Penjaskesrek

Blog ini Berisi Informasi Seputar Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan yang Cocok untuk Semua Kalangan.

Pengertian Kelentukan

Kelentukan merupakan kemampuan pergelangan/persendian untuk dapat melakukan gerakan kesemua arah dengan amplitudo gerakan (range of motion) yang besar dan luas sesuai dengan fungsi persendian yang digerakkan.

Kelentukan

Harsono dalam bukunya mendefinisikan kelentukan sebagai kemampuan untuk melakukan gerakan dalam ruang gerak sendi, dan juga ditentukan oleh elastis tidaknya otot-otot, tendo dan ligamen. Pendapat lain mengatakan bahwa kelentukan adalah keefektifan seseorang dalam penyesuaian dirinya untuk melakukan segala aktivitas tubuh dengan penguluran seluas luasnya terutama otot-otot, dan ligamen-ligament sekitar persendian.

Dengan elastisitas otot-otot dan luasnya persendian memungkinkan seseorang untuk menguasai keterampilan gerak dalam berbagai cabang olahraga serta akan lebih cepat karena kemungkinan gerakannya akan lebih luas.

Ada beberapa manfaat kelentukan yaitu:
  • Mengurangi kemungkinan cedera pada otot dan sendi.
  • Membantu dan mengembangkan kecepatan, koordinasi dan kelincahan.
  • Membantu meningkatkan prestasi.
  • Menghemat pengeluaran tenaga pada waktu melakukan gerakan-gerakan.
  • Membantu dan memperbaiki sikap tubuh.
Ada dua cara mengembangkan kelentukan, yaitu peregangan statis, dan peregangan dinamis. Peregangan Statis adalah peregangan yang dilakukan yang dilakukan secara pelan kemudian ditahan beberapa saat, peregangan ini bertujuan untuk meningkatkan elastsistas otot. Sedangkan peregangan dinamis adalah peregangan yang dilakukan dengan cara menggerakkan tubuh secara berirama atau memantulkannya (bounce) sehingga terasa otot-otot teregang, peregangan ini melibatkan otot dan sendi, pangkal gerakan dari peregangan jenis ini adalah tubuh bagian persendian.

Faktor- Faktor yang Mempengaruhi Kelentukan

1. Komposisi Jaringan Ikat
Jaringan ikat atau jaringan penyambung berfungsi untuk mempertahankan bentuk tubuh. Oleh karena setiap manusia memiliki karakteristik tubuh yang berbeda maka akan berpengaruh juga terhadap elastisitas pada tubuh manusia.

2. Respon Jaringan
Keleluasaan gerak sendi serta kelenturan otot dapat dipertahankan selama bagian tubuh bergerak secara normal dan jaringan ikat tetap akan menjaga kekuatannya serta akan tetap mampu menahan tekanan yang diterima.

3. Otot
Otot berpengaruh besar terhap kelentukan oleh karena otot adalah salah satu unsur utama penggerak tubuh, otot yang kaku karena tidak melakukan peregangan yang cukup akan mengakibatkan seseorang rentan terkena cedera pada saat berolahraga.

5. Usia
Penuaan adalah merupakan sesuatu yang normal terjadi, seiring bertambahnya usia makan fungsi organ didalam tubuh lambat laun akan menurun, hal ini dikarenakan karena berkurangnya aktivitas yang dilakukan pada saat usia lanjut, hal ini menyebabkan terjadinya penyusutan massa otot serta pengapuran sendi, sehingga sendi terasa sakit pada saat terlalu banyak digerakkan.

Pengertian Kelentukan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ikbal H

0 komentar:

Post a Comment