Penjaskesrek

Blog ini Berisi Informasi Seputar Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan yang Cocok untuk Semua Kalangan.

Latihan Sepak Bola Untuk Anak Usia Dini

Pembinaan sepak bola usia dini merupakan salah satu penentu akan seperti apa wajah persepakbolaan kita dimasa yang akan datang, dengan kesadaran sebagian pesepakbola akan pentingnya pembinaan ini yang memotivasi mereka untuk mendirikan SSB (sekolah sepakbola) yang dikhususkan untuk anak-anak. Sebut saja Firman Utina, Markus Haris Maulana, dan Jendry Pitoy yang setelah pensiun dari sepakbola langsung berinisiatif mendirikan sekolah sepak bolanya masing-masing.

Sepak Bola Usia Dini

Lantas seperti apa metode yang diperlukan untuk membina anak-anak di usia mereka yang masih sangat muda. Berikut ini kami mencoba berbagi sedikit info mengenai metode yang bisa anda gunakan untuk melatih anak usia dini, utamanya untuk tingkat pertama 8-14 tahun.

Latihan Untuk Tingkat Pertama 8-14 tahun

1. Alat Untuk Latihan

Alat yang digunakan dalam pembinaan anak usia dini sedikit berbeda dengan alat yang digunakan pada usia dewasa, hal ini tentu saja karena beberapa pertimbangan.
  1. Bola, ukuran dan berat serta keliling harus disesuaikan dengan umur anak itu, yakni keliling bola 50-58 cm dan berat 300-350 gram.
  2. Sepatu, sebaiknya sepatu yang digunakan adalah sepatu karet, karena dengan sepatu karet lebih mudah untuk mengontrol bola sehingga baik sekali untuk meningkatkan feeling. Di Jerman anak-anak sampai umur 12 tahun berlatih sepak bola tanpa memakai sepatu.
  3. Lapangan, untuk lapangan sendiri dipergunakan adalah lapangan kecil, karena dengan lapangan kecil anak-anak akan lebih banyak dapat memainkan bola dari pada dengan lapangan besar. Ukuran lapangan dibawah ini dapat juga disesuaikan dengan tingkat kecakapan dan umur anak-anak. Gawang 2x3 meter, titik penalty 7 meter, bola keliling 50-58 dan berat 300-350 meter.
  4. Jumlah pemain 8 orang.
  5. Lama pertandingan 2x20 menit, dan istirahat 5 menit.

 2. Bentuk-bentuk Latihan

Untuk latihan dasar-dasar diberikan dasar-dasar teknik bola. Itu berarti bentuk latihan yang dipilih semua sesuai dengan tingkat kemampuan anak-anak itu sendiri. Adapun teknik yang bisa anda berikan adalah;
  • Keempat cara menendang.
  • Menyundul bola.
  • Mengontrol bola.
  • Semua cara menggiring bola.
  • Dua atau tiga macam gerak tipu.
  • Melempar bola (throw-in)
Teknik bola yang dapat diberikan;
  • Posisi dalam permainan.
  • Menendang bola ke gawang
  • Kombinasi sederhana,tanpa atau dengan pindah tempat.
  • Bentuk permainan.
Fisik yang diberikan antara lain; 
  • kecepatan (rapeadity).
  • kecepatan kekuatan (repeadity power).
  • Daya tahan kecepatan (repeadity endurance).

Pengaruh Permainan Sepab Bola Terhadap Kesehatan Pemain Muda

  1. Bagi organisasi taruna dari remaja mempunyai 2 tugas yang penting ; a.) merancang pertumbuhan fisih dan mental anak anak.b.) mempersiapkan si anak agar dapat mencapai prestasi yang tinggi. Kedua tugas ini berhubungan satu dengan yang lain; artinya olahraraga mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan fisik serta mental anak-anak.
  2. Ada beberapa pendapat bahwa olahraga menghalangi pertumbuhan fisik anak-anak (karena berlatih angkat besi anak-anak menajdi pendek). Bagi anak adalah lebih dari pada orang dewasa dan karenanya anak-anak mempunyai kemungkinan untuk dapat berkembang lebih dari pada orang dewasa. 
  3. Latihan bagi anak-anak harus diperhatikan dan disesuaikan dengan pertumbuhan si anak itu sendiri. Misalnya; anak-anak lebih banyak membutuhkan istirahat dari pada orang dewasa. Latihan yang diberikan kepada anak-anak harus dibedakan yang berumur 10 dan 15 tahun. Begitu pula istirahatnya harus berbeda, karena anak-anak tidak dapat memusatkan fikirannya yang agak lama seperti pada orang dewasa.
  4. Anak-anak akan cepat merasa letih dari pada orang dewasa, karena sistem sirkulasi darah anak-anak lebih banyak bekerja (jantung lebih sering berdetak) tetapi darah yang diedarkan tidak banyak (volumenya sedikit).
  5. Untuk melatih stamina/ausdauer yang dapat diberikan oleh anak-anak yang berumur 18-19 tahun.
  6. Latihan kekuatan yang optimal jangan diberikan kepada anak-anak yang berumur 17 tahun karena akan membahayakan punggung ank-anak.
  7. Umur yang tepat untuk berlatih; a.) untuk kecepatan 9-11 tahun dan 13-15 tahun, b.) kekuatan dan kecepatan 10-12 tahun, 13-17 tahun, c.) Teknik 10-12 tahun.
  8. Medical control sangat penting untuk anak-anak dan diadakan sekali dalam tiap bulannya. 
Itulah sedikit info mengenai sepak bola pada usia anak-anak, setiap sekolah memiliki metodenya masing-masing dan tentu saja memiliki alasan tersendiri dalam penerapannya, karena sebagaimana kita ketahui bersama bahwa setiap daerah dan negara memiliki keunikannya tersendiri. Mohon maaf bila ada kekurangan dan semoga bermanfaat.

Latihan Sepak Bola Untuk Anak Usia Dini Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ikbal H

0 komentar:

Post a Comment