Penjaskesrek

Blog ini Berisi Informasi Seputar Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan yang Cocok untuk Semua Kalangan.

Cara Melakukan Gerak Tipu (Feint) Dalam Sepak Bola

Gerak tipu dalam sepak bola merupakan salah teknik yang cukup urgen dan menentukan hasil sebuah pertandingan, gol ataupun assist cantik tercipta setelah pemain melakukan gerakan untuk menipu pemain lawan sebelumnya. Pemain-pemain hebat seperti C. Ronaldo, Ronaldinho, Lionel Messi, Neymar dan lainnya adalah pemain-pemain yang memiliki kemampuan gerak tipu yang luar biasa.

Gerak Tipu

Gerak tipu sangatlah penting dalam pertandingan, hal ini disebabkan karena dalam permainan dikenal duel satu lawan satu. Artinya satu pemain penyerang dijaga ketat oleh seorang pemain belakang yang juga memiliki kemampuan bertahan yang baik. Dengan demikian daerah muka gawang akan menjadi sempit dan semakin kecil pula peluang untuk mencetak gol, oleh sebab itu pemain-pemain depan harus mahir melakukan gerak tipu dan yang jauh lebih penting lagi adalah teknik dan taktik harus selalu dikombinasikan dengan gerak tipu. Perkiraan dari gerak tipu kepada lawan akan membawa 
lawan pada gerakan atau posisi yang salah. Lantas bagaimana cara melakukan gerak tipu yang baik dan efektif mengecoh lawan, berikut ini jawabannya, cekidot.

Baca Juga: Cara Melakukan Pukulan Netting Dalam Bulutangkis

Prinsip-prinsip Gerak Tipu Dengan Bola 

  1.  Untuk melakukan gerak tipu yang sebaik-baiknya, pemain harus bergerak dengan kombinasi beberapa gerakan sekaligus.
  2. Keputusan untuk melakukan tackling dengan timing tepat. Waktu untuk melakukan gerak tipu tergantung pada jarak pemain lawan dan pada kecepatan antara pemain yang sedang berlari.
  3. Gerak tipu dilakukan pada saat sedang bergerak.
  4. Pada saat kira-kira berjarak dua meter dari lawan lakukan gerak tipu dengan badan bagian atas dan lawan jauh dari kita, sehingga harus bergerak lebih cepat lagi. Jika lawan berada kurang dari dua meter, lakukan gerak tipu dengan kaki, karena pada jarak tersebut konsentrasi lawan akan tertuju pada bola.
  5. Untuk melakukan gerak tipu, perhatikan gerak lawan sebaik-baiknya, lakukan gerakan yang sebenarnya setelah ada gerakan (reaksi) dari lawan.

Sistematika Dari Dasa-dasar Gerak Tipu yang Harus Diperhatikan

  1.  Gerak tipu adalah tipuan dari setiap orang.
  2. Gerak tipu tergantung dari tekanan badan, temprament, saling pengertian, khusus dari teknik dengan bola.
  3. Teknik dan gerak dari gerak tipu adalah bagian yang sangat sulit.
  4. Pada umumnya pemain yang sudah mahir dalam teknik bola dapat melakukan gerak tipu dengan baik sekali.
  5. Pelajari beberapa gerak tipu dengan baik.

Metode Untuk Melatih Gerak Tipu

Dasar-dasar gerak tipu untuk pemula:
  1. Dengan badan bagian atas.
  2. Gerak tipu menendang bola.
  3. Gerak tipu mendorong bola.
  4. Gerak tipu mendorong bola (kesamping lawan).
  5. Gerak tipu dengan lari mendahului bola.
 Gerak Tipu Lanjutan:
  1. Lakukan gerak tipu dengan posisi berdiri.
  2. Melakukan gerak tipu dengan bergerak memakai rintangan.
  3. Melakukan gerak tipu dengan lawan pasif maupun aktif.
  4. Gerak tipu yang dilakukan dengan teknik bola lainnya (complete exercise)
Gerak tipu bagi seorang senior, hal pertama yang harus diperhatikan untuk level ini adalah tingkat kecakapan pemain yang tinggi, karena gerak tipu erat sekali hubungannya dengan kecakapan perorangan, apalagi dalam sebuah pertandingan.

Untuk melatih pemain yang sudah berpengalaman (senior) harus diperhatikan hal-hal yang berikut ini:
  1. Memperhatikan kecakapan teknik individu, Harus diketahui bagaimana mereka melakukan gerak tipu, pemain-pemain melakukan gerak tipu yang biasa mereka lakukan sehingga dapat dipraktekkan sebaik mungkin. Kita tidak perlu melatih bermacam-macam gerak tipu, cukuplah jika mereka melakukan 2-3 macam gerakan, tetapi dapat dikuasai sebaik-baiknya (mahir).
  2. Adakan diskusi, adapun maksud dari diskusi adalah agar terjadi pertukaran fikiran mengenai bagaimana cara melakukan trik yang baik dan benar, manfaat lainnya adalah, kita bisa mengetahui letak kekurangan dari trik gerak tipu yang kita miliki.
  3. Latihan gerak tipu itu sistematis, disesuaikan dengan keperluan dalam pertandingan (latihan selama 23-30 menit). Pelatih memberikan instruksi secara khusus dan metodis kepada pemain sesuai dengan kemampuan masing-masing agar dapat meletakkan gerak tipu dengan sebaik-baiknya.

Teknik Gerak Tipu Sambil Menggiring Bola

  1. Tendangan Gerak Tipu: Pemain yang menguasai bola seakan-akan menendang bola dengan keras dalam jarak 2 meter didepan gawang. Pada saat kaki hendak mengenai bola (tendangan tidak diteruskan) tetapi mengontrol bola ke samping lawan.
  2. Gerak Tipu Dengan Menarik Bola: Pada waktu lawan akan mentackling (merampas bola), maka sebelum kaki lawan menyentuh bola, bola ditarik kemudian secepatnya melewati lawan kedaerah bebas dimana lawan dalam posisi salah.
  3. Gerak Tipu Dengan Badan Bagian Atas: Pada jarak kurang lebih 1-2 meter dari lawan, pemain yang menguasai bola (melakukan gerakan) kesamping kiri atau kanan. Apabila lawan mengikuti gerakan anda, sebaliknya gerakan secepat mungkin dilakukan kearah yang berlawanan.

Kemungkinan Penggunaannya

  1. Untuk melepaskan diri dari penjagaan musuh, terutama apabila pemain belakang bermain marking man to man.
  2. Sangat penting untuk pemain penyerang dalam melakukan teknik dan taktik yang dihubungkan dengan gerak tipu, misalnya menggiring bola, menembak, kontrol bola dan sebagainya.

Itulah informasi seputar cara melakukan gerak tipu dalam sepakbola, semoga bisa dipraktekkan saat bermain di lapangan ya teman-teman. Terima kasih.

Cara Melakukan Gerak Tipu (Feint) Dalam Sepak Bola Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ikbal H

0 komentar:

Post a Comment