Penjaskesrek

Blog ini Berisi Informasi Seputar Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan yang Cocok untuk Semua Kalangan.

Hubungan dan Manfaat Olahraga Terhadap Kesehatan yang Belum Anda Ketahui

Olahraga saat ini sudah menjadi semacam gaya hidup masyarakat Indonesia. Men sana in corpore sano atau didalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat, ungkapan ini menjadi salah satu motivasi utama seseorang melakukan olahraga, selain sebagai saran rekreasi, olahraga juga dijadikan sebagai salah satu bentuk meningkatkan taraf kesehatan manusia. Untuk mendapatkan tubuh yang sehat harus rutin berolahraga, dengan tubuh yang sehat maka akan membuat fikiran lebih jernih sehingga aktivitas selanjutnya yang dilakukan dapat lebih maksimal.

Olahraga sebagai sebuah upaya untuk melemaskan otot badan memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan. Dengan manfaat yang begitu banyak, tidaklah mengherankan jika dewasa ini mulai dari anak-anak sampai orang tua pun rajin berolahraga.

Olahraga
Nah, tahukah anda apa saja manfaat berolahraga ? ada begitu banyak sekali manfaat berolahraga, namun kali ini kami hanya akan membahas beberapa manfaatnya saja yang mungkin belum banyak diketahui, cekidot dan selamat membaca.

Manfaat Olahraga Bagi Kesehatan

1. Olahraga Dapat Mencegah Munculnya Jerawat dan Membuat Kulit Lebih Cerah

Jerawat menjadi momok menakutkan yang banyak menjangkiti anak muda jaman sekarang, hal ini selain disebabkan oleh tumpukan kotoran pada wajah juga biasa diakibatkan oleh tingkat stres yang anda alami. Mungkin anda baru mengetahui hal ini, namun stress memang sejatinya dapat membuat terjadinya ketidakseimbangan produksi minyak dan hormon dalam tubuh yang bisa membuat anda terserang jerawat.

Nah, salah satu aktivitas yang efektif untuk mencegah stess adalah dengan berolahraga. Olahraga membuat hormon endorfin dalam otak anda meningkat sehingga membuat anda lebih rileks dan membuat anda merasa lebih bahagia dalam menjalani hidup.

Manfaat lain olahraga adalah menjadikan kulit anda lebih cerah, hal ini dikarenakan olahraga membuat peredaran darah menjadi lebih lancar sehingga suplai oksigen menjadi lebih baik bagi kesehatan kulit. Selain itu, keringat yang diproduksi sewaktu berolahraga dan keluar melalui pori-pori kulit akan mendorong kotoran yang terjebak dalam pori-pori sehingga akan mencerahkan kulit kusam anda. 

Penting untuk diperhatikan, setelah berolahraga dan tubuh tidak lagi berkeringat (suhu tubuh kembali normal) langsunglah beranjak untuk mandi, hal ini perlu untuk dilaksanakan agar supaya kotoran yang menempel pada kulit tidak berkerak pada kulit anda.

2. Menambah Kecerdasan Otak

Saat berolahraga maka terjadi dalam tubuh kita peredaran darah yang lebih lancar, hal ini akan mempengaruhi suplai oksigen ke otak lebih banyak, sehingga kerja-kerja otak bisa lebih maksimal. Sebagaimana penelitian yang dilakukan pada tahun 2008 menunjukkan adanya keterkaitan antara kebugaran dengan kadar IQ pada manusia.

Sebagaimana kita ketahui bersama, bahwa otak adalah merupakan organ penting yang mengatur segala aktivitas kita. Orang yang berolahraga cenderung memiliki ingatan yang lebih kuat jika dibandingkan dengan orang yang tidak berolahraga. Selain itu, sebagaimana yang telah kami jelaskan sebelumnya, meningkatnya produksi hormon endorfin dapat menjadikan anda lebih kreatif dalam mengambil keputusan.

3. Olahraga Membuat Awet Muda

Aktivitas fisik yang dilakukan oleh seseorang akan menjadikan tubuhnya lebih sehat dan terhindar dari penyakit, dengan berolahraga maka organ didalam tubuh akan tetap bisa bekerja maksimal meskipun usia tidak lagi muda, hal ini dikarenakan karena organ sudah terlatih akibat aktivitas fisik yang dilakukan. 

Sirkulasi darah serta metabolisme tubuh yang lancar menjadikan anda terlihat lebih awet muda karena keringat yang keluar dari tubuh akan mengencangkan kulit anda serta menghilangkan keriput yang ada di wajah anda. 

Tidak ada kata terlambat dalam berolahraga, meskipun anda mulai rutin melakukan olahraganya di usia senja, anda tetap akan memperoleh manfaat yang tidak terhitung jika dibandingkan dengan orang yang tidak berolahraga sama sekali. 

Olahraga yang anda lakukan tentunya harus disertai dengan istirahat yang cukup, hal ini diperlukan oleh tubuha agar supaya sel-sel yang mati bisa digantikan (regenerasi) dengan yang baru. Makanan dengan gizi yang baik juga akan menjadikan anda lebih aktif serta bersemangat dalam beraktivitas.

Nah, itulah beberapa hubungan serta manfaat olahraga dan kesehatan. Olahraga dan kesehatan memang ibarat dua sisi mata uang yang saling melengkapi, jadi jangan tunda lagi dan laungkanlah waktu anda berolahraga minimal 10-15 menit dalam sehari.

Semoga Bermanfaat

Hubungan dan Manfaat Olahraga Terhadap Kesehatan yang Belum Anda Ketahui Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ikbal H

0 komentar:

Post a Comment