Penjaskesrek

Blog ini Berisi Informasi Seputar Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan yang Cocok untuk Semua Kalangan.

Tips Sederhana Menjaga Kesehatan Tubuh

Kesehatan adalah harta yang tak ternilai. Kesehatan individu atau diri sendiri dapat terwujud apabila seseorang menjaga kesehatan tubuhnya. Gambaran orang sehat itu seperti apa sih ? Orang yang sehat itu bangun pagi langsung tersenyum, berbahagia menyongsong hidup tiap hari, penuh rasa terima kasih dan selalu bersyukur kepada tuhan yang maha kuasa. Betapa tidak ? tak terbatas kita dapat menghirup udara yang segara, makan lezat dan bergizi, berjumpa dengan kawan-kawan, selalu hadir dan aktif dalam setiap kegiatan ditengah masyarakat dan rajin berolahraga serta kegiatan lainnya yang postif dan produktif. Pendek kata karena sehat, maka diri penuh gairah hidup dan kesegaran serta kondisi tubuh yang lebih dari biasanya.

Kesehatan

Giat dengan aktivitas yang berguna adalah cara terbaik menikmati hidup. Dan agar semuanya berjalan dengan sempurna, kondisi tubuh pun harus dijaga dengan baik. Hidup sehat dan segar tidak datang dengan sendirinya. Sehat itu harus diusahakan. Didalam menjaga kesehatan, tubuh kita harus memperhatikan hal-hal sebagai berikut:

1. Mandi Dua Kali Sehari 

Pertanyaan pertama yang muncul di benak anda mengapa kita harus mandi ? Alasan utama ialah agar tubuh sehat dan terasa segar. Mengapa mandi membuat tubuh sehat ? Mandi membersihkan seluruh tubuh kita. Urutannya sebagai berikut:

  1. Seluruh tubuh kita cuci dengan sabun mandi. Oleh busa sabun, semua kotoran dari kuman yang melekat mengotori kulit lepas dari permukaan kulit, kemudian tubuh kita siram sampai bersih.
  2. Seluruh tubuh kemudian kita gosok hingga keluar semua kotoran atau yang biasa disebut daki. Kita keluarkan daki dari wajah, kaki, dan lipatan-lipatan yang ada di tubuh. Gosok terus dengan tangan, kemudian seluruh tubuh disiram dengan air hingga bersih.
Dengan demikian, kulit serta pori-pori bersih dan tidak tertutup atau tersumbat kotoran lagi. Kulit dapat lancar lagi mengeluarkan kotoran dari badan berupa keringat, badan tidak bau lagi. Karena kotoran telah dihilangkan dari tubuh maka bau tubuh yang kurang sedap juga akan hilang.

2. Rambut Harus Bersih

Rambut harus dirawat supaya tetap bersih dan rapi. Rambut itu berlemak dan kotoran debu mudah melekat pada rambut. Lemak dan kotoran pada rambut membusuk dalam waktu 24 jam. Oleh karena itu, kita harus rajin mencuci rambut dan kulit kepala dengan shampo. Dengan begitu, hilanglah semua kotoran yang melekat, pori-pori kulit kepala besih sehingga akan terasa lebih segar dan sehat tentunya. Hilang gatal pada kepala serta gairah untuk berfikir pulih kembali.

3. Tangan dan Kaki Harus Bersih

Tangan adalah anggota tubuh yang paling banyak bersentuhan dengan apa saja. Berapa kali tangan menjamah sesuatu sepanjang hari ? Tidak terhitung banyaknya. Setelah memegang sesuatu yang kotor atau mengandung kuman penyakit, tangan biasanya langsung menyentuh mata, hidung, mulut, makanan ataupun minuman. Berlangsung sudah pemindahan sesuatu yang dapat berupa kuman penyebab terganggunya kesehatan. Tangan merupakan perantara penularan kuman penyebab penyakit.

Tangan hendaknya setiap kali dicuci bersih dengan air dan sabun anti bakteri, terutama sebelum makan, sesudah dari kamar kecil, setelah memegang sesuatu yang kotor, dan sebelum tidur. Pada lipatan antara kuku dan kulit serta di bawah ujung kuku terdapat kotoran yang menyangkut. Sudah tentu banyak pula kuman dan telur cacing parasit yang terselip di situ. Ujung kuk hendaknya dipotong pendek, kemudian dibersihkan.

Bagaimana dengan kaki ? Tak berbeda sedikit pun dengan tangan. Kita melangkahkan kaki ke mana-mana yang menyebabkan banyak kotoran yang ikut dengan kaki. Tangan pun suka menjamah kaki. Oleh karena itu, hendaknya kaki harus selalu kita cuci bersih, apalagi saat mau tidur. Kuku kaki pun harusnya dipotong pendek dan dibersihkan secara teratur.

4. Menggosok Gigi

Kesehatan gigi dan rongga mulut bukan sekadar menyangkut kesehatan di rongga mulut saja. Kesehatan mencerminkan keseluruh tubuh. Orang yang giginya tidak sehat, pasti kesehatannya secara umum dirinya kurang. Sebalinya yang giginya sehat dan terawat baik, seluruh dirinya bisa dipastikan sehat dan segar. Marilah kita rawat gigi kita baik-baik. Minimal menyikat gigi dua kali dalam sehari,

Sikat Gigi

Menggosok gigi sebaiknya dilakukan setiap selesai makan. Sikat gigi tidak usah ditekan dengan keras pada gigi kemudian digosokkan dengan cepat. Tujuan utama menggosok gigi ialah membersihkan gigi dari seluruh rongga mulut. Dibersihkan dari sisa-sisa makanan, agar tidak ada sesuatu yang membusuk dan menjadi sarang bakteri. Bakteri patogen itu penyebab penyakit.

5. Pakaian Harus Bersih

Seluruh tubuh sudah bersih, tetapi pakaian tidak, mana mungkin terasa nyaman ? pakaian banyak menyerap keringat, lemak, dan kotorang yang dikeluarkan tubuh. Dalam sehari saja, pakaian berkeringat dan berlemak ini berbau busuk memuakkan. Kita perlu mengganti pakian dengan yang bersih setiap hari. Saat tidur hendaknya kita mengenakan pakaian yang khusus untuk tidur. Jadi bukan pakaian yang sudah digunakan beraktivitas sehari-hari dan pastinya kotor.

Kecuali pakaian, kaos kaki yang sudah dipakai dua kali harus sudah dicuci. Selimut, sprei, dan sarung bantal juga harus diusahakan supaya selalu dalam keadaan bersih. Kasur dan bantal harus sering dijemur.

6. Tidur yang Cukup

Tidur yang cukup diperlukan oleh tubuh kita untuk memulihkan tenaga. Dengan tidur yang cukup, kemampuan dan keterampilan kita meningkat. Susunan saraf serta tubuh terpelihara agar tetap bugar dan sehat. Jangan lupa berdoa serta bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa.

Tidurlah dalam kamar yang udaranya bersih, suasananya tenang, dan cahaya lampu remang-remang (tidak terang benderang). Sebaiknya tungkai diletakkan agak tinggi sedikit agar memperlancar peredaran dara di bagian tubuh bagian bawah.

7. Berolahraga yang Cukup

Kesehatan tubuh tidak hanya tergantung dari jenis makanan yang kita konsumsi, tetapi juga dari kegiatan olahraga atau latihan fisik yang kita lakukan. Dengan berolahraga secara teratur dapat memelihara jantung, peredaran darah, dan frekuensi nadi. Macam-macam olahraga yang dapat kita lakukan antara lain bersepeda, lari, berenang, dan senam. Di dalam olahraga ini cukup dengan berlari-lari di tempat dan menggerakkan otot-otot kaki, tangan, perut, atau leher. Sambil menghirup udara pagi yang segar kita bisa berolahraga. Olahraga biasanya cukup dengan waktu sepuluh atau lima belas menit.

Nah itulah beberapa aktivtas yang dapat menunjang kesehatan anda, aktivitas yang tergolong sederhana namun sangat berpengaruh bagi kesehatan tubuh anda. Ada baiknya aktivitas ini dibiasakan untuk anak-anak anda agar supaya bisa menunjang kesehatannya di masa yang akan datang. Semoga bermanfaat.

Tips Sederhana Menjaga Kesehatan Tubuh Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ikbal H

0 komentar:

Post a Comment