Penjaskesrek

Blog ini Berisi Informasi Seputar Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan yang Cocok untuk Semua Kalangan.

Sarana dan Prasarana Bulutangkis Lengkap

Olahraga bulutangkis adalah salah satu olahraga populer di Indonesia, Indonesia memiliki legenda-legenda bulutangkis yang pernah mencapai prestasi tertinggi di tingkat International, sebut saja Taufik Hidayat, Susi Susanti, Liem Swie King dan lainnya. Untuk bermain bulutangkis tentu saja dibutuhkan peralatan dan lapangan yang memadai, berikut ini akan kami jelaskan peralatan dan ukuran lapangan bulutangkis, mudah-mudahan memberikan tambahan pengetahuan bagi anda pecinta olahraga secara umum dan bulutangkis secara khusus.

Baca Juga: Pengertian Kekuatan Lengkap

Bulutangkis mirip dengan permainan tenis meja, yaitu berusaha memasukkan kok dalam permainan area lawan dan mencetak poin. Untuk memainkan olahraga ini, maka harus disiapkan terlebih dahulu sarana dan prasaran yang diperlukan. Apa saja sarana dan prasarananya itu ? berikut ulasannya.

Sarana dan Prasarana Bulutangkis

1. Raket (Racket)

Raket pada masa lampau, sampai tahun 1970-an, masih dikenal raket yang baik gagang maupun kepalany (daunnya) terbuat dari bahan kayu, sekarang raket pada umunya dibuat dari bahan grafit, meskipun masih ada yang dibuat dari bahan aluminium atau besi ringan. Bentuknya beraneka macam, tetapi yang trend sampai sekarang adalah yang umumnya dipakai pemain pelatnas. Biasanya raket semaik mahal harganya semakin ringan dan kuat raket itu.

Raket Bulutangkis 

Raket memiliki jaring yang terbuat dari tali plastik sintetis, tali ini jamak disebut dengan sebutan string atau senar. Senar yang baik adalah yang bisa dipasang sekeras mungkin tetapi tidak gampang putus, agar raket dapat memantulkan shuttle yang dipukul kencang atau cepat. Raket juga dilengkapi dengan sebuah tas yang dapat menampung beberapa raket sekaligus.

Pemanfaatan bahan campuran serat karbon atau campuran titanium sebagai rangka raket, memiliki beberapa keunggulan dibandingkan dengan bahan kayu, antara lain;
  1. Bentuknya tidak mudah berubah (tidak mudah melenting), sehingga tidak perlu menjepitnya dengan rangka pengepres saat tidak digunakan.
  2. Lebih ringan, sehingga lebih mudah diayunkan sesuai dengan jenis dan arah pukulan yang diinginkan penggunanya.
  3. Tegangan senarnya dapat lebih tinggi, sehingga dapat menghasilkan laju shuttle yang keras saat dipukul.
  4. Relatif lebih tahan terhadap perubahan cucaca, sehingga lebih awet dan tahan lama.
Peraturan bulutangkis tidak menyebutkan persyaratan khusus mengenai raket. Umumnya panjang raket 56-67 cm dan beratnya 100-200 gram. Untuk tali senar dewasa ini umumnya terbuat dari bahan nilon kualitas tinggi dengan diameter 0,65-0,70 cm.

Baca Juga: Ukuran Lapangan Bola Voli Resmi

2. Shuttlecock

Shuttlecock yang ada di Indonesia lazim disebut dengan kok, biasanya terbuat dari bulu angsa buatan pabrik, umumnya sudah memiliki standar yang ditentukan oleh induk organisasi bulutangkis itu sendiri (IBF). Berat shuttle sekitar 5,67 gram, bulu angsa yang menancap di gabus yang dibungkus kulit berwarna putih berjumlah antara 14-16 buah, dan diikat dua tali agar tidak mudah lepas.

Shuttlecock

Jenis inilah yang dipakai untuk kejuaraan resmi. Di luar negeri banyak pula digunakan shutle dari karet, baik untuk gabus maupun bulunya. Bentuk, ukuran dan besarnya harus sama dengan shuttle yang terbuat dari bulu angsa, namun umunya shuttle plastik dipakai hanya pada saat latihan saja.

Shuttle yang bagus adalah kalau dipukul dengan raket dengan tangan dibawah pinggang meluncur dengan lurus, tanpa gerakan ke arah kiri atau kanan saat berada di udara. Para pemain tingkat internasional sering mencoba shuttle dengan memukul ke ruang disebelah netnya. Bila dipukul dengan tangan mengayuh dari bawah, shuttle yang baik akan mencapai kira-kira di tempat yang sama dengan pelaku servis.

3. Lapangan Bulutangkis

Lapangan bulutangkis cukup sederhana dan mudah dibuat dimana saja, selama tersedia ruangan seluas kira-kira 12 kali 20 meter. Untuk membuat lapangan di ruang terbuka tentu saja di usahakan agar gangguan angin tidak terlalu besar, sedangkan apabila di ruangan tertutup, atap bangunannya sebisa mungkin diatas delapan meter agar kok yang tengah dimainkan tidak sampai tersangkut atau terganggu oleh atap ruangan. Untuk garis batasnya digunakan warna yang mencolok, hal ini dilakukan untuk mempermudah wasit melihat masuk tidaknya sebuah pukulan.

Baca Juga: 73+ Istilah-istilah Dalam Tenis Meja

Panjang lapangan : 13,40 meter.
Lebar lapangan nomor tunggal: 5,18 meter.
Lebar lapangan nomor ganda: 6,1 meter.


Di Indonesia khususnya di bagian pedesaan lapangan bulutangkis banyak didirikan diatas tanah, semen cor, ataupun aspal. Namun di gedung olahraga biasanya sudah berupa semen yang dilapisi vinyl atau kayu lantai. Di lapangan yang berstandar International digunakan karpet yang terbuat dari karet keras namun elastis.

5. Tiang dan Net

Tiang dan net merupakan bagian tak terpisahkan dari lapangan, tiang dipasang dibagian luar garis samping yang memisahkan antara dua wilayah. Untuk bahannya sendiri tiang terbuat dari bahan yang kuat dan keras, sedangkan net terbuat dari tali nylon yang dilengkapi pita berwarna putih pada bagian atasnya.

Panjang net :6,10 m.
Lebar net: 76 cm.
Tinggi net: 1,55 m.
Lebar pita atas: 3,8 cm

6. Sepatu dan Pakaian 

Karena pemain dituntut cepat dan lincah diatas lapangan, maka para pemain membutuhkan pijakan kuat di lapangan agar lebih maksimal performa di lapangan. Sepatu bulutangkis membutuhkan sol karet untuk cengkrama/pijakan yang kuat, dinding sisi yang bertulang agar tahan lama selama tarik menarik, dan teknologi penyebaran goncangan saat melompat, bulutangkis mengakibatkan cukup banyak stres (ketegangan) pada lutut dan pergelangan kaki.

Aksesoris Bulutangkis

Seperti atlet pada umunya, setiap pemain bulutangkis memiliki perlengkapan utama dan tambahan ketika tampil di sebuah permainan maupun pertandingan, Baju,celana, sepatu tergolong aksesoris utama, sedang ikat tangan, ikat kepala, pelindung lutut, kalung bisa disebut tambahan. Sepatu bulutangkis harus ringan, namun menggigit bila dipakai dilapangan, agar pemain dapat bergerak maksimal baik maju maupun mundur tanpa terpeleset.

Baca Juga: Menganalisa Lawan Dalam Sepakbola

Itulah informasi seputar sarana dan prasarana bulutangkis, mudah-mudahan bisa memberikan manfaat bagi teman-temanku sekalian

Sarana dan Prasarana Bulutangkis Lengkap Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ikbal H

1 komentar:

  1. Terimakasih bermanfaat sekali untuk saya yang sedang mencari makalah tentang badminton

    ReplyDelete