Penjaskesrek

Blog ini Berisi Informasi Seputar Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan yang Cocok untuk Semua Kalangan.

Ciri-ciri Kolam Renang yang Baik dan Sehat

Berenang memang sangat menyenangkan dan menyehatkan, dewasa ini seiring dengan semakin sadarnya masyarakat akan pentingnys berolahraga, banyak yang menjadikan renang sebagai olahraga favorit. Hal ini tentu saja tidak terlepas dari banyaknya kolam renang yang sudah mulai bertebaran dimana-mana. Khusus di daerah perkotaan, penting untuk diperhatikan kesehatan dan keselamatan anda kala berenang, apakah anda berenang di tempat yang airnya sehat atau tidak, apakah kolam renangnya memiliki standar keamanan yang baik.? Karena jangan sampai niat baik anda justru mendatangkan bahaya lantaran anda terjadi hal-hal yang tidak diinginkan lantaran ketidak tahuan kita menilai kolam renang yang baik bagi keluarga. 

Kolam Renang

Berikut ini sedikit tips bagi anda yang suka berenang, bagaimana cara mengetahui sehat dan aman tidaknya kolam yang anda gunakan.

Periksa Kualitas Air

Air adalah instrumen paling penting yang harus ada jika ingin berenang, olehnya itu penting untuk diketahui bagaimana kualitas air yang baik. 

Sebenarnya untuk memeriksa kualitas air, bisa anda lihat dari warna airnya. Jika warna air kolam berwarna hijau, berarti airnya mengandung banyak alga, lumut, ganggang yang membuat PH airnya menjadi tidak stabil.

Cara lain memeriksa kualitas air adalah dengan mencium airnya, apabila anda mencium bau tertentu, mungkin saja itu adalah gabungan dari berbagai zat yang tercampur kedalam air, seperti urine, kosmetik, keringat ataupun yang lainnya. Apabila anda terpaksa berenang, maka kami sarankan agar setelah berenang anda membilas tubuh anda dengan sabun dan air yang bersih, hal ini tentu saja untuk menghindari penyakit kulit yang disebabkan oleh air yang tidak bersih.

Zat lainnya yang biasa dicampur kedalam air secara sengaja adalah kaporit, kaporit ini sebenarnya memiliki manfaat untuk membunuh kuman yang berada didalam air, namun apabila diberikan dalam dosis yang berlebihan maka akan membuat kulit terasa panas bahkan bisa terjadi iritasi.

Perhatikan Desain Kolam

Faktor lain yang perlu diperhatikan adalah desain kolam, sebelum berenang perlu anda perhatikan desain kolam sebagai berikut:
  • Desain kolam yang bagus memiliki pegangan disisi kolamnya.
  • Tiap daerah kolam yang memiliki kedalaman berbeda harus diberikan tanda yang jelas.
  • Lantai kola tidak retak, karena bisa membahayakan kaki anda.
  • Kolam yang baik memiliki sudut yang tumpul, supaya tidak membahayakan pengunjung.
  • Lantai sisi kolam didesain agar tidak licin.

Perhatikan Managemen Keamanan 

Hal terakhir yang harus diperhatikan adalah faktor keamanan, hal ini sangat penting karena menyangkut keselamatan anda, baik nyawa maupun harta benda. Berikut adalah hal yang harus diperhatikan:
  • Kolam renang yang aman memiliki peralatan keselamatan apabila tiba-tiba terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, seperti pelampung ataupun papan peringatan.
  • Memiliki Pool Lifeguard (penjaga kolam), yang bertugas menyelamatkan jika ada orang tenggelam.
  • Pastikan tempat anda menyimpan barang aman dari ganggung pencuri, simpanlah ditempat penitipan barang yang telah disediakan.
Itulah sedikit informasi untuk mengetahui ciri-ciri kolam yang baik dan aman, sederhananya air yang bersih adalah yang jernih, bersih serta tidak berbau aneh. Semoga bermanfaat dan selamat berenang.

Ciri-ciri Kolam Renang yang Baik dan Sehat Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ikbal H

0 komentar:

Post a Comment