Penjaskesrek

Blog ini Berisi Informasi Seputar Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan yang Cocok untuk Semua Kalangan.

Cara Melakukan Roll Belakang Lengkap

Setelah sebelumnya kami telah membahas mengenai cara melakukan roll kedepan, kali ini kita akan membahas mengenai roll ke belakang. Sama halnya dengan roll depan, roll belakang juga memerlukan latihan khusus bagian per bagian untuk mahir melakukannya, berikut ini latihan/cara roll belakang.

Cara Roll Belakang

a. Latihan Menarik Kedua Lutut dan Mengangkat Pinggul.

Posisi awal yang harus dilakukan untuk latihan tahap ini adalah tidur terlentang, kedua kaki rapat dan lurus ke belakang, kedua lengan disamping disamping badan, kemudian tekuk kedua lutut dan tarik ke dekat dada, hingga pinggul terangkat. Kedua lengan tetap menahan di samping badan. Lakukanlah gerakan ini secara berulang-ulang hingga lancar.

b. Latihan Menarik Kedua Lutut, Mengangkat Pinggul, Pinggang, Punggung, dan Meletakkan Kedua Ujung Kaki pad Matras Di Belakang Kepala.

Untuk posisi awal pada tahap ini masih sama seperti diatas, yaitu dengan tidur telentang, gerakannya adalah teknik kedua lutut dan tarik ke dekat dada hingga pinggul, pinggang dan punggung terangkat. Kemudian usahakan kedua ujung kaki dikenakan pada matras di belakang kepala. Kedua lengan tetap menahan di samping badan. Lakukan berulang-ulang hingga lancar.

Gerakan Roll Belakang

Apabila latihan gerakan menarik kedua lutut dan meletakkan kedua ujung kaki telah dapat dilakukan dengan baik, cepat, tepat dan luwes, serta dapat ,menjaga keseimbangannya.

Coba lakukan latihan berikut ini:
Posisi sama seperti pada kedua latihan diatas. Bersamaan dengan menekuk dan menarik lutut, kedua telapak tangan dan siku dilipat/ditekuk dan diletakkan pada matras disamping telinga. Jari-jari tangan menuju ke pundak dan ibu jari tangan menuju ke telinga. Kemudian setelah itu, segera letakkan kedua ujung kaki pada matras di belakang kepala. Pada saat kedua ujung kaki kena pada bagian matras di dibelakang kepala, coba tekankan kedua tangan pada matras hingga lurus sambil menarik pinggul ke belakang dan lutut dibengkokkan. Dengan demikian, kepala dan badan akan terangkat dan secara tidak langsung kita sudah berguling ke belakang. Kemudian diakhiri dengan posisi jongkok, kedua kaki rapat, kedua tumit diangkat, kedua telapak tangan pada matras, kedua lengan lurus sejajar bahu dan pandangan lurus kedepan.

c. Rangkaian Gerakan Berguling Ke Belakang Secara Keseluruhan

Setelah melakukan latihan berguling ke belakang bagian per bagian, setelah itu kami akan  merangkaikan gerakan roll belakang secara utuh. Gerakan roll belakang diawali dari sikap permulaan, yaitu: jongkok, kedua kaki rapat, kedua telapak tangan dengan siku ditekuk berada diatas bahu di samping telinga dan kedua telapak tangan menghadap keatas, dagu dirapatkan ke dada.

Gerakannya sebagai berikut:
Gulingkan badan ke belakang yang dimulai dari menjatuhkan kedua tumit ke matras, kemudian menyusur ke pinggul, pinggang dan pundak. Bersamaan dengan itu, kedua telapak tangan diletakkan pada matras disamping telinga. Lakukan tekanan pada kedua tangan sewaktu kaki telah berada di belakang kepala, hal ini dilakukan agar supaya tubuh dan kepala lebih mudah terangkat diatas.

Sikap Akhir
Jongkok, kedua kaki rapat, kedua tumit diangkat kedua telapak tangan pada matras, kedua lengan lurus, dan pandangan ke depan kemudian jongkok, kedua tangan lurus ke depan serong keatas dan berdiri.

d. Cara Memberikan Bantuan Untuk Rol Belakang

Sama seperti roll depan, roll belakang juga sulit dilakukan untuk anak yang tidak memiliki keterampilan gerak yang bagus, maka dari itu diperlukan bantuan dari orang lain dalam hal ini seorang guru harus mampu melakukan teknik cara pemberian bantuan agar anak bisa melakukan dengan baik dan benar.
Cara memberikan bantuan adalah sebagi berikut:

Sikap Permulaan
Berdiri pada salah satu lutut terkuat (lutut kanan) kaki kiri dengan lutut ditekuk ditempatkan disamping lutut kaki kanan untuk membantu kekuatan dan keseimbangan. Tangan kiri diletakkan pada kaki dan tangan kanan diletakkan pada pundak.

Gerakan/pelaksanaan
Tangan kiri mendorong kaki ke belakang, tangan kanan menahan pundak agar kepala tidak mengenai matras. Pada waktu badan berguling, tangan kiri segera pindah ke pinggul untuk membantu mendorong.

Cara Melakukan Roll Belakang Lengkap Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ikbal H

0 komentar:

Post a Comment