Penjaskesrek

Blog ini Berisi Informasi Seputar Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan yang Cocok untuk Semua Kalangan.

Latihan Ball Feeling Dalam Sepak Bola

Ball feeling dalam sepak bola merupakan salah satu kemampuan dasar permainan yang memungkinkan seseorang untuk bisa mengontrol boa dengan baik tanpa melihat bola tersebut. Teknik ini tentu saja dibutuhkan karena akan membantu sekali dalam sebuah pertandingan. Lantas seperti apa bentuk latihan untuk meningkatkan ball feeling itu sendiri, berikut ini kami bagikan ulasannya.

 

1. Latihan Membiasakan Dengan Ball Feeling

  1. Membiasakan dengan bola yang dilakukan oleh kaki, tidak semua latihan ball feeling dilakukan dengan tangan.
  2. Antomis tidak memungkinkan menangkap bola dengan kaki seperti yang dilakukan dengan tangan, kaki hanya dapat menyentuh (menendang) atau mengontrol bola, karenanya memainkan bola dengan kaki jauh lebih sukar dari pada tangan.

2. Ball Feeling Dapat Berkembang Dengan Latihan

Pemain dilatih dengan memainkan bola dengan kaki dan bagian tubuh lainnya yang diperbolehkan peraturan (menurut kehendaknya). Supaya dapat melakukannya harus dengan perasaan (feeling) dan untuk itu harus banyak menahan bola, supaya tujuan dapat tercapai, pemain harus banyak latihan dengan memainkan bola di udara dan semua bagian tubuh latihan (juggling).

Bentuk latihan dapat dilakukan sebagai berikut:

Pada tahap pertama latihan bagi anak-anak yang berumur 10-14 tahun diberikan dalam dua cara:

  1. Pemanasan (warming up)
  2. Latihan inti (diberikan setelah warming up)
Contoh latihan:

a. Latihan Perorangan (Individu)

Tiap orang satu bola, jugling (latihan keseimbangan) dengan posisi berdiri yang bila dilakukan dengan semua bagian badan lainnya. Juggling sambil bergerak, jalan dan lari. Latihan kombinasi untuk juggling, dari posisi berdiri dan bergerak yang dilakukan kaki bagian dalam, bagian luar, kura-kura kaki dan seterusnya.

 b. Latihan Dengan Partner (Pasangan) 



Juggling dari posisi berdiri. Setelah 20 kali menyentuh bola selanjuntnya berhenyi dengan partner, ini dapat dilakukan sambil berjalan atau berlari. Juga dapat dilakukan tiap pemain satu bola, setelah ada tanda bola ditukar dengan partner tanpa menyentuh tanah.

3. Membiasakan Dengan Teknik Bola

Maksud dan tujuan latihan ini adalah:
  1. Membiasakan pemain dengan bola
  2. Dapat memainkan bola sesuai dengan kemampuan sendiri. Dalam latihan ini yang harus dilakukan adalah dasar teknik sepak bola.
Hal yang perlu diperhatikan dalam latihan:

Untuk latihan ini, diperlukan waktu 10-20 menit dengan 3-4 macam latihan yang telah dipersiapkan oleh pelatih. Pelatih benar-benar harus memperhatikan prestasi dari pemain dan latihan hanya diberikan pada pemain yang telah berpengalaman. Latihan ini dapat diberikan 2 kali seminggu dalam waktu satu bulan berturut-turut.

4. Latihan Mempergunakan Bola Banyak


Bentuk latihan semacam ini hanyak dilakukan waktu melatih penjaga gawang, tetapi akhir-akhir ini latihan semacam ini sudah juga diberikan kepada para pemain lainnya. Latihan bukan latihan bagi para pemain baru karena untuk melakukan latihan semacam ini para pemain yang baru belajar belum dapat menguasai dasar-dasar teknik bola dengan baik. Bentuk latihan ini dapat meningkatkan:
  1. Dapat lebih mengintensifkan teknik bola, khusus untuk membiasakan pemain bermain cepat.
  2. Dapat mengembangkan reaksi pemain.
  3. Dapat meningkatkan reaksi pemain.
Disamping itu bentuk latihan ini dapat dipergunakan untuk meningkatkan daya tahan pemain, misalnya dengan pressure training bagi pemain, kadang-kadang latihan ini dapat diberikan untuk melatih teknik dan taktik pada waktu bersamaan.


Yang perlu diperhatikan dalam latihan. Dapat meningkatkan untuk warming up, dipergunakan dalam warming up, bentuk latihan harus sederhana mungkin agar pemain mudah melaksanakannya, misalnya: 

  1. Tiap pemain satu bola, bola digiring (dribbling) sambil bergerakn ke arah yang sama, bola ditendang ke deoan A, A menerima bola B dan seterusnya.
  2. Setelah memberikan bola, pemain tersebut lari ke daerah bola
  3. Dribble setelah ada tanda, bola dioper dengan partner yang ditentukan.
Latihan dengan mempergunakan banyak bola, biasanya digunakan waktu melatih ini (latihan utama) dari materi latihan lainnya atau kadang-kadang diberikan pada bagian kedua dari latihan pokok. Latihan dengan mempergunakan banyak bola dapat dipergunakan untuk latihan permulaan (warming up) dan pada latihan inti, tetapi tidak dibenarkan pada latihan terakhir (penenangan).

5. Sistematika Latihan 


  1. Jika diberikan pada bagian pertama biasanya untuk mempelajari bentuk latihan yang baru.
  2. Jika diberikan pada bagian kedua, untuk mempelajari teknik dan taktik atau latihan dengan tekanan (pressure training).
  3. Dapat dibagi dalam dua kelompok: Latihan secara umum (memakai banyak bola). Tujuannya untuk melatih kerjasama dalam satu kelompok atau melatih salah seorang pemain sesuai posisinya dalam tim. 
Contoh latihan secara umum:

  1. Dua orang pemain dengan dua bola. Memberikan bola pada B dan B mengembalikan bola lewat atas kepala A.
  2. Tiga pemain dengan dua bola. B dan C memberikan bola menggelinding kepada A dan A memberikan bola (itu) kepada B dan C. Dapat dilakukan dengan bola atas dan bawah. Jika C dan B memberikan bola melambung (dengan heading kepada C dan B.
    Empat pemain dengan tiga bola, A, B, C dan D memberikan bola pada arah yang sama dengan mempergunakan 3 bola. Dalam latihan ini dibutuhkan kecepatan dan kecermatan.
  3. Empat pemain dengan dua bola. A dan B melambungkan bola dengan tangan. C dan D memberikan bola diagonal dengan kaki atau kepala.
  4. Enam pemain dengan dua bola, dapat dilakukan dengan kaki atau kepala. Bola selalu diberikan pada pemain yang berdiri di tengah-tengah setelah 2 atau 3 pemain di tengah harus diganti.
  5. Tiga pemain dengan dua bola. A dan C bergiliran memberikan bola pada B. B mengembalikan bola tersebut pada A dan C dengan kaki atau kepala.
Latihan ini dapat dilakukan dengan variasi sebagai berikut:

  1. Kedua pemain memberika bola bawah.
  2. Kedua pemain memberika bola atas.
  3. Seorang memberikan bola atas dan seseorang memberikan bola bawah.
  4. Kedua pemain melambungkan bola dengan tangan, pemain yang ditengah melakukan heading.
  5. Juggling dengan kepala baru diberikan bolanya.

Latihan Ball Feeling Dalam Sepak Bola Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ikbal H

0 komentar:

Post a Comment