Penjaskesrek

Blog ini Berisi Informasi Seputar Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan yang Cocok untuk Semua Kalangan.

Latihan Gerakan Split Mudah dan Efektif

Split adalah suatu sikap, yaitu duduk di lantai dengan satu kaki lurus ke depan dan kaki yang lain lurus ke belakang atau kedua kaki lurus ke samping kiri dan ke samping kanan (kesisi). Bila anda dalam keadaan sedang mengajar atau melatih seorang anak untuk melakukan gerakan split maka salah satu hal penting yang harus diperhatikan adalah perluasan gerakan persendian panggul dan kelemasan otot panggul, otot depan dan belakang paha (tungkai atas). 

Split

Setelah selesai latihan pemanasan, dilanjutkan latihan inti, namun sebelum itu kami ingin memberikan terlebih dahulu bentuk latihan plit untuk pemula yang bisa anda lakukan secara bertahap, hal ini tentu saja diharapkan untuk memudahkan gerakan ini tanpa mengalami cedera karena dilakukan secara perlahan dan bertahap.

Bentuk Latihan Split

Latihan 1

  1. Posisi awal yang dilakukan adalah posisi terlentang.
  2. Kemudian angkat kedua kaki kangkang keatas. Kedua tangan memegang di belakang lutut/kaki, kemudian merenggut-renggutkannya kedua kaki ke bawah.

Latihan 2

Duduk berselonjor, kedua kaki kangkang selebar mungkin. Renggut-renggutkan ke depan, mencoba mengenakan dada di lantai antara kedua kaki.

Latihan 3

  1. Latihan 3 dilakukan seperti latihan 2.
  2. Kemudian kedua kaki ke belakang kepala, dengan kangkang selebar-lebarnya (seperti mengguling ke belakang). Kembali bertumpu atas kedua kaki tetap kangkang selebar mungkin, kedua tangan menumpu di depan badan.

Latihan 4

  1. Posisi awal untuk latihan ke 4 dilakukan dengan  cara berdiri menghadap ke tembok.
  2. Kemudian angkat satu kaki dengan lutut lurus (kedua kaki). Renggut-renggutkan badan/panggul ke arah tembok, kedua tangan bebas berada disamping badan.

Latihan 5

  1. Berdiri, satu kaki di depan dan yang satu lagi berada di belakang, kedua lutut lurus
  2. Jarak kedua kaki sedikit demi sedikit diperbesar, hingga sebesar mungkin. Badan mengeper ke bawah. Gerakan diulang-ulang kaki depan bergantian.

Latihan 6

  1. Berdiri kangkang, kedua tangan menumpu di depan badan.
  2. Jarak antara kedua kaki diperlebar selebar mungkin sedikit demi sedikit. Badan mengeper. Gerakan diulang-ulang.
Nah itulah sedikit informasi mengenai cara melakukan gerakan split yang mudah di praktekkan, kuncinya yang harus diperhatikan adalah kesabaran dan kerja keras, karena untuk melakukan gerakan ini otot harus dibiasakan terlebih dahulu, lakukanlah secara perlahan dan bertahap, dengan seperti itu hasil yang anda peroleh akan maksimal.

Latihan Gerakan Split Mudah dan Efektif Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ikbal H

0 komentar:

Post a Comment