Penjaskesrek

Blog ini Berisi Informasi Seputar Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan yang Cocok untuk Semua Kalangan.

15 Tips Membantu Anak Berhenti Merokok

Setelah postingan sebelumnya kami membahas mengenai bagaimana cara mencegah anak menjadi perokok, maka di postingan kali ini kami akan membahas mengenai bagaimana cara membantu anak yang telah menjadi perokok ?. Merokok memang memberikan banyak sekali manfaat buruk bagi kesehatan, selain itu merokok juga merusak penampilan.

Apabila anak sudah secara langsung menghisap rokok atau merokok pasif, maka perlu berhenti. Saat anak anda sudah terlanjur menjadi perokok atau sedang mencoba-coba menghisap rokok, jangan mengulur-ulur waktu lagi, anda secepatnya harus mengambil tindakan untuk menghentikan kebiasaan buruknya tersebut. Walaupun begitu, pastikan anda melakukannya dengan penuh kasih sayang dan hindari sikap marah apalagi sampai menggunakan kekerasan fisik. Emosi dan kekerasan tidak akan membantu, sebaliknya malah akan memperburuk keadaan.

Berhenti Merokok

Ada banyak upaya yang bisa anda tempuh dalam rangka membantu anak anda berhenti merokok. Berikut ini kami coba memberikan beberapa tips-tips yang mungkin bisa membantu anda:

  1. Bantu anak memiliki niat dan tekad yang kuat bahwa ia benar-benar bisa berhenti merokok. Niat adalah kunci paling utama yang harus dimiliki setiap pecandu rokok yang ingin berhenti merokok. Jika hanya setengah hati, maka jangan harap tujuan ini bisa tercapai dengan mudah.
  2. Upayakan anak untuk menghindar dari fikiran negatif mengenai sulitnya upaya berhenti merokok, hindari sugesti-sugesti negatif yang mengatakan bahwa kepala akan sakit apabila tidak merokok.
  3. Buang semua rokok yang masih belum digunakan. Karena dengan melihat rokok bisa menimbulkan gairah anak untuk merokok lagi.
  4. Jika tidak bisa berhenti secara total, lakukanlah secara bertahap. Kurangi jumlah rokok yang dihisap setiap harinya. Cara ini bisa sedikit demi sedikit melepaskan diri dari efek penarikan ataupun candu nikotin yang ada dalam rokok.
  5. Berpindahlah menghisap rokok dengan kandungan kadar tar yang tinggi ke kadar yang lebih rendah, dengan begini anda bisa sedikit menurunkan kadar kecanduan anak.
  6. Tetapkan target waktu untuk berhenti merokok secara total, hal ini perlu dibicarakan langsung dengan anak tentunya dengan iklim pembicaraan yang bersahabat.
  7. Untuk menyeimbangkan metabolisme tubuh, dorong anak untuk rajin melakukan aktivitas fisik, contonya berolahraga futsal, bulutangkis, tenis meja dll. 20 menit setiap hari sudah cukup.
  8. Sarankan anak untuk tidur lebih awal, hindari begadang atau tidur larut malam.
  9. Berbagi informasi dengan anak anda juga perlu, berikan contoh bahwa merokok menghabiskan banyak uang, serta ajari mereka sejak dini untuk menabung uang.
  10. Terutama selama program berhenti merokok ini, sarankan anak untuk membatasi bergaul dengan teman-teman atau tetangga yang perokok. Bagaimanapun lingkungan memberikan pengaruh yang kuat terhadap anak.
  11. Jika memungkinkan, usahakan anda membeli/membangun rumah di lingkungan yang kondusif dan positif yang terbebas dar orang-orang perokok.
  12. Usahakan anak selalu mencari kesibukan aktivitas yang positif, seperti membaca buku, berolahraga, membantu orang tua, hal ini untuk meminimalisir peluang untuk bersentuhan dengan rokok lagi.
  13. Cobalah sebisa mungkin anda menyelidiki apakah ada teman-teman sebaya anak yang menekan atau mendorong anak untuk merokok, kemudian cari cara untuk melindungi anak anda.
  14. Anjurkan kepada anak anda untuk melakukan aktivitas positif seperti olahraga, membaca, menulis dan lainnya, hal ini tentu saja akan mengalihkan fikiran negatif anak agar tidak menyentuh rokok lagi.
  15. Jadilah contoh bagi anak anda sendiri, karena jangan sampai anda seorang merokok kemudian melakukannya didepan anak anda, hal ini tentu saja membuat anak anda bingung, anda melarang mereka merokok tapi anda sendiri seorang perokok yang hebat. Kalau memang mau merokok, jangan melakukannya didepan anak anda.
Itulah beberapa tips yang bisa anda praktekkan pada anak anda yang merokok, penting untuk diketahui bahwasanya kebiasaan merokok bisa dihilangkan dengan usaha yang konsisten dari anda dan anak anda. Merokok jangan dilupakan sebagai candu, jadi bersabarlah dalam membantu anak anda berhenti merokok.

15 Tips Membantu Anak Berhenti Merokok Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ikbal H

0 komentar:

Post a Comment