Penjaskesrek

Blog ini Berisi Informasi Seputar Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan yang Cocok untuk Semua Kalangan.

Peraturan Permainan Sepak Takraw Hoop dan Double Event

Sepak takraw selama ini hanya kita kenal sebagai permainan 3 lawan , namun ternyata ada nomor lain yang juga dipertandingkan dalam permainan sepak takraw, yaitu sepak takraw hoop dan double event.

Hoop dan double event tentu saja berbeda dengan permainan yang seringkali kita saksikan selama ini, dari segi aturan pun demikian. Oleh karena itu, kali ini kami akan memperkenalkan nomor hoop dan double event beserta aturannya, selamat membaca.

Peraturan Sepak Takraw Hoop

Sepak takraw hoop adalah duplikat dari permainan circle game, dimana permainan ini dimainkan oleh lima (5) pemain ditambah satu sebagai pemain cadangan. Kelima pemain ini membentuk posisi melingkar (sama dengan cicle game).

Hoop
sumber: takrawcanada.com
Peraturannya adalah:
  1. Permainan dimulai dengan melambungkan bola dari posisi satu ke posisi dua.
  2. Posisi dua mengontrol bola dan tidak boleh langsung shooting ke ring, melainkan mengoperkan bola ke teman yang lain (bebas), dan teman yang dioperkan dari posisi dua sudah boleh memasukkan bola kedalam salah satu lubang ring.
  3. Nomor berapa saja yang melakukan kesalahan, maka dia harus melambungkan bola ke pemain lain untuk melanjutkan permainan.
  4. Cara memasukkan bola kedalam ring yaitu dilakukan dengan 8 macam cara/sentuhan, dan tiap sentuhan hanya bisa dilakukan dengan memasukkan bola maksimal tiga kali.
  5. Adapun delapan cara memasukkan bola, sebagaimana yang dimaksudpoin nomor 4 adalah: 1.) sepak sila, 2.) sepak punggung, 3.) badek samping, 4.) badek belakang, 5.) paha, 6.) kepala, 7.) cross jump, 8.) pundak (bahu)
  6. Contoh, bila memasukkan bola kedalam ring dengan menggunakan cara sepak sila sebanyak 3 kali, maka bola keemapt yang masuk dengan sepak sila tidak lagi dihitung poin. Untuk itu, untuk memperoleh poin lagi, pemain harus melakukan cara/sentuha lain.
  7. Pemain dapat memasukkan bola sebanyak-banyaknya sesuai keterampilan yang dimilikinya tanpa harus beraturan/bergantian seperti pada circle game.
  8. Jadi kalau spesialis shooting dalam satu tim hanya memiliki dua atau tiga orang saja, maka yang lain hanya sebagai pendukung. Akan tetapi tetap dalam setiap regu tentunya diharapkan semua dapat melakukan shooting ke ring sehingga akan meraih poin yang banyak.
  9. Setiap bola yang masuk kedalam ring dihitung 10 poin.
  10. Kemenangan ditentukan dari akumulasi yang dihasilkan pemain selama 30 menit.
  11. Pergantian pemain dapat dilakukan kapan saja dan tanpa menunggu bola mati.

Peraturan Double Event

Permainan double event dimainkan dalam lapangan sepak takraw juga (13,4 m x 6,1 m), jumlah pemainnya dua orang tambah satu orang sebagai pemain cadangan untuk beregu. Sedangkan untuk double event team terdiri dari tiga regu yang masing-masing regu terdiri dari dua orang ditambah satu orang cadangan (jumlah minimal 6 orang).

Double Event
sumber: takrawcanada.com

Peraturannya adalah:
  1. Perkenaan bola maksimal 3 kali, sama dengan permainan sepak takraw.
  2. Pergantian pemain dapat dilakukan dua kali setia set, maksudnya adalah pada set pertama diperbolehkan melakukan pergantian sebanyak dua kali, selanjutnya pada set kedua dapat dilakukan pergantian sebanyak dua kali, begitu juga pada set ketiga.
  3. Pelaksanaan servis dilakukan diluar garis belakang (base line) dengan melambungkan bola sendiri, serta tidak bisa menginjak garis belakang pada saat melakukan servis. Servis juga dilakukan secara bergantian.
  4. Perhitungan angka sama dengan permainan sepak takraw.
Catatan:
Khusus untuk nomor double even hanya berbeda pada pelaksanaan servis dan jumlah pemain 

Peraturan Permainan Sepak Takraw Hoop dan Double Event Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ikbal H

0 komentar:

Post a Comment