Penjaskesrek

Blog ini Berisi Informasi Seputar Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan yang Cocok untuk Semua Kalangan.

Manfaat Berenang Bagi Kesehatan

Seiring dengan semakin pesatnya kemajuan teknologi, manusia menjadi semakin malas dalam bergerak, semakin pasif dalam melakukan aktivitas fisik. Padahal aktivitas fisik ataupun olahraga sangat baik bagi kesehatan tubuh dan juga mentalitas seseorang. Sekarang ini sudah banyak pilihan-pilihan olahraga yang bisa dicoba sebagai sarana hiburan dan sekaligus meningkatkan taraf kesehatan seseorang tentunya.

Berenang adalah salah satu olahraga yang sangat menyenangkan dan menyehatkan, banyak orang dewasa ini menjadikan renang sebagai olahraga favoritnya dikarenakan renang memiliki banyak sekali manfaat bagi tubuh dan mental. Berenang juga menjadi salah satu olahraga yang dianjurkan dalam agama islam.

Berenang

Kali ini kami akan mencoba memaparkan beberapa manfaat yang bisa anda peroleh ketika melakukan olahraga renang secara benar dan rutin, baik itu manfaat dari segi fisik maupun mental, berikut ulasannya dan selamat membaca:

Manfaat Berenang Bagi Kesehatan Fisik

1. Membentuk Otot

Renang dapat membentuk otot anda dikarenakan sewaktu berenang hampir semua otot dalam tubuh bergerak, mulai dari anggota tubuh bagian atas seperti kepala, leher, dada, perut, punggung dan lainnya, serta bagian otot bawah seperti paha, betis, telapak kaki dan lainnya. Saat bergerak dibawah air, tubuh mengeluarkan energi lebih besar karena harus "melawan" massa air yang menguatkan dan melenturkan otot-otot tubuh.

Berenang lebih bisa membentuk otot anda dibandingkan berlari karena karena air dua belas kali lebih padat dari pada udara. Ketika berlari hanya sebagian dari otot anda yang akan terbentuk, itupun adalah otot pada bagian bawah tubuh seperti paha dan betis. Sedangkan apabila anda berenang maka hampir semua otot akan berkontraksi "melawan" air.

2. Menambah Tinggi Badan

Menurut  beberapa penelitian, berenang bisa membuat tubuh anda menjadi lebih tinggi, hal ini dikarenakan karena renang melatih hampir semua otot tubuh. Berenang juga dapat memicu hormon-hormon pertumbuhan bekerja lebih keras sehingga bisa memaksimalkan pertumbuhan anak anda.

Namun penting untuk diketahui bahwasanya renang bukan satu-satunya faktor, ada beberapa faktor lain yang bisa mempengaruhi tinggi badan anda seperti faktor genetik dan faktor gizi. Meskipun anda rajin berenang namun tidak disertai dengan asupan nutrisi yang memadai maka pertumbuhan abdan tidak akan berjalan maksimal.

Pada usia 9-12 tahun pertumbuhan tinggi anak akan berlangsung dengan cepat, jadi sebaiknya anda memaksimalkan aktivitas renang anak pada usia ini untuk memaksimalkan tingginya.

3. Melatih Pernafasan

Salah satu inti dari olahraga renang yaitu bagaimana kita bisa mengatur pernafasan. Dengan berenang kita tahu kapan harus menghirup dan mengeluarkan udara serta bagaimana teknik mengeluarkan udara dari hidung ataupun mulut. Oleh sebab itu, olahraga ini sangat dianjurkan untuk orang yang mengidap penyakit asma ataupun penyakita pernafasan lainnya karena renang dapat membuat sistem kardiovaskular dan pernafasan menjadi lebih kuat.

Renang dapat melancarkan sistem peredaran darah ke jantung dan paru-paru sehingga bisa membuat paru-paru dan diafragma lebih bisa menampung udara secara lebih maksimal.

4. Membakar Kalori

Sederhananya, sewaktu berenang maka tubuh akan terasa lebih berat digerakkan dibawa air sehingga membutuhkan energi yang lebih banyak dibandingkan dalam keadaan normal, sehingga dapat secara efektif membakar kalori dalam tubuh.

Kalori memang dibutuhkan oleh tubuh, namun dalam batas tertentu. Karena kalori yang berlebihan akan menumpuk dan kemudian menjadi lemak dalam tubuh yang akan mejadikan berat badan seseorang diatas rata-rata.

5. Mencegah Kegemukan (Obesitas)

Berenang dapat menurunkan berat badan karena aktivitas ini melibatkan banyak komponen otot tubuh yang secara otomatis akan membakar kalori lebih banyak jika dibandingkan dengan olahraga lainnya. 

6. Meningkatkan Fleksibilitas Tubuh

Tidak seperti alat kebugaran yang jamak kita temukan di pusat kebugaran yang hanya memfokuskan gerakan pada bagian otot tertentu saja, renang yang melibatkan banyak komponen otot juga membuat persendian dan ligamen lebih longgar dan fleksibel.

Sewaktu berenang, secara langsung terjadi gerakan memutar, meregangkan, dan menarik tubuh agar bisa bergerak dalam air dan melakukan gerakan renang dengan benar.

7. Baik Untuk Ibu Hamil 

Wanita hamil tidak boleh berolahraga adalah sesuatu yang keliru, justru sebaliknya, salah satu olahraga yang dianjurkan adalah renang, gerakan-gerakan renang membantu untuk meregangkan otot perut ibu sehingga bisa memperlancar persalinannya kelak.

Dengan berenang, otot perut dan persendian akan lebih kuat sehingga membuat ibu merasa lebih nyaman selama masa kehamilan. Namun perlu digaris bawahi, sebelum berenang sebaiknya lakukanlah dulu konsultasi dengan dokter kandungan agar supaya aktivitas ini bisa berjalan dengan baik dan tidak menimbulkan hal-hal yang tidak diinginkan.

Manfaat Renang Bagi Mental

1. Meredakan Stress 

Olahraga umunya bisa memicu hormon endorfin dalam otak yang bisa membuat mood seseorang menjadi baik, dalam artian kata bisa membuat seseorang merasa lebih bahagia.
Renang

Sebagaimana penelitian telah membuktikan bahwasanya berenang dapat membuat otak bekerja lebih baik, hal ini biasa disebut sebagai proses "neurogenesis hippocampal" yaitu proses dimana sel-sel rusak akibat stess yang ada didalam otak diganti oleh sel-sel yang baru.

Alasana lain adalah sewaktu berenang, maka jantung dan paru-paru akan bekerja lebih sehingga secara otomatis kita akan teralihkan dari rutinitas sementara yang dapat membuat mental tertekan. 

Selain itu renang yang masuk dalam olahraga aerobik juga akan meningkatkan ketahanan kardiovaskular sehingga anda akan lebih santai dan lebih bisa mengontrol diri dalam menyikapi berbagai macam masalah.

2. Membuat Hidup Lebih Bahagia

Berenang bisa menjadi salah satu sarana hiburan yang menyehatkan bagi keluarga anda, renang bagi sebagian orang dianggap sebagai ajang meditasi yang efektif. Sewaktu anda membenamkan tubuh anda kedalam air, maka secara otomatis suara bising diluar akan terputus, hal ini akan membuat otak anda menjadi lebih rileks, ditambah dengan sentuhan air yang lembut akan membuat anda menjadi lebih tenang. Ditambah lagi dengan penelitian yang mengatakan bahwa aliran darah ke otak lebih tinggi ketika seseorang berada dalam air dibanding sewaktu berpijak di daratan.

Sebuah survey di Inggris melaporkan bahwa 83% orang yang menderita depresi menjadi lebih baik dari segi perasaan dan pengurangan kecemasan dikarenakan oleh aktivitas olahraga yang dilakukannya.

3. Bugar di Usia Tua dan Umur Panjang

Memang perkara usia adalah urusan tuhan, namun perlu kita fahami bersama bahwa usaha juga ada pada tangan hambanya.

Renang bisa meningkatkan kemampuan jantung dan paru-paru dalam bekerja, dengan terlatihnya kedua organ vital ini maka membuat kebugaran dan kesehatan diusia senja menjadi lebih baik. Sebagaimana yang banyak kita temukan dalam berbagai literatur, berenang dapat meningkatkan kekuatan otot dan tulang sehingga bisa membuat orang yang berusia senja masih tetap aktif dalam melakukan aktivitasnya tanpa harus memperoleh bantuan dari orang lain.

4. Meningkatkan Kekuatan Otak

Sebagaimana kita bahas sebelumnya, bahwa sewaktu kita berenang maka aliran darah ke otak akan lebih tinggi, sehingga nutrisi yang dialirkan ke otak juga lebih banyak yang memungkinkan kerja fisik dan mental juga akan meningkat.

Selain itu, berenang juga dapat memicu hormon endorfin yang memicu suatu proses dalam otak yang dapat mengganti sel-sel rusak dengan sel-sel yang lebih baik.

Itulah beberapa manfaat yang bisa kita peroleh dari melakukan olahraga renang secara rutin, sebenarnya masih banyak olahraga lain yang juga tidak kalah manfaatnya, intinya berolahraga sangat penting dan dibutuhkan oleh manusia. Konon katanya alasan mengapa nenek moyang kita dahulu memiliki umur yang panjang karena mereka sering melakukan aktivitas fisik, berlari saat berburu, berenang, menari, dan lainnya sehingga tanpa mereka sadari taraf kesehatan mereka juga meningkat.

Perlu juga teman-teman ketahui, sebelum berenang agar tubuh tidak "kaget" atau terjadi "kram" (kejang otot), dianjurkan terlebih dahulu melakukan gerakan pemanasan untuk mencegah hal-hal tersebut sekaligus juga berfungsi untuk meningkatkan suhu tubuh dan detak jantung secara bertahap, dan juga jangan lupa lakukan pendinginan setelah selesai berenang agar supaya suhu tubuh dan dan detak jantung tidak turun secara drastis karena hal itu berbahaya bagi kesehatan, pendinginan bisa nda lakukan dengan cara berenang secara perlahan sekitar 5 menit.

Untuk pemanasan sendiri dapat anda lakukan dengan gerakan-gerakan ringan, seperti mengayungkan tangan dan kaki atau berjalan-jalan disekitar kolam renang selama 10-15 menit. Lalu secara bertahap mulailah dengan satu putaran menyeberangi kolam, lalu istirahatlah beberap detik dan puncaknya berenang selama 20-40 detik tanpa henti. Setelah beberapa minggu latihan bisa ditingkatkan dan divariasikan dengan berbagai macam gaya supaya semua otot terlatih.

Semoga Bermanfaat.

Manfaat Berenang Bagi Kesehatan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ikbal H

0 komentar:

Post a Comment