Penjaskesrek

Blog ini Berisi Informasi Seputar Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan yang Cocok untuk Semua Kalangan.

Sejarah Sepaktakraw Lengkap

Tinjauan secara sejarah sepaktakraw seperti sekarang ini berawal dari suatu bentik aktivitas yang dinamakan "sepak raga". Setelah itu melalui perjalanan masa dan fase fase perkembangannya, maka terciptalah permainan sepak takraw sebagai olahraga permainan.

Bentuk permainan sepaktakraw dewasa ini dapat dibatasi sebagai olahraga yang dimainkan secara beregu dengan menggunakan net dan dimainkan oleh 3 orang pemain setiap regu dan setiap regu saling berhadapan. Tugas utama pemain adalah memainkan bola dengan cara menendang atau mengkop bola melewati net yang diarahkan ke tempat yang sulit diterima atau dijangkau oleh pihak lawan.

Baca Juga: Sejarah Piala Dunia Lengkap

Bola Sepak Takraw

Sejarah Sepaktakraw

Permainan sepak takraw berasal dari zaman kesultanan melaka (1402-1511) dan dikenal sebagai sepak raga dalam bahasa melayu. Bola terbuat dari anyaman rotan dan pemain pada masa itu berdiri membentuk lingkaran.

Sepak takraw adalah jenis olahraga campuran dari sepak bola dan bola voli, dimainkan dilapangan ganda bulu tangkis, dan pemain tidak boleh menyentuh bola dengan tangan.

Baca Juga: Beberapa Permainan Di Dalam Air Untuk Anak-anak

Catatan sejarah terawal tentang sepak takraw terdapat dalam sejarah melayu. Ketika pemerintahan Sultan Mansur Shah Ibni Almarhum Muzaffar Shah (1459-1477), seorang putranya bernama Raja Ahmad telah dibuang karena membunuh anak bendahara akibat persengketaan ketika bermain sepak raga. Raja Ahamd kemudian diangkat menjadi Sultan di Pahang bergelar Sultan Muhammad Shah I Ibni Almarhum Sultan Mansur Shah.

Pada tahun 1940-an hal ini berubah dengan menggunakan jaring dan peraturan angka. Di Filipina permainan ini disebut sipa, di Burma disebut Chinlone, di laos disebut Katot, dan di Thailand disebut Takraw.

Sejarah sepak takraw adalah transformasi dari permainan yang dalam bahasa Melayu disebut sepak raga (raga=keranjang). Pada permainan sepak raga semua pemain membentuk lingkaran dan menggunakan bola dari rotan yang dianyam bulat. Transformasi ini bermula pada tahun 1940-an ketika permainan sepak raga ini mulai menggunakan jaring dan peraturan angka, serta para pemain tidak lagi berdiri membentuk lingkaran tetapi dimainkan dilapangan ganda badminton.

Baca Juga: Cara Mudah Melakukan Split

Seiring dengan kemajuan zaman, saat ini bola sepak raga tidak lagi menggunakan rotan tetap diganti dengan fiber. Kejuaraan paling bergengsi dalam olahraga ini adalah King's Cup Championship, yang diadakan di Bangkok Thailand.

Menurut sejarah perkembangannya, sepak takraw berasal dari olaharaga tradisional indonesia, yaitu sepak raga. Daerah-daerah Indonesia yang semula mengembangkan olahraga ini adalah, Sumatera Barat, Sumatera Utara dan Sulawesi Selatan. Semula sepak raga ini dimainkan oleh sekelompok bangsawan didaerah daerah tersebut, kemudian berkembang menjadi permainan rakyat. Sepak raga dimainkan oleh 6-9 yang membentuk sebuah lingkaran ditempat terbuka sebagai hiburan dan pengisi waktu luang dikala orang orang menunggu waktu senja.

Perkembangan sepak takraw international pada tahun 1965 sepak takraw merupakan salah satu cabang olahraga yang dipertandingkan di Pesta Olahraga South Asia Peninsular Games (SEAP GAMES) yang diselenggarakan setiap dua tahun sekali yang diikuti oleh, Laos, Thailand, Singapura, Malaysia. Pada tahun 1977 jumlah negara yang mengikut SEAP GAMES diperluas dengan negara Asia lainnya, yaitu Brunei Darusslam, Indonesia, Filipina dan nama SEAP GAMES diganti dengan South Asian Games (SEA GAMES).

Pada tingkat international sepak takraw dipertandingan pada kejuaraan; SEA GAMES, ASIAN GAMES, World Sepak Takraw Championship, World Woman Sepak Takraw Championship, World Youth Sepak Takraw Championship, King's Cup Thailand, Merdeka Games, Arafura Games, Anniversary Cup, dan POM Asia Tenggara. Saat ini sepak takraw sudah memiliki induk organisasi international yaitu ISTAF.

Baca Juga: Cara Melatih Kecepatan dan Daya Tahan Dalam Sepakbola

Itulah informasi seputar sejarah sepak takraw, semoga bisa memberikan manfaat bagi kita semua. Terima kasih dan Salam Olahraga.........

Sejarah Sepaktakraw Lengkap Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ikbal H

0 komentar:

Post a Comment