Penjaskesrek

Blog ini Berisi Informasi Seputar Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan yang Cocok untuk Semua Kalangan.

Cara Melakukan Gerakan Meroda pada Senam Lantai

Meroda (cart wheel) sering disebut juga dengan baling-baling, karena gerakannya seperti baling-baling yang sedang berputar. Untuk dapat melakukan gerakan meroda yang sempurna, maka diperlukan tahap latihan sebegai berikut:

Cara Meroda

a. Latihan Meletakkan Tangan dan Mengangkat Kaki

Berdiri tegak dengan posisi tangan kiri didepan dilanjutkan dengan kedua tangan lurus keatas. Sambil membungkukkan badan ke depan, letakkan tangan kiri pada lantai, kaki kanan diangkat lurus ke belakang, bersamaan dengan gerakan meletakkan tangan kanan disamping lengan kiri, ayunkan kaki kanan lurus keatas yang kemudian disusul dengan menolakkan dan mengayunkan kaki kiri lurus keatas. Apabila sikap seperti ini dapat ditahan lebih lama akan terlihat seperti gerakan berdiri dengan tangan (hand stand).

Meroda

b. Latihan Mengangkat Tangan dan Meletakkan Kaki

Pada waktu berdiri dengan tangan, turunkan kaki kanan ke samping kanan lurus dan tangan kiri diangkat keatas. Dengan demikian badan akan berdiri menyamping dengan kedua kaki terbuka dan kedua tangan lurus keatas serong kesamping.

c. Rangkaian Gerakan Meroda Secara Keseluruhan

Apabila latihan meroda dengan tahap-tahap sudah dikuasai, maka untuk latihan berikutnya diawali dengan gerakan sebagai berikut:

Berdiri menyamping dan kedua kaki dibuka agak lebar, sambil membungkukkan badan kesamping kiri, letakkan tangan kiri disamping kaki kiri, kaki kanan mulai terangkat. Kemudian segera letakkan tangan kanan disamping tangan kiri dan syunkan kaki kanan dan diikuti dengan menolakkan kaki kiri pada lantai keatas. Hingga kedua kaki itu terbuka lurus melayang diudara. Gerakan ini diakhiri dengan sikap semula, yaitu berdiri menyamping dengan kaki terbuka agak lebar.

d. Cara Memberikan Bantuan

Gerakan meroda biasanya akan lebih mudah dilakukan bagi anak yang sudah bisa melakukan gerakan hand stand, karena gerakan ini diperlukan kekuatan yang mutlak pada kedua tangan, maka dari itu untuk membantu gerakan ini, maka guru yang membantu cukup dengan memegang pada kedua sisi pinggulnya. Untuk memberikan bantuan pada anak yang melakukan gerakan meroda, maka cukup dengan berdiri dibelakangnya dan memastikan bahwa tubuhnya dapat meluncur kesamping bukan jatuh kebelakang. Intinya guru/teman yang membantu menjaga agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.

Membantu Meroda
Penting juga diperhatikan beberapa kesalah yang sering dibuat sewaktu melakukan gerakan meroda ini, seperti kaki yang tidak lurus, keseimbangan yan buruk, serta posisi tubuh yang tidak tepat. Untuk memperbaiki semua kesalahan itu tentunya bisa diatasi dengan rajin melakukan latihan, namun latihannya harus ada pendampingan dari orang yang lebih tua.

Cara Melakukan Gerakan Meroda pada Senam Lantai Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ikbal H

0 komentar:

Post a Comment