Penjaskesrek

Blog ini Berisi Informasi Seputar Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan yang Cocok untuk Semua Kalangan.

Ukuran Lapangan, Formasi dan Posisi Pemain Dalam Sepak kbola

Lapangan sepakbola berbentuk persegi panjang dan ukurannya bisa bervariasi. Lapangan sepakbola ditandai dengan garis dan bendera yang dipasang pada tiang dengan tinggi 1,5 m dengan ujung yang tidak lancip di setiap sudut lapangan, total ada 4 bendera. Tiang-tiang bendera juga mungkin ditempatkan berlawanan pada garis tengah di setiap sisi lapangan, paling tidak 1 m dari garis sisi, namun hal ini sudah jarang kita temui pada lapangan sepakbola dewasa ini. Berikut ini ukuran lapangan sepakbola beserta gambarnya.

Ukuran Lapangan Sepakbola

1. Pemain dan Posisinya

Satu tim sepakbola atau yang lazim disebut dengan kesebelasan terdiri dari 11 pemain termasuk kiper. Jumlah 11 pemain ini merupakan salah satu keharusan jika kalian memainkan satu pertandingan yang dimainkan bersifat resmi. Namun dalam permainan tidak resmi jumlah pemain boleh saja kurang dari 11 pemain. Situasi seperti ini banyak kita temukan dalam latihan yang dilakukan oleh 2 tim dimana masing-masing tim memainkan 5-6 pemain.

Format kesebelasan pada masing-masing tim terdiri dari pemain bertahan, pemain tengah dan pemain penyerang. Para pemain yang telah ditentukan posisinya itu harus bermain sesuai dengan posisinya dan tugasnya masing-masing di lapangan sebagaimana yang telah diberikan oleh pelatihnya. Sepakbola modern dewasa ini sudah banyak klub ataupun tim nasional negara yang memainkan sepakbola dengan melakukan berbagai macam pertandingan dengan format penempatan pemain yang berbeda-beda. Mungkin pada sebagian kita mengalami kesulitan untuk membedakan posisi-posisi pemain tersebut. Dalam formasi sepakbola modern sudah menjadi hal yang biasa jika sebagian besar pemain maju ke daerah pertahanan lawan untuk menyerang secara bersamaan dan kemudian secepatnya berlari kembali ke area pertahanannya untuk mengahalau serangan balasan lawan. Dalam situasi seperti ini hanya kiper yang tetap tinggal di posisinya.

2. Formasi Tim dan Tugasnya

Formasi Tim

Gambar diatas menunjukkan salah satu bentuk formasi sebuah tim. Susunan tersebut menunjukkan formasi 4-4-2, dimana ada 4 pemain bertahan (defender), 4 pemain tengah (midfielder), dan dua pemain menyerang (forward atau striker). Dalam sepakbola modern, formasi kesebelasan sangat bervariasi dan sering berubah mengikuti kebutuhan serta hasil yang diinginkan oleh sebuah tim. Jika mengamati perkembangan formasi sepakbola pada waktu-waktu sekarang ini maka kalian akan menemui banyak sekali model formasi lainnya, seperti 4-2-4, 4-3-3, 5-3-2, 3-5-2 dan lainnya, formasi ini digunakan sesuai dengan gaya permainan yang ingin diterapkan oleh pelatih, apakah pelatih ingin bermain menyerang atau bertahan.

Masing-masiing formasi ini memiliki ciri tersendiri. Sebagai contoh, format 4-4-2 atau 4-3-3 dikenal sebagai formasi yang mendorong sebuah tim cenderung bermain bertahan (defensif) dan berhati-hati. Sementara format 3-5-2 merupakan formasi tim yang dapat membuat sebuah tim bermain dengan pola menyerang (agresif).

Berikut ini beberapa tugas pemain dalam permainan sepakbola yang banyak kita temui dewasa ini.

Pertahanan (Defender)

Tugas dari pemain yang menempati posisi pemain bertahan (defender) adalah menghentikan serangan-serangan yang dilakukan oleh tim lawan. Para pemain belakang akan berusaha menghentikan setiap usaha penyerangan yang dilakukan oleh tim lawan dengan cara memotong operan-operan bola yang mengalir di daerah yang dijaganya, ataupun merebut bola langsung dari kaki pemain lawan. Jika perlu pemain bertahan akan menguntit atau mengawal secara khusus pemain depan lawan yang dianggap berbahaya dan mempunyai naluri mencetak gol yang bagus. Dewasa ini kita telah mengenal beberapa pemain bertahan yang hebat, sebut saja Sergio Ramos pemain sekaligus kapten dari tim raksasa Spanyol Real Madrid, Giorgio Chiellini pemain timnas Italia dan pemain Juventus, Mats Hummels pemain timnas Jerman dan pemain Bayer Munchen dan masih banyak pemain bertahan hebat lainnya.

Pemain Tengah atau Gelandang (Midfielder)

Pemain tengah (midfielder) atau yang sering disebut dengan gelandang ini bertugas menjadi penghubung antar pemain bertahan dengan pemain depan. Dengan tugas yang sedemikian penting ini maka, menjadikan kedudukan pemain yang menempati posisi gelandang ini menjadi sangat vital dan berpengaruh untuk menentukan terhadap irama permainan tim. Para pemain tengah dituntut untuk selalu bisa bermain dengan baik guna mendukung barisan pemain bertahan ketika timnya berada dibawah tekanan atau diserang, serta harus aktif  untuk memberikan support atau dukungan kepada para pemain depan ketika mereka sedang melakukan serangan kepada tim lawan. Gelandang yang baik adalah yang memiliki kemampuan umpan yang baik, kuat dalam berduel, serta memiliki visi bermain yang baik.

Penyerang (Striker)

Lazimnya dalam tim, penyerang atau striker mempunyai tugas untuk mencetak gol (goalgetter). Namun dalam permainan sepakbola modern tugas mencetak gol tidak mutlak harus dilakukan oleh pemain yang berposisi sebagai penyerang saja. Seorang pemain penyerang modern selain harus dibekali kemampuan untuk mencetak gol, juga harus mempunyai kemampuan untuk menciptakan ruang yang memungkinkan bagi rekannya yang lain untuk mencetak gol. Dengan semakin ketatnya persaingan di area pertahanan maka seorang pemain penyerang harus selalu waspada dan bisa mengambil posisi yang bagus untuk melakukan usaha mencetak gol.

3. Permainan Tim

Sepakbola ada sebuah permainan yang membutuhkan kerjasama tim, karena itu satu kesatuan formasi dan unit sangat penting dalam permainan ini. Sangat tidak mungkin keberhasilan sebuah tim dalam pertandingan hanya ditentukan oleh seorang pemain saja. Setiap pemain harus saling mendukung dan bahu membahu demi keberhasilan dalam pertandingan yakni meraih kemenangan. Dengan begitu keberhasilan seorang pemain adalah merupakan keberhasilan bersama.

Ukuran Lapangan, Formasi dan Posisi Pemain Dalam Sepak kbola Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ikbal H

0 komentar:

Post a Comment