Penjaskesrek

Blog ini Berisi Informasi Seputar Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan yang Cocok untuk Semua Kalangan.

Sarana dan Prasarana Olahraga Sepak Bola

Permainan sepakbola sekarang ini sudah menjadi olahraga paling populer sejagat raya, hampir semua kalangan menyukai olahraga ini, tanpa memandang usia, jenis kelamin, status sosial maupun lainnya. Permainan sepakbola sangat mudah dan menyenangkan, anda hanya perlu menyediakan bola serta lapangan untuk kemudian bisa menikmati olahraga ini. Sepakbola tergolong sebagai olahraga yang keras, banyak kontak fisik yang tidak bisa dihindarkan.

 
Olehnya itu demi keamanan dan kenyamanan dalam bermain, ada baiknya jika anda memperhatikan beberapa alat yang anda butuhkan untuk bermain sepakbola, demi keamanan anda ketika menginjakkan kaki diatas lapangan. Berikut beberapa hal yang anda butuhkan sebelum bermain sepakbola.

1. Lapangan

Lapangan merupakan salah satu unsur penting dalam permainan sepakbola, tidak ada lapangan untuk bermain berarti tidak ada sepakbola. Untuk bermain sepakbola dalam rangka permainan rekreasi tidak ditetapkan standarnya, namun dalam sebuah olahraga kompetitif maka semuanya sudah diatur oleh organisasi yang menaungi olahraga tersebut dalam hal ini FIFA. Untuk lapangan sendiri digunakan rumput dibagian atasnya, rumput ini berbeda-beda kualitasnya.

Adapun ukuran lapangan sepakbola secara umum bisa dilihat pada gambar berikut ini:

Ukuran Lapangan Sepakbola

Panjang lapangan : 90-120 m.
Lebar lapangan : 45-90 m.
Panjang kotak penalty : 40 m.
Lebar kotak penalty : 16 m.
Jarak tendang penalty :11 m.
Ukuran lingkaran tengah lapangan : 9,5 m.
Tinggi gawang : 2,4 m.
Lebar gawang : 7, 3 m.
Panjang area gawang : 18,32 m.
Lebar area gawang : 5,5 m.
Tinggi tiang Bendera Sudut : 1,5 m.

Pada setiap ujung sudut lapangan dilengkapi dengan tiang yang dipasing bender pada ujungnya, hal ini sebagai penanda tendangan sudut, lapangan juga dilengkapi dengan garis berwarna putih berdiameter 12 cm.

2. Sepatu

Salah satu perlengkapan penting yang harus disiapkan untuk bermain sepakbola adalah sepatu. Dahulu sepatu sepakbola dibuat sedemikian rupa sehingga menyentuh mata kaki. Sepatu model seperti ini sudah pasti sangat berat terasa di kaki. Namun seiring dengan berjalannya waktu, perkembangan dan inovasi, sepatu sepakbola telah didesain sedemikian rupa sehingga tidak lagi mencapai mata kaki. Dengan desain demikian akan terasa leluasa di kaki, berbobot ringan. Sepatu yang terbuat dari kulit akan memberikan perlindungan yang lebih baik jika dibandingkan dengan sepatu yang terbuat dari bahan lainnya.

Sepatu anda adalah bagian yang paling penting dari perlengkapan permainan. Ukuran sepatu yang dipakai harus benar-benar pas. Olehnya itu periksa dengan teliti pada saat anda membeli sepatu. Sepatu dengan kualitas yang baik dan ukuran yang pas di kaki akan lebih terasa enak dan mendukung untuk mengontrol bola. Anda tidak mungkin bisa bermain dengan baik apabila kaki terasa sakit atau melepuh lantaran ukuran sepatu yang terlalu sempit, karenanya ukuran sepatu harus pas baik panjang maupun lebarnya. Hal yang biasa terjadi apabila sepatu kekecilan adalah jempol kaki akan kejang dan apabila sepatu terlalu besar maka tumit akan melepuh atau terluka karena tumit bergerak keatas dan kebawah sehingga terjadi gesekan dengan dinding sepatu.

Sepatu Bola

Sebelum memilih, cobalah sepatu-sepatu dari berbagai macam merk atau pabrik. Untuk bisa merasakannya, anda harus berjalan keliling sedikit dengan sepatu baru itu untuk mencoba dan merasakan nyama tidaknya.

Jika membeli sepatu untuk anak-anak muda yang masih mengalami masa pertumbuhan, anda harus membuat keseimbangan antara ruang untuk pertumbuhan dan kebutuhan pada kecocokan (pas) pada kaki untuk memperoleh kontrol bola yang baik. Kaki anak-anak bisa dengan mudah luka oleh sepatu yang terlalu sempit. Maka memeriksa ukuran sepatu dengan cermat merupakan hal yang sangt penting.

Memakai sepasang kaos kaki tambahan dalam sepatu yang sedikit kebesaran akan membantu, tetapi perlu diingat bahwa pemain muda bagaimanapun juga cukup sering membutuhkan sepatu baru. Adalah tindakan yang kurang bijak jika mencoba bermain dengan memakai sepatu dengan ukuran yang kebesaran, akan sulit bermain bagus dengan kondisi sepatu yang demikian itu.

Anda bisa mengikat tali sepatu dengan rapi seperti kebiasaan normal atau mengikat ujungnya di sekeliling kura-kura kaki agar lebih pas.

3. Kostum

Identitas sebuah tim seringkali dilihat dari karakter serta warna kostum yang dikenakan pada saat bertanding. Dewasa ini sering kita temukan sebutan untuk satu tim kesebelasan yang diambil berdasarkan corak dan warna kostum yang dikenakan. Kesebelasan Liverpool dari Inggris lazim dipanggil dengan sebutan The Reds atau Si Merah karena kostum kebesaran yang mereka kenakan sewaktu bertanding berwarna merah. Atau julukan The Yellow Submarine atau kapal selam kuning untuk klub Villareal dari Spanyol yang mempunyai kostum kebanggaan berwarna kuning.

Kostum Bola

Di Indonesia sendiri kita mengenal julukan tim Merah Putih untuk kesebelasan timnas Indonesia karena kostum yang mereka kebiasaannya menggunakan seragam kostum dengan motif warna merah dan putih sewaktu bertanding.

Untuk para pemain pemula, kostum dengan warna dan model dari tim sepakbola favorit akan bisa membangun rasa bangga dan kepercayaan diri. Kaos ini bagus untuk latihan tetapi tidak proporsional dikenakan ketika bermain, kecuali jika rekan yang lain mempunyai kaos yang mirip. Anda perlu untuk mengenali para pemain dari tim secara sekilas pandang sehingga bisa mengoperkan bola dengan benar saat berada dibawah tekanan.

Seorang kiper harus mempunyai perhatian khusus mengenai kelengkapan peralatannya. Pakaian berlapis sangat penting karena akan melindungi pinggul, bahu dan siku. Kiper biasanya terlalu minim pergerakan dan lebih banyak berdiri dibanding pemain lain. Untuk itu kaos atasan yang hangat atau ekstra sweater sangat diperlukan bagi kiper ketik bermain dalam cuaca yang dingin.

Biasanya kiper memakai sarung tangan. Ada beberapa macam model sarung tangan yang tersedia dengan desai untuk telapak tangan dan jari-jari khusus untuk memberikan daya cengkram yang lebih kuat pada saat menangkap bola. Jangan sekali-kali membeli sarung tangan yang besar karena jika sarung tangan tersebut lepas dari tangan, maka secara otomatis  bola juga akan lepas dari tangkapan.

Pelindung Kaki

Pada saat bermain jangan memakai sesuatu atau aksesoris yang mungkin bisa membahayakan diri sendiri dan pemain lain, seperti mengenakan jam tangan, gelang bahkan anting-anting.

Untuk tahap pemanasan dan menjaga badan agar tetap hangat sewaktu anda bermain dalam cuaca dingin, baik sebelum maupun sesudah permainan, kenakanlah pakaian yang hangat baik itu jenis sweater maupun jaket.

4. Pelindung Kaki (Shin Guard)

Pelindung Kaki

Kaki sebagai alat yang digunakan dalam bermain bola sangat memerlukan pelindung, hal ini tentu saja dibutuhkan agar pemain tidak ragu untuk mengeluarkan kemampuan terbaiknya sewaktu bertanding. Meskipun alat ini pada awalnya tidak digunakan dalam dunia sepakbola, namun seiring berjalannya waktu, permainan sepakbola menjadi begitu keras dan bahkan bisa mematahkan kaki lawan. Awalnya pelindung kaki terbuat dari besi yang kemudian dilapisi karet pada bagian dalamnya, namun seiring berjalannya waktu penggunaan besi digantika oleh plastik ringan namun kuat, hal ini juga lebih nyaman untuk dipakai oleh pemain.
Federasi Sepakbola Internasional (FIFA) menyatakan dengan tegas bahwa pelindung kaki harus dipakai oleh semua pemain ketika bermain dalam pertandingan resmi. Peraturan ini bertujuan untuk melindungi kaki pemain. Dalam permainan sepakbola, kaki anda pasti beresiko mendapat tendangan maupun sambaran dari kaki lawan, dan pelindung tulang kering akan melindungi anda dari ancaman-ancaman seperti itu, serta melindungi dari rasa sakit dan memar sewaktu terjadi benturan. 

5. Bola

Meskipun bola telah disediakan oleh penyelenggara saat pertandingan, namun memiliki bola sendiri merupakan hal yang sangat baik bahkan dianjurkan. Dengan memiliki bola sendiri maka anda dapat mempraktekkan bermacam-macam cara atau teknik serta kemampuan memainkan bola dengan lebih cepat.

Bola

Dalam sebuah pertandingan resmi, bola yang digunakan harus memenuhi standar yang telah ditetapkan. Sementara untuk tahapan sedang berlatih, ukuran dan standar bola yang digunakan bersifat fleksibel. Untuk para pemain usia muda lebih baik jika berlatih dengan bola yang ukurannya sedikit lebih kecil dengan bobot yang lebih ringan. Persyaratan untuk bola standar adalah sebagai berikut:
  • Bentuknya bulat dan terbungkus dari bahan kulit atau bahan pengganti yang diperbolehkan.
  • Ukuran kelilingnya antara 27 dan 28 inci (680-710 mm).
  • Berat bola pada awal pertandingan antara 14 dan 16 ons (396-453 g). Namun berat kemungkinan besar akan bertambah bila bola telah cukup lama digunakan dalam permainan dimana lapisan permukaan bola telah menyerap lumpur dan air sehingga bola menjadi lebih berta. Masalah seperti ini dewasa ini sudah tidak jadi masalah. Dengan kecanggihan teknologi maka telah banyak dibuat jenis bola yang mempunyai permukaan anti air.
  • Tekanan pompanya antara 0,6 dan 1,1 bar (8,5-1,6 lb in).

6. Sarung Tangan Kiper

Sarung Tangan Kiper

Sarung tangan merupakan salah satu perlengkapan penting untuk penjaga gawang, posisi ini adalah satu-satunya pemain yang boleh menyentuh bola dalam area gawangnya. Sarung tangan kiper ini dibutuhkan agar supaya tangkapannya lebih lengket serta melindungi tangan dari terjangan kaki lawan.

Sarung tangan untuk kiper jelas berbeda dengan sarung tangan biasa, karena sarung tangan ini khusus didesain untuk digunakan menangkap bola, jadi tidak boleh dipakai untuk hal lainnya.

Itulah beberapa sarana dan prasarana umum yang digunakan saat bermain bola, tentunya dengan menggunakan semua perlengkapan tadi dan ditunjang oleh kondisi lapangan yang memadai akan membuat aktivitas sepakbola anda lebih menyenangkan. Selain itu, selain sebagai penunjang performa dilapangan, perlengkapan diatas juga dibutuhkan untuk meminimalisir cedera yang mungkin anda alami sewaktu bermain.

Sarana dan Prasarana Olahraga Sepak Bola Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ikbal H

0 komentar:

Post a Comment