Penjaskesrek

Blog ini Berisi Informasi Seputar Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan yang Cocok untuk Semua Kalangan.

Pengertian Sepak Sila Dalam Permainan Sepak Takraw

Pengertian Sepak Sila adalah menyepak bola menggunakan kaki bagian dalam yang gunanya untuk menerima dan menimang bola, mengumpan dan menyelamatkan smash lawan. walaupun pada dasarnya tindakan ini tidak hanya sekadar untuk menerima bola, menimang, menyelamatkan. Tapi bisa merupakan pertahanan awal yang pertama kali oleh pemain dalam sebuah regu yang menerima servis. Terkadang bola yang meluncur keras kearah lapangan regu kita tidak dapa dibendung sehingga bagi tim atau regu yang melakukan servis mendapat poin.

Sepak Takraw

Menurut Ahmad hamidi (2008:14) sepak sila adalah menyepak bola dengan menggunakan kaki bagian dalam. Dalam permainan sepak takraw, sepak sila digunakan untuk menerima dan menguasai bola, mengumpan, dan menyelamatkan bola dari serangan lawan.  

Ramli (2014:5) mengemukakan :Sepaksila dalam permainan sepaktakraw suatu sepakan yang menggunakan kaki bagian dalam, sepaksila digunakan untuk menerima dan menimang/menguasai bola, mengumpan kepada teman untuk melakukan serangan, serta untuk menyelamatkan bola dari serangan lawan. 
 
Untuk dapat bermain sepak takraw yang baik maka pemain harus memiliki keterampilan yang baik, salah satunya adalah tekhnik sepaksila. Tekhnik adalah cara yang dilakukan atau dilaksanakan untuk mencapai tujuan tertentu secara efektif dan efisien. Tekhnik dalam permainan sepak takraw diartikan sebagai cara memainkan bola yang efektif dan efisien sesuai dengan peraturan peraturan sepak takraw untuk mencapai hal yang maksimal.

Tekhnik permainan sepak takraw adalah upaya untuk melakukan suatu pembuktian dalam permainan dengan cara menggagalkan serangan lawan, umpan yang akurat dengan sebaik mungkin untuk menyelesaikan tujuan yang ingin dicapai dalam cabang permainan sepak takraw.

Penguasaan tekhnik sepak sila merupakan salah satu unsur yang ikut menentukan menang kalahnya dalam sebuah pertandingan, selain unsur-unsur lain, seperti fisi, mental, taktik dll.

Keberhasilan suatu regu sangat ditentukan oleh kemampuan individunya dalam melakukan sepak sila. Untuk mendapatkan hasil sepakan yang baik dan benar maka perlu diperhatikan tekhnik tekhnik sepak sila sbb:

  1. Berdiri dengan membukan kaki selebar bahu
  2. Kaki sepak digerakkan melipat setinggi lutut kaki yang menjadi tumpuan
  3. Bola dikenai atau bersentuhan dengan bagian bawah dari bola
  4. Kaki tumpu agak ditekuk sedikit, dan bada dibungkukkan sedikit
  5. Mata fokus ke bola
  6. Kedua tangan dibuka dan dibengkokkan pada siku sebagai penjaga keseimbangan
  7. Pergelangan kaki pada saat menerima atau menyepak bola ditegangkan atau dikeraskan
  8. Arahkan bola lurus keatas setinggi kepala
Untuk dapa menguasai sepak sila yang baik dan benar maka diperlukan latihan  berulang ulang, latihan bisa dilakukan sendiri ataupun berkelompok, namun latihan tergantung pada kreativitas ataupun keinginan individu sendiri.

  • Latihan Secara sendiri dapat dilakukan dengan berbagai tahapan, yaitu mulai dari yang paling mudah sampai yang paling sulit, seperti latihan dengan memantulkan bola ke tembok kemudian gerakan menyepak sila dengan arah bola lurus ke atas kepala lalu ditangkap. Setelah itu tambah gerakan menyepaknya (2-3) kali kemudian ditangkap/dijatuhkan. Selanjutnya lakukan gerakan itu sebanyak mungkin sampai bola tidak jatuh, namun apabila jatuh ulangi dan teruskan kembali.
  • Latihan berpasangan atau berkelompok dapat dilakukan dengan berbagai variasi latihan, salah satunya dengan membuat formasi latihan seperti formasi ber shaf, formasi lingkaran ataupun formasi zig zag, formasi satu empat, formasi lingkaran berpusat, dan sebagainya.
Berdasarkan penjelasan diatas dapat kita simpulkan bahwa sepak sila merupakan hal yang sangat penting dan perlu mendapat perhatian dalam permainan sepak takraw, karena sepak sila merupakan pertahanan awal didalam permainan sepak takraw itu sendiri. Inti dari keberhasilan adalah kerja keras. 

Itulah info seputar pengertian sepak sila dalam sepak takraw, semoga bisa bermanfaat bagi teman-temanku sekalian. Terima kasih.

Pengertian Sepak Sila Dalam Permainan Sepak Takraw Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ikbal H

0 komentar:

Post a Comment