Penjaskesrek

Blog ini Berisi Informasi Seputar Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan yang Cocok untuk Semua Kalangan.

Manfaat Bersepeda Untuk Kesehatan Dan Kebugaran Serta Tips Bersepeda yang Baik

Dewasa ini kebiasaan bersepeda sudah banyak ditinggalkan oleh masyarakat, utamanya masyarakat di perkotaan, digantikan oleh kendaraan bermotor yang dianggap lebih cepat dan efisien. Salah satu faktor kenapa kegiatan ini banyak ditinggalkan adalah karena bersepeda tidak memberikan dampak selain kelelahan dan otot yang sakit setelah bersepeda ditambah ketidaktahuan masyarakat mengenai manfaat bersepeda bagi kesehatan serta kebugaran tubuh, nah oleh karena itu kami akan sedikit membahas manfaat dari melakukan aktivitas bersepeda.

Bersepeda

Telah lama para ahli mengakui bersepeda sebagai salah satu latihan aerobik yang terbaik. Hampr setiap orang, dalam usia berapapun, dapat melakukan aktivitas bersepeda ini untuk kebugaran dan setiap orang yang sehat dapat menjadi pengendara sepeda yang baik dengan cara berlatih sepeda yang baik dan benar. Bersepeda merupakan salah satu cara yang baik untuk membantu membina kerja jantung dan kebugaran otot. Salah satu dari keindahan bersepeda adalah bahwa anda dapat memperkuat tubuh dan jiwa and sekaligus. Kegembiraan dan kebugaran dapat terbina secara bersamaan dan bahu membahu.

Bahkan yang lebih membahagiakan adalah beragamnya orang yang bersepeda dari semua umur dan jenis kelamin, baik yang bersepeda untuk prestasi maupun untuk rekreasi mempunyai kesamaan dalam dua hal; merasa puas atas aktivitas mereka dan juga mendapatkan latihan yang baik dan membakar kalori dalam tubuh. Setiap orang yang bersepeda secara teratur dapat memperoleh keuntungan kesehatan dan kebugaran.

Manfaat Bersepeda

Bersepeda merupakan cara terbaik untuk berlatih selama 20-30 menit setiap hari, 3-5 hari setiap minggu agar memperoleh kesehatan dan kebugaran yang baik. Bersepeda sama efektifnya dengan berjalan dan berlari untuk mejaga kesehatan otot bagian bawah tubuh. Bersepeda juga memenuhi tambahan aerobik yang diperlukan sistem jantung tetapi dengan tekanan yangkurang terhadap anggita tubuh.

Para peneliti aerobik mengatakan bahwa bersepeda sama baiknya dengan lari dan renang untuk mendapatkan kebugaran. Spesialis obat-obatan olahraga memberikan resep bersepeda karena olahraga ini menyebabkan tingkat kehausan yang lebih rendah dibandingkan dengan olahraga lainnya seperti lari atau jogging. Mereka seringkali menyarankan orang-orang yang cukup umur yang mempunyai masalah dengan anggota tubuhnya untuk memilih bersepeda sebagai olahraga untamanya.

Bagaimana bersepeda dapat meningkatkan masing-masing komponen kebugaran; kebugaran jantung, komposisi tubuh, fleksibilitas, ketahanan dan kekuatan otot.?

Kebugaran Jantung

Bersepeda merupakan salah satu aktivitas yang baik untuk meningkatkan kebugaran jantung. Kebugaran jantung diukur dengan kapasitas aerobik, yaitu kemampuan untuk melakukan latihan otot besar dan seluruh badan pada tingkat aktivitas yang sedang sampai tinggi untuk periode waktu yang cukup lama. Bersepeda menyebabkan bekerjanya otot-otot kaki, pinggul, dan pantat, dan bagian atas tubuh digunakan saat mendaki tanjakan. Bersepeda meningkatkan kemampuan oksidasi otot-otot tersebut sehingga meningkatkan kemampuan tubuh untuk melakukan pekerjaan yang luas.

Dengan giat mengikuti aktivitas bersepeda secara teratur yang meningkatkan kapasitas aerobik, anda dapat mengurangi resiko penyakit jantung. Aktivitas yang demikian ini, disebut latihan aerobik, membantu memperkuat jantung anda.

Komposisi Tubuh

Bersepeda aerobik beberapa kali dalam seminggu merupakan cara yang menyenangkan dan cepat untuk membakar lemak dan kalori serta meningkatkan berat yang tak berlemak. Tubuh anda dapat dibagi menjadi dua dua komponen dasar; bagian yang berlemak (otot, tulang, organ dalam) dan bagian yang berlemak. Demi kesehatan dan kebugaran yang baik, anda harus selalu menjaga keseimbangan antara keduanya. Dengan menaksir komposisi tubuh anda, hal ini memungkinkan untuk menentukan apakah berat anda berlebihan atau kurang.

Perkiraaan komposisi tubuh dengan mudah dapat ditentukan dengan mengukur lengkungan jangka. Hal ini akan memberikan peresentase kegemukan tubuh, yang berarti bahwa persentase tertentu dari keseluruhan berat badan diperkirakan merupakan lemak yang tertimbun. Oleh karena itu, jika persentase lemak anda 23%, maka 77% sisanya adalah berat badan yang tak berlemak. Anda harus berusaha mempertahankan lemak anda dibawah 20% untuk pria dan dibawah 25% untuk wanita.

Mengontrol apa yang anda makan (kalori) dan dikombinasikan dengan latihan aerobik yang teratur merupakan cara ideal untuk menjaga keseimbangan dalam komposisi tubuh. Bersepeda membuat otot utama tubuh bagian bawah bekerja dan dapat menghasilkan pandangan yang ramping (berotot dan tak berlemak).

Fleksibilitas 

Fleksibilitas merupakan kemampuan untuk merentangkan ataupun menggerakkan persendian dan anggota badan melalui rentang gerak yang luas atau penuh. Fleksibel menjadikan olahraga seperti bersepeda sebagai aktivitas hidup yang dapat membuat perbedaan yang nyata bagi kesehatan untuk jangka waktu yang lama.

Bersepeda mempunyai pengaruh yang kecil pada peningkatan fleksibiltas anda. Tujuan anda adalahmelengkapi bersepeda anda, untuk menghindari apa yang disebut dengan mati kaku (cycling rigor mortis), kebugaran anggota badan dan kehilangan kelenturan otot secara bertahap yang disebabkan berada di atas sadel secara berlebihan.

Ketahanan dan Kekuatan Otot

Kebugaran otot mencakup ketahanan (berapa kali atau berapa lama anda dapat mengangkat atau menahan obyek) dan kekuatan (berapa banyak berat yang dapat anda angkat). Banyak aktivitas dalam hidup anda, seperti mengangkat tas belanja atau naik turun tangga memerlukan kebugaran pada tahap tertentu.

Bersepeda meningkatkan kekuatan dan ketahan otot, terutama otot bagian bawah tubuh, misalnya sejumlah lomba bersepeda dan naik gunung dapat memperkuat otot punggung dan bahu secara lebih efektif dari pada sejumlah program angkat berat. Secara umum, bersepeda jarak jauh, dengan intensitas rendah dapat meningkatkan ketahan otot anda. Berikut beberapa otot yang terlatih saat melakukan aktivitas bersepeda;
  • Otot kaki akan lebih kuat dari pada olahraga selain sepeda. Namun harus digaris bawahi bahwa anda melakukan pelemasan (terutama pada betis dan lutut) untuk menetralkan kekakuan.
  • Otot-otot lengan membantu mengontrol sepeda, juga dapat digunakan untuk menahan bagian atas tubuh saat melakukan "sprinting" dan pendakian bukit.
  • Otot-otot leher dan bagian atas punggung dapat menjadi keteta/kaku saat pengendaraaan jauh.
  • Otot-otot bahu punggung dan dada utamannya digunakan saat lepas sadel dalam "sprinting" dan penanjakan bukit atau tanjakan lainnya.
  • Otot perut mendukung/menahan bagian atas tubuh.

Membandingkan Manfaat Kebugaran Bersepeda

Bagaimanakah manfaat kebugaran bersepeda dibandingkan manfaat aktivtas olahraga lainnya yang mungkin dapat anda lakukan ? Berapa banyak bersepeda yang perlu anda lakukan untuk memperoleh manfaat yang sama dengan aktivitas kebugaran yang lain ? mari kita bandingkan pengaruh latihan aerobik anatara bersepeda, lari dan renang. Jika anda bersepeda 5 mil dalam waktu kurang dari 20 menit, hal itu akan sebanding dengan lari 1 mil dalam waktu kurang dari 8 menit. Bersepeda sebanding dengan lari, aerobik, renang dalam latihan jantung, dan sama dengan beberapa aktivitas untuk mencapai berat badan ideal, ketahanan dan kekuatan otot.

Disamping manfaat fisik dari bersepeda aerobik yang teratur, anda dapat pula membantu meningkatkan rasa senang dan menikmati hidup yang lebih produktif. Oleh karena itu jangan meremehkan nilai kelur rumah mengayuh pedal sepeda 3-5 kali seminggu. Kombinasi antara bersepeda secukupnya dan gaya hidup positif yang lain akan memberikan perubahan dan anda akan mendapatkan kesehatan yang lebih baik.

Tips Bersepeda yang Bijak

Namun ada hal-hal yang harus diperhatikan sebelumnya agar aktivitas bersepeda anda tidak terganggu, berikut beberapa tips bersepeda yang baik;
  1. Bawalah selalu paling tidak satu botol air, tidak mengapa bagaimanapun dekatnya jarak yang anda tempuh. Minumlah sebelum anda merasa haus. Kekurangan cairan adalah problem yang biasa terjadi pada banyak pengendara karena mereka tidak memperhatikan seberapa mereka berkeringat karena angin sepoi-sepoi saat berkendara menguapkan keringat, minumlah berkali-kali, isi ulang botol anda jika perlu.
  2. Bawalah makanan kecil pada saat perjalanan selama 45 menit atau lebih. Buah-buahan, pisang, makanan berenergi, anggur, jeruk, sesuatu yang mudah namun penting. Cobalah bermacam-macam makanan.
  3. Bawalah pakaian ekstra dalam kantong anda, utamanya jika anda bersepeda ke suatu daerah yang cuacanya sulit diduga. Jas hujan yang ringan adalah ide yang bagus. Jangan lupa bawa uang receh juga, barangkali perlu membeli makanan, atau untuk memompa ban yang kempes.
  4. Jika mungkin mulailah bersepeda anda melawan angin karena akan memberi dorongan angin pada saat anda pulang, yang sangat diharapkan setelah anda bersepeda yang lama dan berat
Itulah beberapa manfaat dan sedikit tips bersepeda, mudah-mudahan dengan sedikit informasi ini bisa menggugah semangat kita untuk lebih mencintai olahraga bersepeda, selain menyehatkan bersepda juga menjadi salah satu bentuk perlawanan terhadap polusi lingkungan yang saat ini mengancam bumi kita.

Salam Olahraga.....

Manfaat Bersepeda Untuk Kesehatan Dan Kebugaran Serta Tips Bersepeda yang Baik Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ikbal H

0 komentar:

Post a Comment