Penjaskesrek

Blog ini Berisi Informasi Seputar Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan yang Cocok untuk Semua Kalangan.

Sarana dan Prasarana Olahraga Renang lengkap

Sarana dan prasaran merupakan hal yang paling penting dalam sebuah cabang olahraga, karena olahraga bisa terlaksana dengan baik apabila didukung oleh sarana dan prasarana yang baik pula. Nah untuk itu, saya akan coba memperkenalkan beberapa sarana dan prasarana yang dibutuhkan dalam olahraga renang, berikut penjelasannya.

Sarana dan Prasarana Renang

1. Kolam Renang

Kolam Renang

Standar ukuran kolam renang yang dikeluarkan oleh federation Internationale de Natation (FINA), organisasi yang mengatur kompetisi air. Panjang kolamnya adalah 50 m dan memiliki lebar 25 m serta memiliki lintasan dengan lebar 2,5 m per masing-masing lintasan, dan memiliki kedalaman minimum 2 m, volume air 2.500 m3, suhu air antara 25-28 oC, dan instensitas cahayanya lebih dari 1.500 lux.

Baca Juga: Pengertian Kanker, Jenis dan Pencegahannya

Ukuran kolam renang:

Standar Nasional:
  1. Panjang 50 meter.
  2. Lebar 25 meter.
  3. Kedalaman 2 meter.
Standar Internasional:
  1. Panjang 50 meter.
  2. Lebar 25 meter.
  3. Kedalaman 3 meter.

2. Balok Start 

Balok Start

Tinggi balok start antara 0,5 m sampai 0,75 m dari permukaan air. Ukuran balok start 0,5 m x 0,5 m dengan kemiringan tidak boleh melebihi 10 derajar, balok start ini memiliki lapisan dari bahan anti licin pada permukaannya. Catatan waktu mulai dihitung ketika perenang meninggalkan balok start ini, tetapi data waktu yang didapat tidak dijadikan patokan sebagai penentu false start.

3. Lintasan 

Adapun untuk ukuran lebar lintasa pada kompetisi resmi adalah 2,5 m dan jaraknya sekitar 0,2 diluar lintasan pertama ataupun yang terakhir. Setiap lintasan ditandai dengan sebuah tali yang terdiri dari pelampung yang panjangnya sama dengan lintasan.

Baca Juga: 19+ Peraturan Permainan Kasti

Tali lintasan (pelampung) ini dapat berputar sewaktu ada tekanan dari air. Tali lintasan dibedakan dengan menggunakan warna: hijau untuk lintasan nomor 1 dan 8, biru untuk lintasan 2,3,6 dan 7, dan warna kuning untuk lintasan 4 dan 5. Adapun urutan untuk lintasan ditentukan oleh waktu yang dicapai dalam dalam babak penyisihan.

Pada kolam yang lintas yang ganjil, perenang tercepat diletakkan pada lintasan bagian tengah.

4. Pengukur Waktu

Pengukur waktu ini diletakkan disisi kolam untuk menghitung waktu secara otomatis, adapun ketebalan dari pengukur ini adalah sekitar 1 cm. Perenang harus menyentuh papan pengukur waktu ini baik saat pembalikan ataupun sewaktu finish. Pengukur waktu ini mulai dipergunakan pada tahun 1967 di Kanada dalam acara Pan American Games.

Baca Juga: Perbedaan Jogging dan Lari Beserta Manfaatnya

5. Pakaian Renang 

Berenang secara alami atau biasa saja tidak membutuhkan perlengkapan atau pakaian khusus. Manusia dapat berenang tanpa perlengkapan apapun dalam kondisi apapun. Berenang yang ditujukan untuk rekreasi dan olahraga terkadang membutuhkan pakaian dan perlengkapan khusus untuk membantu memudahkan bergerak di air.

Pakaiana yang digunakan untuk berenang dirancang untuk memudahkan manusia bergerak di air. Pakaian renang biasanya terbuat dari bahan karet yang mengikuti bentuk tubuh pemakai untuk menghindari masuknya udara kedalam pakaian. Pakaian renang juga dirancang untuk mempercepat pergerakan manusia didalam air, rancangan seperti ini ditujukan bagi kegiatan berenang dalam rangka kompetisi.

Baca Juga: Ukuran Lapangan Tenis Meja

Selain pakaian yang dirancang khusus, dalam berenang terkadang membutuhkan perlengkapan khusus seperti kaca mata renang, ban renang, penutup telingan dan hidung, serta penutup kepala. Secara umum perlengkapan tersebut ditujukan untuk memudahkan berenang dan menghindari resiko yang timbul akibat berenang.

Itulah informasi seputar sarana dan prasarana renang, semoga bermanfaat bagi kita semua. Terima kasih.

Sarana dan Prasarana Olahraga Renang lengkap Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ikbal H

0 komentar:

Post a Comment