Penjaskesrek

Blog ini Berisi Informasi Seputar Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan yang Cocok untuk Semua Kalangan.

Teknik Blok Dalam Sepak Takraw

Sepak takraw sebagaimana kita ketahui bersama merupakan salah satu olahraga yang membutuhkan keterampilan khusus, karena olahraga ini cukup sulit dimainkan. Dalam sepak takraw juga dikenal berbagai macam teknik, seperti smash, blok, servis, dll. Semua itu apabila dikuasai dengan baik akan sangat membantu dalam sebuah permainan.

Sepak Takraw Takalar

Namun, khusus kali ini, kami akan membahas salah satu teknik saja yaitu blok (halangan), untuk teknik dasar lain akan kami jelaskan dalam postingan lainnya, insya allah.

BLOK atau HALANGAN

Blok atau hadangan dilakukan dengan beberapa anggota badan, kecuali tangan. Tujuan dari blok ini sama dengan olahraga lainnya, yaitu membendung atau menggagalkan smash yang dilakukan oleh pihak lawan.

Halangan sendiri terdiri dari tiga macam, yaitu blok dengan menggunakan paha dan kaki, kedua blok dengan menggunakan badan, terakhir blok dengan menggunakan kepala. Berikut ini kami akan menjelaskannya:

Blok atau Hadangan Menggunakan Paha dan Kaki

Teknik pelaksanannya adalah sebagai berikut:
  1. Bergerak ke tepi net (jaring) dan melompat pada ketinggian dan kemungkinan arah sasaran datangnya smash dari pihak lawan.
  2. Melompat dengan menggunakan tumpuan kaki kiri, posisi kaki kanan sejajar dengan net (apabila blok dilakukan dengan kaki kanan, begitu juga berlaku sebaliknya).

Blok atau Hadangan dengan Badan

Blok dengan badan dilakukan dengan posisi  berdiri, pemain melakukan lompatan tegak setinggi mungkin dengan membelakangi net pada posisi arah sasaran smash dari pihak lawan.

Blok (hadangan) menggunakan kepala

Teknik pelaksanannya adalah sebagai berikut:
  1. Bergerak ke tepi net (jaring) dan melompat pada ketinggian dan kemungkinan arah sasaran datangnya smash dari pihak lawan.
  2. Blok (hadangan) dengan menggunakan bahagian atas kepala.

Teknik Blok Dalam Sepak Takraw Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ikbal H

0 komentar:

Post a Comment