh

Anda pernah mengalami lemas setelah berolahraga ? mata berkunang kunang ? bisa jadi itu disebabkan oleh oleh tingkat stamina (kebugaran) yang rendah. Hal ini kemungkinan besar oleh sistem kardiovascular (sistem perdaran darah) dan kardiorespirasi (sistem pernafasan) yang mengalami gangguan disebabkan oleh adanya penimbunan lemak yang mengganggu aliran oksigen kebagian tubuh yang membutuhkan. Melakukan senam secara teratur dapat meningkatkan kedua sistem diatas yang berpengaruh pada penigkatan kemampuan tubuh melakukan aktivitas tanpa mengalami kelelahan yang berarti. Semakin rutin anda berolahraga semakin maksimal organ didalam tubuh kita bekerja.

b. Meningkatkan Kepercayaan Diri

Melakukan aktivitas senam dapat meningkatkan kepercayaan diri, oleh karena dengan melakukan aktivitas senam, anda dapat mengontrol tubuhnya dengan keyakinan dan tingkat keberhasilan yang baik, sehingga dengan senam, anda dapat membentuk konsep diri yang positif. Senam yang dilakukan berkelompok juga dapat memperbaiki relasi sosial kita, karena adanya kebersamaan yang dapat meningkatkan rasa persaudaraan dan kekompakan.

c. Menjaga Berat Badan Serta Membentuk Tubuh

Sebagaimana berari dan jalan, senam juga sangat efektif untuk membakar kalori didalam tubuh, karena gerakan senam melibatkan hamper semua anggota tubuh, sehingga pembakaran kalori maupun lemak lebih luas, tidak hanya pada bagian tertentu tubuh saja. Bagi anda yang kurang pede dengan berat badan anda, senam bisa menjadi alternatif dalam menurunkan berat badan, lemak ataupun kalori lambat laun akan hilang sesuai dengan intensitas anda dalam melakukan senam tersebut. Disisi lain, senam juga dapat memperbaiki bentuk dan kondisi tubuh. Seperti sikap tubuh yg bungkuk dapat diperbaiki dengan senam. Perut yang tidak rata juga dapat dikecilkan atau bahkan di six pack kan dengan senam, karena dengan senam otot lebih kencang, elastis dan tidak menggelambir.

4. Berenang

olahraga murah renang

Olahraga murah yang ketiga adalah berenang. Sudah bisa berenang ? kalau belum, mulai sekarang  belajarlah berenang, karena selain ini adalah salah satu Sunnah nabi, berenang juga sangat menyenangkan untuk dilakukan, namun untuk anda yang belum mahir berenang, mulailah belajar dikolam renang, jangan dipantai, dan usahakan didampingi oleh seorang professional, sebagai guru ataupun yg mengawasi anda selama berenang. Berenang memiliki banyak manfaat, diantaranya adalah :

a. Menyehatkan Jantung

Berenang adalah satu satu cabang olahraga aerobic, berenang sangat baik untuk jantung, dengan berenang jantung menjadi lebih efisien dalam memopa darah.  Dalam sebuah penelitian yang dilakukan di Amerika oleh American Health Assosiation mengungkap bahwa, hanya dengan berenang selama 30 menit dalam sehari dapat menurangi resiko penyakit jantung coroner pada wanita sebesar 30%-40%. Selain itu, sebuah analisis oleh Annals Of Internal Medicine mengungkap bahwa latihan aerobic dapat menurunkan tekanan darah.

b. Mengurangi Stres dan Membuat Otak Bekerja Lebih Baik

Stres adalah penyakit yang jamak dialami oleh semua orang, terutama masyarakat perkotaan, yang setiap hari bergelut dengan pekerjaan dan macet. semua orang pernah mengalaminya, setiap orang memiki caranya sendiri dalam menanggulangi stresnya. Dalam salah satu bukunya Willian Wilson (1883) mengatakan “pengalaman perenang ketika didalam air, dapat digolongkan sebagai kalangan yang paling bahagia diantara makhluk hidup dalam suasana hati senang dan dalam kenikmatan latihan paling lengkap yang membahagiakan. Dalam penelitian lain disebutkan bahwa berenang memang benar-benar mengubah otak menjadi lebih baik melalui proses yang dikenal sebagai neurogenesis hippocampal, dimana menggantikan sel sela yang rusak akibat stress. Berenang dengan keluarga selain menyehatkan juga bisa menjadi rekreasi sekaligus wahana edukasi bagi anak-anak, mendekatkan anak-anak dengan alam dan lignkungan sekitar.

c. Sebagai Alternatif Penyembuhan Pada Saat Cedera

Cedera merupakan momok menakutkan bagi atlit, pada saat cedera atlit sedikit melakukan aktivitas sehingga mempengaruhi kebugaran atlet, salah satu alternative untuk mempercepat penyembuhan sekaligus menjaga kebugaran atlit adalah dengan berenang, pada saat berenang hambatan air membuat otot-otot bekerja keras tanpa ketegangan atau dampak yang  dialami saat pertandingan. Alternative ini banyak dilakukan oleh para atlet sepakbola, seperti C. Ronaldo. Olahraga renang ini juga banyak dilakukan oleh atlet-atlet olahraga pada saat libur ataupun jeda kompetisi, hal selain sebagai ajang hiburan juga sebagai cara untuk tetap mempertahan kebugaran mereka.

5. Push Up

olahraga murah push up

Olaharaga murah yang menyenangkan ketiga adalah push up merupakan olahraga yang mudah dilakukan namun berat untuk orang yang tidak terbiasa melakukaknnya, oleh karena itu mulailah melakukan push up secara bertahap, berolahraga itu ibarat menaiki sebuah tangga, harus dilakukan secara bertahap agar tidak menjadi masalah bagi tubuh dilain hari. Olahraga bisa dilakukan oleh laki-laki maupun perempuan. Push up juga bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja, sehingga memungkinkan push up dimasukkan dalam program latihan setiap hari. Anda bisa melakukan push up pada saat bangun tidur ataupun sore hari, namun tetap harus melakukan peregangan dan pemanasan sebelumnya, agar push up bisa lebih maksimal. Berikut manfaat melakukan push up :

a. Membentuk Otot Tubuh

Hal ini mungkin sudah banyak diketahui oleh orang, pada saat push up beberapa otot tubuh berkontraksi (bekerja). Push up banyak melibatkan otot tubuh, baik itu otot dada, lengan, perut, bahu dll. Pada saat melakukan push up bisep dan trisep lengan otot akan menarik kekuatan tubuh dengan cara yang sangat menarik. Semua bagian otot penggerak akan bekerja untuk bagian dada saat badan melakukan gerakan naik turun. Selain itu bagian lengan belakaang yang memiliki banyak serabut otot kecil akan terlatih sehingga menjadi lebih kuat dari sebelumnya. Jika dilakukan secara rutin anda bisa melihat sendiri perkembangannya bagi tubuh anda.

b. Memperbaiki Metabolisme Tubuh

Metabolisme tubuh adalah semua proses pengolahan makanan yang masuk kedalam tubuh untu mempertahankan fungsi kerja organ. Metabolisme yang buruk menyebabkan penimbunan lemak didalam tubuh yang akan mempengaruhi kerja organ. Dengan melakukan push up, maka terjadi proses pembakaran lemak didalam tubuh yang akan memperlancar peredaran darah serta memaksimkan pembagian oksigen. Jika aliran darah dalam tubuh lancar maka secara otomatis metabolisme tubuh juga baik.

c. Mencegah Osteoporosis

Osteoporosis memang penyakit yang jamak ditemui pada usia lanjut, namun anak muda juga potensial terkenal penyakit ini. Makanya penting untuk mencegah osteoporosis sejak dini sebagai langkah antisipatif. Memang semakin tua kita maka semakin rapuh pula tulang kita, namun hal ini bisa diperlambat dengan rutin melakukan olahraga, salah satunya adalah push up. Dengan melakukan gerakan push up secara rutin dapat meningkatkan kepadatan tulang dan menguatkan otot pada seluruh bagian tubuh. Kerjasama otot dan tulang pada bagian dada, lengan, dan bahu akan membuat tulang inti mejadi lebih padat dan kuat.


Ya itulah tadi beberapa latihan olahraga yang murah dan mudah dilakukan tetapi sangat menyehatkan bagi tubuh anda, olahraga ini tidak memerlukan biaya yang banyak, anda hanya perlu meluangkan waktu anda sedikit sebagai investasi masa depan anda. Banyak orang yang sewaktu muda sibuk bekerja sehingga mengabaikan kesehatan yang pada akhirnya setelah tua menjadi sakit sakitan, menyebabkan uang yang mereka kumpulkan dengan susah payah diwaktu muda, habis untuk membiayai pengobtannya.

Penting untuk diketahui juga bahwasanya olahraga saja tidak cukup untuk mendapatkan tubuh yang sehat dan bugar, olahraga yang baik adalah olaharaga yang ditunjang dengan asupan nutrisi makanan yang baik serta istirahat yang cukup. Begitupun sebaliknya, asupan makanan yang baik namun tidak dibarengi dengan olahraga yang teratur adalah sebuah kesia siaan, semuanya harus saling melengkapi untuk memperoleh hasil yang maksimal.

Semoga apa yang saya bagikan ini bermanfaat dan dapat memberikan sedikit pencerahan mengenai pentingnya berolahraga, olahraga adalah investasi masa depan, karena tubuh yang sehat itu mahal. Terima kasih

Salam Olahraga……

5+ Olahraga Mudah Tapi Menyehatkan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ikbal H

0 komentar:

Post a Comment