Penjaskesrek

Blog ini Berisi Informasi Seputar Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan yang Cocok untuk Semua Kalangan.

Manfaat Makanan Bagi Tubuh Manusia

Berbicara mengenai makanan tentunya tidak pernah terlepas dari kehidupan sehari teman-teman sekalian, makanan memang merupakan kebutuhan utama semua makhluk hidup, baik saya, anda, artis maupun presiden pasti membutuhkan makanan sebagai penunjang aktivitasnya sehari-hari. Namun perlu kita ketahui bersama bahwa makan tidak hanya untuk mengenyangkan perut yang lapar ataupun sekadar ngemil sambil menonton tivi. Kalau dalam bahasa orang hebat mah, segala sesuatu pasti ada ilmunya, betul gak ? nah begitupun dengan ilmu tentang makanan, ada juga ilmunya loh. Ilmu ini tentunya diperlukan agar supaya makanan yang kita konsumsi memberikan dampak positif bagi tubuh kita, supaya tidak lembek dan setrong kayak di film hollywood "Rambo", hehehe.

Makanan Sehat

Manfaat Makanan Bagi Tubuh

Nah, berbicara mengenai manfaat makanan bagi manusia, ada tiga manfaat ataupun kegunaan makanan bagi tubuh kita, Check This Out..

a. Makanan sebagai Sumber Tenaga

Kita hidup didunia ini pasti bergerak dong, kalau sudah tidak bergerak itu namanya mati, hehe. Makanan sebagai sumber tenaga memang sangat dibutuhkan oleh tubuh, ibarat sebuah mobil, makanan adalah bensin untuk manusia. Manusia tidak bisa bergerak jika tidak makan, dikarenakan tidak memiliki sumber tenaga yang cukup. Makanan yang menjadi sumber energi bagi tubuh dapat berupa kentang, jagung, beras ataupun sumber karobhidrat lainnya.

b. Makanan Sebagai Zat Pembangun

Sebagai sumber utama zat pembangun, makanan berguna untuk pertumbuhan tubuh kita loh, jadi makanan menjadi salah satu hal yang membuat tubuh seseorang menjadi tinggi, pendek, gemuk ataupun kurus, makanya penting sekali untuk memperhatikan makanan yang masuk dalam tubuh ya guys. Selain itu makanan juga dapat mengggantikan sel-sel otot yang rusak akibat aktivitas fisik yang terlalu berlebihan ataupun karena faktor lainnya. Ibaranya nih, seorang petani  yang memberikan pupuk pada tanamannya, karena jika tidak dipupuk maka tanaman akan lambat pertumbuhannya serta tidak bisa maksimal berbuah.

Mau tahu makanan apa yang bisa menjadi zat pembangun bagi tubuh ? makanan yang yang menjadi zat pembangun terdapat lauk nabati dan lauk hewani ? perbedaannya adalah, lauk nabati itu yang berasal dari tumbuhan, seperti tahu, tempe, susu kedelai, kacang hijau, dan kacang tanah. Sedangkan lauk hewani adalah yang berasal dari hewan seperti daging sapi, daging ayam, daging kambing, ikan, udang, kerang dan telur.

c. Makanan Sebagai Zat Pengatur

Fungsi makanan yang ketiga selain selain sebagai sumber tenaga dan zat pembangun adalah sebagai zat pengatur teman. Zat pengatur itu sangat penting loh bagi tubuh kita, karena berfungsi mengatur organ tubuh agar bisa menajalankan fungsinya masing-masing dalam tubuh. Ibaratnya nih, seperti lampu lalu lintas dijalan raya, agar supaya jalanan tidak semrawut ataupun berantakan, maka diperlukan pengaturan agar bisa berjalan dengan baik sebagaimana mestinya. Nah zat pengatur ini banyak sekali terdapat dalam buah-buahan ataupun sayuran yang sering kita santap.

Adapun jenis sayuran diantaranya seperti: bayam, buncis, kangkung, sawi, daun singkong, tomat, pepaya, kol dan masih banyak lagi lainnya. Sedangkan buah-buahan diantanya banya terdapat pada: mangga, jambu, pisang, jeruk, semangka, pisang, sirsak, salak dan lainnya. Jika kita kekurangan zat pengatur yang terdapat dalam buah dan sayuran ini maka tubuh akan lebih rentan terkena penyakit, dengan mengetahui manfaat yang luar biasa dari sayuran dan buah diharapkan tentunya dapat memotivasi kita untuk lebih rajin mengkonsumsinya. Jadi mengurangi konsumsi makanan instan juga baik, akrena biasanya makanan instant itu mengandung bahan pengawet yang bila dikonsumsi secara berlebihan akan membuat tubu bisa terserang penyakit ganas seperti kanker dan lainnya. Jadilah orang yang sehat, kuat dan pintar dengan banya mengkonsumsi makanan yang alami.

Sedikit Penjelasan Mengenai Gizi

Hal-hal yang kami paparkan diatas banyak dibahas dalam disiplin ilmu gizi, tahukah kamu apakah ilmu gizi itu ? ilmu gizi adalah ilmu yang mempelajari hubungan antara makanan dengan kesehatan. Sebagaimana kita ketahui bersama, bahwasanya makanan adalah sumber utama zat gizi pada tubuh manusia.  Makakan itu mengandung enam zat gizi utama loh, seperti karbohidrat, lemak, protein, vitamin, mineral dan air. Nah tubuh manusia yang terdiri dari jaringan otot, darah, dan organ lainnya sebenarnya terdiri ari zat gizi tersebut. Dengan demikian untuk menjaga tubuh agar tetap sehat maka zat-zat tersebut diperlukan oleh tubuh sesuai dengan kadarnya masing-masing. Bilamana makanan yang dikonsumsi terus menerus kekurangan atau kelebihan gizi maka akan terjadi ketidak seimbangan dalam tubuh yang berujung pada penyakit, olehnya itu tidak boleh berlebihan dalam mengkonsumsi makanan.

Sekarang timbul pertanyaan baru, apakah yang menjadi zat gizi esensial bagi manusia ? Jawabannya jelas bahwa karbohidrat adalah zat gizi esensial bagi manusia, sedangkan dari protein sendiri bukanlah proteinnya secara umum, melainkan asam amino tertentu yang menyusun protein tersebut. Setidaknya bagi manusia ada 9 jenis asam amino yang esensial, yang kesemuanya itu tersebar dalam bahan makanan yang berbeda-beda, itulah sebabnya mengapa bahan makanan yang dikonsumsi harus beragam agar campuran itu menghasilkan susunan asam amino esensial yang lengkap dan serasi.

Beras misalnya mengandung cukup tripofan tetapi miskin lisin, isofeusin, dan tripofan yang tinggi. Karena sumber lisin yang baik sebenarnya terdapat dalam protein hewani seperti daging, telur, dan susu. Barang siapa yang tidak cukup konsumsi dagingnya maka harus mengimbanginya dengan memasukkan kacang-kacangan didalam makanannya. Nah, dari sini tampaklah peranan penting tempe dalam kehidupan masyarakat Indonesia dalam mengatasi kekurangan asam amino esensial didalam masayarakat.

Tempe Indonesia


Beberapa tahun yang lalu penyakit gizi masyarakat yang terparah adalah kekurangan kalori dan protein (KKP). Setelah itu penyakit gizi kedua terparah adalah anemia karena kekurangan zat besi. Penyakit akibat kekurang zat besi ini penyebab utamanya krena kurangnya penyehatan lingkungan. Penyakit ini dahulu biasanya banyak diderita oleh karyawan perkebunan yang bekerja memetik teh atau menyadap karet tanpa alas sepatu. Akan tetapi sekarang apabila kita berkunjung ke perkebunan dan melihat karyawan dan kayawati kita akan menemukan bahwa mereka sudah menggunakan sepatu bot yang menutupi kakinya sampai betis, dengan cara seperti ini infeksi telur cacing melalui telapak kaki dapat dihindari. Penyaki gizi yang ketiga yang jamak kita temukan di pedalaman ataupun pedesaan terpencil adalah penyakit gondok akibat kekurang zat yodium dalam makanan. Selain itu juga yang penting ialah penyakit rabun senja yang disebabkan kekurangan vitamin A didalam makanan. 

Penyakit-penyakit kekurangan gizi seperti ini dapat kita atas bersama dengan upaya penyehatan yang lebih baik dan perbaikan penghasilan keluarga sehingga susunan menu makanan sehari-hari meningkat mutu gizinya. Erat hubungannya dengan ini adalah memasayaratkan kegiatan keluarga berencana, dengan begitu keluarga dapat mengontrol makanan yang akan dikonsumsi anak-anaknya, karena jangan sampai anak yang terlalu banyak namun tidak bisa dicukupi segala kebutuhannya, baik itu dari segi pangan, sandang, ataupun papannya.

Semoga Bermanfaat..

Manfaat Makanan Bagi Tubuh Manusia Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ikbal H

0 komentar:

Post a Comment