Penjaskesrek

Blog ini Berisi Informasi Seputar Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan yang Cocok untuk Semua Kalangan.

Ukuran Lapangan Sepak Takraw Terlengkap

Sepak takraw adalah salah satu olahraga yang cukup populer di indonesia, terbukti dengan beberapa lapangan takraw yang dibangun sendiri secara swadaya oleh masyarakat. Ini merupakan salah satu indikator bahwa olahraga ini cukup populer.

Sepak takraw sendiri menurut sejarahnya merupakan olahraga yang menggabungkan antara sepakbola dan bola voli, hal ini dibuktikan bahwa bagian tubuh yang dominan dalam permainan ini adalah bagian kaki dan kepala, untuk tempatnya sendiri, permainan ini dimainkan di lapangan bulu tangkis. Hal ini bermula bahwa konon dulu sewaktu olahraga ini dimainkan di malaysia permainan bulu tangkis disana begitu populer sehingga digunakanlah lapangannya juga untuk bermain sepak takraw.

Seiring berjalannya waktu, sepak takraw, lapangannya juga mengalami sedikit perubahan dan memiliki ciri khasnya sendiri. Berikut ukuran lapangan sepak takraw.

Ukeran lapangan sepak takraw terbagi menjadi dua macam yaitu ukuran lapangan untuk nomor regu, tim dan double event sedangkan yang satunya lagi yaitu ukuran lapangan untuk nomor hoop.

UKURAN LAPANGAN SEPAK TAKRAW

1. Ukuran lapangan untuk nomor regu, tim dan double event

Lapangan sepak takraw berbentuk persegi panjang dengan panjang 13,4 m dan lebar 6,1 m. Setiap satu lapangan sepak takraw terdiri dari dua bagian lapang dimana setiap lapang dibuat satu lingkaran untuk servis (tekong) dan dua lingkaran untuk apit yaitu 0,9 rad. Lapangan sepak takraw yang dapat digunakan untuk pertandingan resmi bisa digunakan didalam ruangan (indoor) dan diluar ruangan (outdoor), serta harus terbebas dari berbagai macam gangguan keatas setinggi 8 m (khusus indoor) diukur dari permukaan lantai lapangan dan kesamping 3 m diukur dari dari belakang dan garis samping lapangan.

Lapangan Sepak Takraw

2. Ukuran lapangan untuk nomor hoop

Bentuk lapangan untuk nomor hoop ini berbentuk lingkaran dengan jari jari lingkaran 4 meter dan area ini harus bebas dari gangguan sejauh 3 meter, kemudian diatas lingkaran ini digantung sebuah ring yang dari 3 lubang dengan tinggi ring yaitu 4,75 m untuk putra dan 4,50 m untuk putri, pada nomor ini tidak menggunakan net.

3. Net 

Selain ukuran lapangan sepak takraw, net juga menjadi salah penunjang permainan sepak takraw. Net lapangan sepak takraw terbuat dari bahan nilon atau benang biasa. Panjang net yaitu 6,10 m atau sesuai dengan lebara lapangan sepak takraw dan lebar net 70 cm yang terdiri dari beberapa lubang net. Ukuran tinggi net bervariasi tergantung pada jenis dan kategori pertandingan yang akan dilaksanakan, antara lain untuk putra dewasa yaitu setinggi 1,55 m dan putri setinggi 1,45 m sedangkan tinggi net untuk usia dini yaitu untuk putra 1,40 m dan putri 1,35 m.


Net Sepak Takraw

4. Bola

Bola takraw pada zaman dulu terbuat dari rotan, seiring dengan perkembangan zaman bola sepak takraw pun bertransformasi. Bola sepak takraw sekarang terbuat dari bahan plasti (synctetic fibre) yang lentur dan lembut dengan ukuran berat 170-180 gram.

Bola Sepak Takraw

Setiap bola sepak takraw memiliki karakteristik khusus antara lain: dalam setiap bola sepak takraw terdiri dari 12 lubang kecil yang terbentuk dari anyaman fiber (jumalah anyaman 9-11 buah) yang akhirnya membentuk satu lingakaran bulat (bola) dengan radius bola (lingkaran tersebut yaitu 42-44 cm untuk putra dan 43-45 untuk putr.

Tiang Net 

Tiang dalam permainan sepak takraw terletak di sisi luar lapangan bagian tengah, tiang ini menjadi wadah untuk mengikat net yang dibentangkan ditengah lapangan dan membatasi dua wilayah.

Dalam permainan sepak takraw, tinggi tiang laki-laki berbeda dengan perempuan, laki-laki 150 cm, sedangkan perempuan 140 cm.

Pakaian Pemain

Untuk perlengkapan pakaian pemain sebenarnya cukup sederhana, hampir sama dengan olahraga lainnya, yaitu baju dan celana pendek, serta sepatu khusus yang terbuat dari karet, biasanya disebut dengan nannyang. Sepatu ini khusus didesain untuk permainan sepak takraw, jadi tidak boleh digunakan sembarangan.

Itulah informasi seputar ukuran lapangan sepak takraw, semoga bisa bermanfaat bagi kita semua. Terima kasih

Ukuran Lapangan Sepak Takraw Terlengkap Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ikbal H

0 komentar:

Post a Comment