Penjaskesrek

Blog ini Berisi Informasi Seputar Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan yang Cocok untuk Semua Kalangan.

Sejarah Piala Dunia Sepak Bola

Piala Dunia merupakan turnamen sepakbola  tertinggi tinggat international antar negara negara diseluruh dunia. Sejarah mencatat bahwa piala dunia pertama kali diselenggarakan di Uruguay tepatnya pada tanggal 13-30 juli 1930. Dipilihnya Uruguay sebagai negara disenggelarakannya piala dunia tidak terlepas dari kiprahnya dalam dunia sepakbola terutama setelah menjuarai olimpiade tahun 1924-1928. Pada saat itu piala dunia hanya diiukuti oleh 13 tim, terdiri dari 4 negara dari benua eropa dan 8 tim dari benua amerika. Mengapa minim sekali peserta dari eropa ? hal tersebut disebabkan oleh jauhnya perjalanan yang harus ditempuh sehingga mengurungkan niat mereka untuk ikut serta berpartisipasi.

Piala Dunia 2014
Piala dunia pertama itupun tidak melalui proses kualifikasi seperti yang kita kenal dewasa ini, tapi yang ikut berkompetisi adalah negara negara yang mendapat undangan khusus dari organisasi sepakbola saat itu. Saat itu uruguay yang menjadi tuan rumah berhasil memangkan turnamen tersebut setelah mengalahkan argentina dengan skor 4-2.  Kemenangan tersebut menjadikan uruguay sebagai negara pertama yang menjuarai piala dunia.

Piala dunia sendiri sempat terhenti pada tahun 1942-1946 dikarenakan oleh meletusnya perang dunia. Sejak saat itu piala dunia terus mengalami perubahan dari waktu ke waktu sampai sekarang ini format yang yang dipakai adalah terdiri dari 32 tim yang dibagi kedalam beberapa grup. Sebelum sampai difase tersebut itu tim harus mengikuti proses kualifikasi untuk mengetahui apakah tim layak untuk ikut serta dalam turnamen atau tidak selama kurang lebih 2 tahun sebelum komepetisi digelar.
Untuk mengenang jasa pencetus Piala Dunia, trophy yang diperebutkan di Piala Dunia dinamakan Jules Rimet Cup. Sebelumnya sebutan trofi tersebut adalah Coupe du Monde de Football Association, atau Piala Dunia Sepakbola. Baru pada kongres FIFA yang berlangsung di Luksemburg tahun 1946, nama Jules Rimet disepakati menjadi nama resmi trofi tersebut.

Trofi berbentuk seorang dewi sedang memanggul cawan ini dirancang oleh pematung terkenal asal Perancis bernama Abel Lafleur, dan didesain dengan tinggi 35 cm dan berat 3,8 kg. kepala tropi terbuat dari perak dan emas, sementara di bagian bawah terbuat dari semi batu mulia dan dilapisi lazuli.Trofi ini pernah hilang pada tahun 1966 saat dipamerkan didepan publik di Inggris, namun akhirnya berhasil ditemukan kembali oleh seekor anjing pintar yang bernama Pickles. Brazil sendiri diberikan piala untuk disimpan sendiri selamanya setelah berhasil memenangi Piala Dunia sebanyak 3 kali. Namun sangat disayangkan, trofi ini dicuri dari Bank Central Rio de Janiero dan kabarnya telah dilebur oleh pencurinya. 

Sejak Jules Rimet Cup menjadi milik abadi Brasil pada Piala Dunia ke-9. FIFA akhirnya memutuskan untuk membuat trofi baru. Pada Piala Dunia tahun 1974 di Jerman Barat, FIFA telah mengusung trofi baru rancangan seniman Italia Silvio Gazzaniga. Trofi Piala dunia yang dibuat oleh Silvia Gazzaniga memiliki tinggi 36 cm, berat 4, 97 kg, dan dibuat dari emas 18 karat.
Trofi Piala Dunia

Berikut adalah daftar pemenang piala dunia dari masa ke masa
Tahun
Tuan Rumah
Juara
1930
Uruguay
Uruguay
1934
Italia
Italia
1938
Prancis
Italia
1950
Brazil
Uruguay
1954
Swiss
Jerman
1958
Swedia
Brazil
1962
Chili
Brazil
1966
Inggris
Inggris
1970
Meksiko
Brazil
1974
Jerman Barat
Jerman Barat
1978
Argentina
Argentina
1982
Spanyol
Italia
1986
Meksiko
Argentina
1990
Italia
Jerman Barat
1994
Amerika
Brazil
1998
Prancis
Prancis
2002
Korea Selatan dan Jepang
Brazil
2006
Jerman
Italia
2010
Afrika Selatan
Spanyol
2014
 Brazil
Jerman
 
Ya itulah sejarah piala dunia yang saya kumpulkan dari berbagai sumber, apabila ada yang keliru, mohon sampaikan kritikannya dengan bahasa yang santun melalui contact yang kami siapkan. Terima Kasih
Salam Olahraga......  

Sejarah Piala Dunia Sepak Bola Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ikbal H

0 komentar:

Post a Comment