Penjaskesrek

Blog ini Berisi Informasi Seputar Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan yang Cocok untuk Semua Kalangan.

Macam-macam Cabang Atletik Lengkap

Atletik adalah salah satu olahraga tertua didunia, secara etimologi (bahasa) atletik diambil dari kata athlon, yang biasa diartikan sebagai kontes, pertandingan ataupun perlombaan yang pada akhirnya menjadi kata yang mencakup beberapa olahraga didalamnya. Olahraga atletik diperlombakan pertama kali pada tahun 776 masehi, namun pada saat itu yang diperlombakan hanya sebatas cabang lari saja.

Bisa dikatakan bahwa atletik adalah ibu dari hampir semua cabang olahraga, karena hampir semua cabang olahraga menggunakan atletik sebagai dasar gerakan, sebutlah sepakbola, didalam sepakbola ada lari, lompat, lempar dan lainnya, begitupun beberapa olahraga populer lainnya.

Namun masih banyak orang sekarang ini menganggap atletik hanya sebatas lari, padahal memiliki banyak sekali cabang olahraga lainnya. Nah kali ini, kami akan coba memaparkan mengenai beberapa cabang olahraga atletik, mudah-mudahan bisa menjadi referensi tambahan bagi pembaca.

Macam Cabang Atletik

Lari

Lari 

Lari adalah salah satu olahraga yang paling mudah dan murah dalam hal pelaksanaannya, lari bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja, namun untuk lari kompetitif tentunya memiliki standarnya sendiri. Ada beberapa jenis lari dalam atletik, seperti lari sprint, lari marathon, lari estafet.

Perlu diperhatikan untuk menjadi pelari yang baik, dibutuhkan latihan yang keras serta strategi sewaktu berlari agar supaya tenaga tidak terkuras habis dan bisa mempertahankan kecepatan sewaktu berlari. Selain itu, lari memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan seperti, mengencangkan otot anda, menguatkan jantung dan pari-paru, serta dapat menjaga berat badan ideal anda.

Lompat Tinggi

Lompat tinggi merupakan olahraga yang membutuhkan keterampilan melompat melewati palang yang tersedia. Cabang atletik yang satu ini bisa dikategorikan cukup sulit, lompat tinggi membutuhkan fisik yang lentur agar supaya tubuh tidak menyentuh palang sewaktu melompat. Lompat tinggi masih kurang diminati karena selain cukup sulit dilakukan, olahraga ini juga mengharuskan ketersediaan peralatan yang memadai untuk meminimalisir cedera, karena olahraga ini cukup beresiko apabila dilakukan secara sembarangan.

Lempar Lembing

Lempar lembing adalah olahraga yang membutuhkan keterampilan melempar sebuah alat seperti tongkat yang dinamakan dengan  lembing, lembing ini beratnya sekitar 800 gr untuk laki, sedangkan untuk perempuan seberat 600 gr olahraga ini mengukur kemampuan sejauh mana seseorang mampu melempar lembingnya. 

Lemparan terjauh adalah yang menang dalam olahraga ini, untuk memperoleh lemparan yang maksimal tentunya harus dibarengi dengan fisik yang kuat, kelenturan yang baik, serta teknik melempar yang benar.

Lompat Galah

Lompat galah hampir mirip dengan lompat jauh, perbedaannya terletak pada galah yang digunakan sewaktu melompat. Atlet harus melawati mistar yang telah dtentukan ketinggiannya.

Olahraga ini membutuhkan ketepatan dalam menancapkan galah sewaktu melompat, selain itu sewaktu melayang diudara tubuh juga tidak boleh menjatuhkan mistar yang melintang. Lompat galah ini selain membutuhkan teknik yang baik, juga sangat membutuhkan kelenturan dari si atlet.

Lompat Jauh

Lompat Jauh 

Lompat jauh dilakukan dengan berlari sprint sekuat mungkin, kemudian pada tempat yang telah ditentukan harus melakukan tolakan untuk melompat pada tempat yang telah disiapkan, untuk mengahsilkan lompatan yang jauh diperlukan otot kaki yang kuat dan terlatih.

Adapun media pendaratan lompat jauh menggunakan pasir yang halus untuk menahan benturan kaki pelompat sewaktu mendarat.

Penilaian cabang olahraga ini dilakukan dengan menghitung lompatan terjauh, para pelompat profesionla biasanya sanggup melompa sejauh 7-8 meter jauhnya dari titik tolakan.

Panahan

Panahan pasti sudah tidak asing lagi bagi masyarakat indonesia, olahraga ini menjadi salah satu cabang olahraga yang telah menyumbangkan medali olimpiade.

Panahan

Olahraga ini membutuhkan konsentrasi serta teknik memanah yang baik untuk mencapai sasaran yang akurat. Untuk penilain dari olaharaga ini diukur dari keakuratan anak panah yang menancap pada sasaran yang telah ditentukan, sasaran terdiri dari berbagai macam warna yang setiap warnanya memiliki nilai tersendiri.

Tolak Peluru

Menolak tentu saja berbeda dengan melempar, tolak peluru adalah olahraga yang dilakukan dengan cara melempar sebuah logam berat yang mirip seperti peluru dan memiliki bentuk yang bulat, olahraga ini membutuhkan lengan yang kuat untuk menolak peluru sejauh mungkin, semakin jauh tolakan peluru semakin besar pula peluang untuk memenangkan pertandingan.

Adapun penelitian dalam olahraga ini diukur dari seberapa jauh lemparan dari seorang atlet, semakin jauh tolakan peluru maka akan semakin besar pula kesempatan untuk menang, namun tetap saja, peluru yang dilemparkan tidak bisa keluar dari garis batas terluar yang telah disediakan. 

Angkat Besi

Angkat besi tidak bisa dilakukan sembarangan, olahraga ini dilakukan dengan cara mengangkat beban dengan berat yang telah disesuaikan dengan kelas cabang yang diikuti. Cara mengangkatnya pun tidak sembarangan, sewaktu mengangkat beban harus berada dikepala dengan tangan yang lurus, serta dipertahankan dalam durasi waktu tertentu.

Olahraga ini sangat beresiko apabila dilakukan dengan sembarangan tanpa memperhatikan teknik mengangkat serta mengabaikan kemampuan tubuh. Banyak atlet profesional yang mengalami cedera serius bahkan patah lengan karena salah dalam melakukan angkatan ataupun karena faktor lainnya. Olahraga ini apabila dilakukan harus dengan pendampingan ahli.

Menembak

Olahraga ini pasti sudah sering kita lihat dalam film action, namun tentu saja dalam olahraga menembak ini yang menjadi objek bukan manusia, melainkan sebuah papan target khusus yang telah diberikan beberapa tanda, peluru yang digunakannya pun adalah peluru karet. Menembak membutuhkan konsentrasi tinggi serta ketenangan yang baik. 

Menembak saat ini masih kurang populer karena memang olahraga ini membutuhkan perlatan yang tidak murah dan tidak bisa dilakukan disembarang tempat. Penilaian dalam olahraga menembak mirip dengan panaha, cuman dengan sasaran yang berbeda tentunya.

Lompat Indah 

Olahraga ini pertama kali dilakukan di Eropa, dan mulai dipertandingan di Inggris pada tahun 1905.

Olahraga lompat indah ini menggabungkan dua perpaduan gerakan, yaitu loncatan dan gaya akrobatik sewaktu melayang diudara. Atlit diharuskan melakukan gerakan yang indah sebelum memasuki kolam yang berisi air, atlit yang melakukan gerakan yang sempurna dan masuk ke kolam dengan posisi yang baik akan memenangkan pertandingan.

Nah itulah beberapa cabang-cabang olahraga atletik, mudah-mudahan dengan adanya artikel ini, turut menambah wawasan kita mengenai olahraga, semoga bermanfaat.

Macam-macam Cabang Atletik Lengkap Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ikbal H

0 komentar:

Post a Comment