Penjaskesrek

Blog ini Berisi Informasi Seputar Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan yang Cocok untuk Semua Kalangan.

Manajemen Perlombaan (Tugas dan Wewenang Panitia Lomba Renang)

1. Panitia Pelaksana

a. Referee (Wasit)

Wasit
www.theiosonline.com
  • Mempunyai kewenangan untuk mengawasi semua petugas (juri), menetapkan tugas mereka, dan memberikan pertunjuk kepada mereka, sesuai dengan tugas khusus yang berhubungan dengan peraturan dalam kompetisi. Referee diwajibkan mengikuti semua peraturan dan keputusan FINA, dan memutuskan jawaban atas semua pertanyaan yang berhubungan dengan jalan perlombaan yang sedang berlangsung, dan nomor lomba atau kompetisi, dan menyelesaikan hal lain yang tidak tercakup dalam peraturan.
  • Referee dapat intervensi pada level tertentu dalam suatu kompetisi untuk memastikan bahwa peraturan FINA telah diperhatikan dan dilaksanakan, dan harus memutuskan terhadap semua protes yang berhubungan dengan kompetisi yang sedang berlangsung.
  • Bila menggunakan juri finish (kedatangan) tanpa 3 pencatat waktu digital, referee harus menetapkan dimana tempat yang dibutuhkan. Apabila peralatan penjurian otomatis disediakan, penggunaan alat itu harus sesuai dengan uraian pada aturan.
  • Referee memastikan bahwa semua juri yang dibutuhkan sudah berada pada tempat dan tugasnya untuk mengatur jalannya kompetisi. Referee boleh menetapkan cadangan bagi mereka yang absen (tidak hadir), tidak mampu atau tidak efisien dalam bertugas. Referee boleh menetapkan juri tambahan bila sesuai dengan kebutuhan.
  • Pada awal permulaan tiap nomor lomba. Referee memberikan tanda kepada perenang dengan tiupan peluit pendek, agar perenang melepaskan seluruh pakaian kecuali pakaian renang, dilanjutkan dengan tiupan peluit panjang sebagai pertanda bagi mereka untuk ambil posisi diatas starting platform (atau untuk gaya punggung dan estafet gaya ganti, mereka harus segera masuk kedalam air). Tiupan panjang peluit kedua, hendaknya membawa perenang gaya punggung dan estafet gaya ganti untuk segera mengambil posisi start. Saat perenang dan juri telah siap untuk start, Referee memberikan isyarat kepada starter dengan merentangkan tangan, tanda bagi starter bahwa perenang dibawah kendali mereka. Referee tetap merentangkan tangannya sampai tanda start diberikan.
  • Referee harus menetapkan diskualifikasi kepada perenang untuk pelanggaran terhadap aturan yang secara pribadi diketahuinya. Referee juga boleh menetapkan diskualifikasi tehadap perenang yang melakukan pelanggaran dari yang dilaporkan kepadanya oleh juri lain yang berwenang. Seluruh diskualifikasi adalah pokok persoalan yang menjadi keputusan referee.

 b. Pengawas Diruang Kontrol 

  •  Mengawasi kerja waktu otomatis, termasuk memeriksa kamera pendukung waktu, bertanggung jawab untuk memeriksa hasil yang dicetak dari komputer dan melaporkannya pada panitia
  • Supervisor bertanggung jawab untuk memeriksa hasil pertukaran perenang dan melaporkan perenang yang mendahului start dalam nomor estafet kepada referee.
  • Supervisor harus meninjau video yang digunakan untuk memastikan perenang mendahului start.
  • Supervisor mengawasi pengunduran diri setelah seri atau final memasukkan hasil kedalam formulir yang resmi, membuat daftar semua rekor baru yang telah dibuat, dan dimana diperlukan untuk mengurus skor pertandingan.

c. Juri Gaya

Juri Gaya
swimmingworld.azureedge.net
Juri gaya harus berlokasi di tiap sisi kolam, masing-masing juri gaya memastikan bahwa peraturan yang berhubungan dengan gaya yang dilakukan perenang dalam acara itu telah dilaksanakan dan memperhatikan juga pembalikan dan finish untuk membantu pengawas pembalikan. Juri gaya harus melaporkan suatu pelanggaran kepada referee, pada kartu yang telah ditentukan, dengan rinci tuliskan nomor acara, nomor lintasan dan pelanggarannya.

d. Starter

Juri Start
www.swimwalesonline.com
  • Pemberi isyarat start, memiliki pengawasan penuh terhadap para perenang dari waktu dimana referee mengalihkan para perenang kepadanya sampai lomba dimulai.
  • Starter harus melaporkan seorang perenang kepada referee yang menunda start, yang tidak patuh terhadap suatu perintah, atau atas kesalahan lainnya yang terjadi didalam start, tetapi hanya referee yang boleh menyatakan diskualifikasi kepada seorang perenang yang menunda, tidak mematuhi atau melakukan kesalahan.
  • Starter, memiliki wewenang untuk memutuskan apakah start telah dilakukan secara fair, persoalan ini hanya akan menjadi keputusan dari referee.
  • Saat lomba akan dimulai, starter harus berdiri disisi kolam dalam jarak mendekati 5 meter dari ujung tempat start, dimana para pencatat waktu dapat melihat dan mendengar tanda start dan perenang dapat mendengar tanda start.

e. Pencatat Waktu

Pencatat Waktu
swimmingworld.azureedge.net
  • Setiap pencatat waktu harus mencatat waktu dari perenang yang telah ditetapkan baginya. Stopwatch yang digunakan harus mendapat sertifikat, menyatakan bahwa itu benar memuaskan dari panitia penyelenggara. 
  • Setiap pencatat waktu harus hidupkan stopwatch pada tanda start, dan harus memtikan stopwatch bila perenang dalam lintasannya menyelesaikan lomba. Pencatat waktu boleh mendengarkan petunjuk dari ketua pencatat waktu untuk mencatat waktu ditengah jarak dalam lomba lebih panjang dari 100 m.
  • Segera setelah lomba, pencatat waktu dari tiap lintasan harus mencatat waktu dari stopwatchnya pada sebuah kartu, dan memberikan itu kepada ketua pencatat waktu, dan minta untuk memeriksa stopwatchnya. Mereka tidak boleh clear (kembali NOL) stopwatch, sampai mereka menerima tanda dari ketua pencatat waktu atau referee untuk kembali NOL.
  • Kecuali kalau ada camera video digunakan sebagai pendukung, ini mungkin jadi kebutuhan untuk melengkapi tugas pencatat waktu walaupun peralatan penjurian otomatis digunakan.

f. Juri Finish

Juri Finish
www.wired.com
  • Juri finish ditempatkan pada tangga yang berjenjang naik dengan posisi segaris dengan finish, dimana mereka dapat sepanjang waktu mendapat pemandangan dengan jelas area lomba dan garis finish, kecuali jika peralatan penjurian otomatis didtetapkan menjadi tugas mereka dengan menekan tombol pada saat lomba telah seleai (finish).
  • Setelah setiap event, juri finish harus menetukan dan melaporkan kedudukan dari tiap perenang seseuai dengan tugas yang diberikan kepada mereka. Juri finish selain sebagai operator yang menekan tombol tidak boleh bertindak sebagai pencatat waktu dalam acara yang sama.

 g. Pengolah Hasil

  • Ketua pengolah hasil bertanggung jawab untuk memeriksa hasil dari cetakan computer atau dari hasil catatan waktu dan kedudukan dalam setiap even yang diterimanya dari referee. Ketua pengolah hasil harus menyaksikan referee dalam menentukan hasil.
  • Pengolah hasil harus memeriksa pengunduran diri setelah seri atau final, memasukkan hasil pada sebuah formulir resmi, membuat daftar dari semua rekor baru yang ditetapkan. Dan menghitung penghitungan skor (menghitung skor) secara tepat.
  • Para juri masing-masing harus membuat keputusan mereka secara otonom dan independen, kecuali apa yang telah ditetapkan oleh peraturan resmi.

Nomor yang Dilombakan Dalam Olahraga Renang

Nomor yang dilombakan dalam olahraga renang.
  • Gaya Bebas : 50 m, 100 m, 200 m, 400 m, 800 m, 1.500 m.
  • Gaya Punggung : 50 m, 100 m, 200 m.
  • Gaya Dada : 50 m, 100 m, 200 m.
  • Gaya Kupu-kupu : 50 m, 100 m, 200 m.
Gaya ganti perorangan
  1. 100 m (hanya dipertandingkan dikolam 25 m), 200 m, 400 m.
  2. Estafet gaya bebas : 4x100 m dan 200 m.
  3. Estafet gaya ganti : 4x100 m (urutan: gaya punggung, gaya dada, gaya kupu-kupu, gaya bebas).

Manajemen Perlombaan (Tugas dan Wewenang Panitia Lomba Renang) Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ikbal H

0 komentar:

Post a Comment