Penjaskesrek

Blog ini Berisi Informasi Seputar Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan yang Cocok untuk Semua Kalangan.

Peralatan Lari/Jogging yang Baik

Salah satu faktor yang membuat olahraga lari digemari dewasa ini adalah kesederhanaannya. Untuk melakukan olahraga lari tidak dibutuhkan perlatan yang muluk-muluk, cukup dengan sepatu kets serta pakaian olahraga tentunya.

Lari/Jogging
Pada ulasan kali ini, kami akan membahas mengenai peralatan yang dibutuhkan saat seseorang ingin melakukan olahraga lari, bagaimana cara memilih peralatan yang baik, serta peralatan apa saja yang dibuthkan sebelum melakukan olahraga ini, berikut ulasannya:

Pakaian yang Baik Untuk Pelari

Boleh saja, jika anda tipe orang yang suka bergaya untuk memakai pakaian yang penuh dengan warna, ataupun sebaliknya, anda dapat memakai pakaian lusuh anda. Anda dapat menghabiskan ratusan ribu rupiah untuk membeli sepatu berteknologi tinggi dengan serat ajaib yang terasa dan terlihat hebat saat digunakan. Atau anda dapa membeli yang sederhana saja, namun masih dapat berfungsi dengan baik sebagai alas kaki sewaktu berlari.

Bagaimana cara anda berdandan ataupun berpakaian sebelum berlari tergantung dari anggaran dan selera anda, yang perlu anda garis bawahi adalah pakailah pakaian yang nyaman menurut anda. Yang kami akan bahas disini mungkin hanya beberapa hal-hal pokok saja.

Sebenarnya dengan hampir semua jenis pakaian ringan anda sudah bisa lari, namun anda tidak dapat berlari dengan baik hanya dengan memakai sepatu tua, dikarenakan sepatu tua biasanya solnya sudah sangat tipis sehingga akan menyebabkan sakit pada bagian bawah kaki anda saat berlari.

1. Sepatu

Anda perlu sepatu yang dibuat khusu untuk lari, karena pelari menginjak tanah dengan kekuatan tiga kali berat badannya atau lebih, tanah yang mereka injak biasanya telah diaspal atau disemen sehingga tidak lembek lagi, dan sepatu khusus lari didesain untuk mengatasi hal tersebut.

Sepatu lari berkualitas tinggi memiliki beberapa lapisan dengan bantalan pada keseluruhan alas kaki, sudut naik tumit kecil, kelenturan pada ujung dan perlindungan terhadap gerakan berlebihan antar sisinya. Semuanya membentuk sepatu dengan bobot yang relatif ringan.

Sepatu Lari
Cukup bijaksana membeli merk sepatu yang memang sudah terkenal dan diakui kualitasnya, seperti: Adidas, Nike, Diadora, New Balance, Reebok, dan lainnya. Tidak ada salahnya ketika membeli sepatu anda berkonsultasi dengan staf toko yang terlatih untuk membantu anda memilih sepatu yang cocok. Anda belumlah cukup dengan hanya membeli sepatu yang tepat. Ada beberapa aspek yang perlu diperhatikan mengenai pemakaian dan perawatan sepatu setelah itu anda baru dapat menikmati lari tanpa masalah. Aspek-aspek tersebut adalah:

Masa Uji Coba Sepatu

Bahkan sepatu lari terbaik pun perlu dilakukan uji coba untuk suatu periode tertentu. Anda harus mampu memakai sepatu anda tanpa kaki mengalami lecet atau melepuh, namun sepatu baru akan menyebabkan anda menyentuh tanah berbeda dengan yang lama. Kaki anda dan telapaknya mungkin akan pegal sementara beradaptasi terhadap perubahan tersebut, maka gunakanlah sepatu baru hanya untuk lari ringan sampai anda beradaptasi penuh.

Perawatan Sepatu

Sepatu lari yang dipakai dengan sering akan kotor dan bau. Tapi karena sepatu dibuat hampir seluruhnya dari bahan sintetis, ia dapat dicuci. Seringlah menyiram atau masukkan sepatu ke mesin cuci dan jemurlah dibawah sinar matahari, jangan dikeringkan dengan mesin agar sepatu menjadi lebih awet dan tidak bau. Mungkin baiknya anda membeli dua pasang sepatu, sehingga akan ada satu pasang yang kering dan siap pakai setiap harinya.

Kerusakan Sepatu

Sepatu lari akan rusak dengan dua cara. Sol dan bagian tumitnya aus, tentulah, tapi bantalannya pun akan menjadi tipis. Anda dapat memperbaiki permukaan luarnya, tapi sepatunya tidak akan sebaik seperti baru jika tekanan telah mengubah bentuk asli dan ketebalan solnya. Hampir semua sepatu lari perlu diganti setelah pemakaian 500 mil hingga 1000 mil.

Alat Tambahan Pada Sepatu

Anda dapat menjadikan sepatu baik menjadi lebih baik dengan memasukkan alat-alat perlindungan tambahan. Seperti sol dalam untuk menggantikan yang asli, meningkatkan dan menebalkan bantalan tumit, dan alat tambahan yang disesuaikan untuk pemakai yang disebut orthotics. Ketiga produk pertama biasanya dijual di toko olahraga, dan orthotics diberikan oleh dokter. Gunakan alat-alat tersebut jika anda sering cedera.

2. Baju

Apakah baju anda dibeli di toko khusus atau jenis yang sudah anda miliki sebelumnya, perlengkapan berikut ini baiknya tercakup :
  1. Pakaian dalam yang tidak terlalu ketat.
  2. Kaus kaki yang tidak sering melorot atau menggumpal dalam sepatu sehingga menyebabkan lecet pada kaki.
  3. Celan pendek yang memudahkan pergerakan dan tidak membuat paha anda iritasi.
  4. Bermacam-macam baju kaos berleher tinggi, tangan panjang, tangan pendek dan tidak bertangan dari bermacam-macam bahan dan berat.
  5. Sarung tangan untuk menghangatkan bagian-bagian yang cepat terasa dingin, ini khusunya bagi pelari untuk di daerah yang dingin, seperti di bagian pegunungan dan lainnya.
  6. Celana panjang ketat akan melindungi anda dari udara dingin dan tidak longgar dan berat apabila hujan.
  7. Baju olahraga tebal, jaket, dan setalan/baju tahan cuaca, kedua jaket dan celana panjang adalah untuk membuat anda nyaman walaupun dalam kondisi cuaca seburuk sekalipun.

3. Perlengkapan Lainnya

Perlengkapan anda yang paling kecil sekalipun akan sangat berguna seperti jam. Keistimewaan dari penghitung detik/waktu memberikan anda kemudahan. Kemajuan teknologi (dan kadangkala sangat mahal) untuk peralatan lari adalah monitor pengukur jantung. 

Kaca mata hitam sudah merupakan perlengkapan standar bagi pelari. Kacamata mengurangi tekanan cahaya yang menyilaukan dan mengurangi kerusakan pada mata akibat semburat cahaya/lampu.

Apabila anda menginginkan hiburan ketika sedang berlari bawalah serta perlengkapan musik apabila berencana melakukan latihan lari di lapangan atau jalan kecil. Tapi apabila anda latihan di jalan berhati-hatilah karena mendengarkan musik dapat membuat anda mengabaikan kebisingan jalan raya dan dapat berbahaya bagi anda. 

Itulah beberapa perlengkapan lari untuk membuat aktivitas olahraga lari anda menjadi lebih nyaman dan berjalan lancar, berlarilah untuk memperoleh kebugaran dan peningkatan kesehatan tubuh. Semoga bermanfaat

Peralatan Lari/Jogging yang Baik Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ikbal H

0 komentar:

Post a Comment