Penjaskesrek

Blog ini Berisi Informasi Seputar Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan yang Cocok untuk Semua Kalangan.

Manfaat Latihan Angkat Beban Bagi Tubuh

Angkat beban dan Jogging dewasa ini memang sudah menjadi olahraga populer di masyarakat, hal ini ditandai dengan banyaknya trek lari dan tempat fitness yang bertebaran di mana-mana. Angkat beban memang memiliki beberapa keunggulan dibandingkan dengan jogging, begitupun sebaliknya, lari juga memiliki beberapa keunggulan jika dibandingkan dengan olahraga angkat beban.

 Angkat Beban

Namun khusus pada ulasan kali ini, kami akan membahas poin pertama terlebih dahulu, yaitu beberapa kelebihan angkat beban bagi tubuh kita. Berikut ulasannya:

1. Mengencangkan Otot

Otot-otot yang kencang ada yang terlihat keras dan padat tidak lembek dan kendor. Ini diartikan bahwa anda bisa melihat dengan jelas lekuk otot anda, bentuknya dan batas-batasnya dengan bahasan lain otot anda tidak rata seperti otot pada kebanyakan wanita.

Pembentukan otot adalah hasil dari latihan beban yang teratur dan berkelanjutan. Bila anda tertarik terhadap pengencangan otot, anda harus melakukan sesering mungkin mengulangi gerakan-gerakan angkat beban, hal ini dimaksudkan agara supaya terbentuk otot yang lebih baik dan kencang tentunya tanpa banyak menambah ukuran otot.

2. Pembentukan Tubuh

Program pembentukan tubuh memberikan manfaat yang sama seperti program pembentukan otot, tetapi program ini juga menghasilkan peningkatan ukuran otot secara drastis. Dengan pembentukan tubuh, anda tidak saja mengalami pengerasan otot dan penambahan kekuatan, tetapi juga peningkatan ukuran otot.

3. Latihan Kekuatan

Kekuatan merupakan kemampuan otot mengeluarkan daya. Khasnya, istilah kekuatan diasosiakan dengan kemampuan mengerahkan daya/kekuatan maksimal dalam satu gerak. Kadang juga disebut sebagai satu pengulangan gerak usaha maksimal (1 RM). Misalnya, anda memasang bar dengan beban 40 kg dan disuruh untuk melaksanakan sebanyak mungkin pengulangan gerak. Bilamana anda hanya dapat melakukan satu repetisi atau pengulangan gerak, maka 1 R (epetisi) M (aksimal) atau 1 RM anda sama dengan 400 kg. Peningkatan kekuatan dapat memberi kemudahan pada olahraga kompetitif (renang, tenis dan seterusnya) maupun pekerjaan sehari-hari tanpa memandang usia. Program latihan kekuatan pada umumnya memperbesar otot ketimbang latihan pengencangan otot akan tetapi tidak sebesar yang dihasilkan program latihan pembentukan tubuh.

4. Mengapa Tidak Lari atau Jogging ?

Latihan aerobik seperti jalan dan jogging baik sekali bagi peningkatan kebugaran jantung dan ketahanan otot di kaki, tetapi latihan semacam ini tidak banyak membantu pembentukan tubuh dan peningkatan kelenturan anda secara keseluruhan, bahkan dalam ketahanan otot dan tingkat kekuatan pada tubuh bagian atas. 

Salah satu kelebihan latihan aerobik dibandingkan angkat beban adalah adalah bahwa ia membutuhkan peralatan yang minim dan dapat anda lakukan hampir dimana saja. Berenang, bersepeda, merupakan latihan aerobik, malah lebih baik dari jogging untuk kelenturan secara keseluruhan, ketahanan otot, dan tenaga, tetapi semuanya masih kurang bila dibandingkan dengan apa yang dapat dilakukan program latihan beban didalam memperkuat dan membentuk bagian tubuh tertentu. Program latihan beban meningkatkan kekuatan otot, ketahanan otot, komposisi tubuh (rasio otot dan lemak terhadap seluruh berat tubuh), kelenturan dan dalam tingkatan yang lebih kecil, kebugaran jantung. Jadi, bilamana tujuan anda adalah untuk meningkatkan kebugaran jantung, anda harus memasukkan satu atau lebih jenis latihan aerobik yang telah disebutkan di atas dalam program latihan anda. Tetapi bilamana tujuan anda adalah meningkatkan kelenturan secara keseluruhan, ketahanan dan kekuatan otot serta komposisi tubuh, maka anda perlu memilih jenis latihan yang tepat.

Tidak seperti latihan atau olahraga lain yang hanya berhubungan pada penguatan otot-otot tertentu (misalnya, jalan kaki dan naik sepeda menguatkan otot kaki), program latihan beban dapat dirancang untuk menguatkan kaki maupun kelompok-kelompok otot lainnya, terutama yang sangat penting bagi anda. Yang paling menggairahkan dari latihan beban adalah cepatnya perubahan yang terlihat dan terasa pada tubuh anda, begitu anda mulai latihan, otot-otot anda terasa keras. Latihan yang teratur akan memastikan bahwa anda mempunyai kemampuan untuk membentuk tubuh anda secara menarik dan tanpa anda duga sebelumnya.

Itulah beberapa keunggulan angkat beban dibandingkan lari atau jogging, namun yang perlu digaris bawahi adalah kedua olahraga ini memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, jadi jika ingin memperoleh hasil yang lebih maksimal maka menggabungkan kedua olahraga ini adalah keputusan yang bijak. Semoga bermanfaat.

Manfaat Latihan Angkat Beban Bagi Tubuh Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ikbal H

0 komentar:

Post a Comment