Penjaskesrek

Blog ini Berisi Informasi Seputar Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan yang Cocok untuk Semua Kalangan.

Macam-macam Pukulan Dalam Bulutangkis Lengkap

Dalam permainan bulutangkis, hal penting dan paling utama yang harus dikuasai adalah beberapa jenis pukulan. Permainan bulutangkis dalam pelaksanaannya tidak hanya sekadar memukul bola menyeberang ke area lawan, melainkan juga bagaimana menempatkan shuttle dengan baik agar bisa memperoleh poin kemenangan. Semua jenis pukulan dalam permainan bulutangkis akan kami bahas pada ulasan kali ini, beberapa diantaranya seperti service, lob, drive, smash, dropshot, netting.

Baca Juga: Tugas Kiper Dalam Sepakbola

Pukulan Bulutangkis

Macam-macam Pukulan

1. Service

Apa yang disebut dengan servis ? kita mungkin sudah sering melakukan servis namun masih belum mengetahui apa yang dimaksud dengan servis, servis merupakan salah satu pukulan yang dilakukan diawal pertandingan sebagai pukulan awal/pembuka untuk memulai sebuag permainan.

Dalam servis kita juga mengenal beberapa jenis servis, seperti;
  1. Servis pendek (short service)
  2. Lob service tinggi, dan
  3. Service drive.

2. Lob

Pukulan lob dapat dilakukan dari bawah (under head lob) maupun dari atas kepala (over head lob). Pukulan lob merupakan pukulan yang sangat penting bagi pola pertahanan (defensive) maupun penyerangan (ofensive).

Dalam lob kita mengenal juga beberapa jenis lob;

a. Lob serang

Lob serang dapat dilakukan baik dari atas maupun dari bawah. Lob serang dari atas adalah shuttlecock diambil dari depan badan dan diatas kepala, dilambungkan rendah dan cepat. Lob serang dari atas ini dapat digunakan untuk melakukan serangan, sedangkan lob serang dari bawah adalah shuttlecock diambil dari bawah, dilambungkan agak rendah dan cepat. Lob serang dari bawah ini yang biasanya digunakan oleh pemain untuk menyerang.

Tujuan loba seorang baik dari bawah maupun atas adalah untuk menyerang. Pukulan shuttlecock lebih cepat dengan melambungkan agak rendah (lebih rendah dari lambung shuttlecock lob penangkis) melewati lawan ke lapangan bagian belakang. Lob serang ini dilakukan, misalnya pada saat lawan sudah kehilangan keseimbangan atau salah posisi atau terpaksa harus maju ke depan net mengejar suatu drop yang dilancarkan.

Baca Juga: Cara Memegang Bet Tenis Meja

b. Lob penangkis

Sama halnya dengan lob serang, lob enangkis juga dapat dilakukan baik dari bawah maupun dari atas. Lob penangkis dari atas adalah shuttlecock dipukul dari depan diatas kepala, dilambungkan tinggi dan jauh sampai ke garis belakang. Lob penangkis dari atas ini biasa digunakan untuk mempertahankan serangan, sedangkan lob penangkis dari bawah adalah shuttlecock diambil dari bawah dan dilambungkan tinggi dan jauh (sampai garis belakang). Lob penangkis dari bawah ini digunakan untuk menangkis serangan.

Dengan melambungkan shuttlecock setinggi mungkin dan jauh sampai ke garis belakang lapangan lawan maka akan memperoleh waktu dan kesempatan lebih banyak untuk memperbaiki posisi. Maka tinggi shuttlecock (lob) dipukul maka makin lambat shuttlecock melayang di udara maka makin banyaklah waktu untuk diperoleh untuk memperbaiki posisi dan makin menyulitkan serta makin melelahkan lawan. Lagi pula, di lapangan bagian belakang itulah, lawan menjadi tidak berbahaya.

Baca Juga: Peraturan Tenis Meja Lengkap

Cara memukul lob dari atas kepala adalah, bak lob serang, dan lob penangkis adalah pada saat hendak memukul shuttlecock dari atas kepala, raket harus berada tepat dibawah shuttlecock sehingga anda selalu dapat mengambil shuttlecock didepan badan anda dengan lengan lurus. Berat badan menekan ke depan untuk dapat membantu ketajaman pukulan. Posisi kaki; yaitu kaki kiri harus di depan kaki kanan (bagi yang memegang dengan tangan kanan).

Kecuali lob dari atas kepala seperti tersebut diatas, ada pula dari atas kepala yang lain, yaitu overhead backhand flick lob. Untuk melatih pukulan ini, hendaknya pelatih memberi lob setengah lapangan (tanggung) di sebelah kiri badan. Caranya; bersiaplah dengan kaki kanan di depan dan kaki kiri di belakang.

Putarlah pinggang ke kiri sehingga anda berdiri dengan bahu hampir membelakangi net, untuk menanti shuttlecock. Bengkokkan siku, agar pada saat melakukan pukulan gerak pergelangan tangan dapat dipercepat dengan meluruskan siku itu, dan pada saat anda memukul (menyentil, menyabet atau menjentik) anda merasa seolah-olah shutllecock terdorong oleh siku. Sebelum raket menyentuh shuttlecock, jangan lupa memindahkan berat badan yang semula bertumpu pada kaki kiri (belakang) ke kaki kanan (depan), dan luruskan pula dengan lengan. Pada saat seperti ini, sentillah (sabetan) shuttlecock dengan gerakan pergelangan tangan yang pendek dan bertenaga. Pukulan ini mengutamakan kekuatan gerak pergelangan tangan yang pendek dan bertenaga. Pukulan ini mengutamakan kekuatan gerak pergelangan tangan dan kekuatan kerja tangan.

Cara memukul lob dari bawah, baik lob seorang maupun lob penangkis adalah pada saat hendak memukul lob dari bawah anda harus berdiri tepat disamping shuttlecock sehingga anda selalu dapat mengambil shuttlecock dari samping.

Apabila pada lob dari atas kepala ada overhead backhand flick maka pada lob dari bawah juga ada backhand drive lob. Backhand drive lob lebih mudah dilakukan karena pada waktu itu anda dapat menantikan shuttlecock yang lebih rendah. Pukullah shuttlecock dari samping kira-kira setinggi kepala atau pundak keatas, ke dalam lapangan belakang pemain lawan.

Baca Juga: Teknik Pukulan Drive Dalam Tenis Meja

3. Drive

Pukulan drive adalah pukulan yang biasa digunakan untuk menekan lawan atau untuk tidak memberikan kesempatan kepda lawan mendapatkan shuttlecock melambung sehingga lawan tidak memperoleh kesempatan menyerang dengan pukulan overhead. Pukulan ini biasa digunakan untuk shuttlecock yang datangnya mendatar atau tidak ada lagi kesempatan bagi anda untuk melakukannya dengan pukulan overhead.

Manfaat dari pukulan drive adalah mempercepat tempo permainan dengan meluncurkan shuttlecock serendah-rendahnya dan rata dengan net. Selain itu pukulan drive berfungsi untuk mengacaukan posisi lawan.

Cara melakukan pukulan drive, yaitu ambil dan pukullah shutllecock dari samping badan pada ketinggian pinggang. Apabila anda mengambil shuttllecock dari tempat yang lebih rendah, misalnya dibawah lutut makan pukulan drive akan kehilangan daya serangnya, lagi pula amat mudah dicegat dan ditebas oleh lawan.

Mula-mula berlatihlah memukul drive dengan cukup menggunakan pergelangan tangan saja. Jangan tergesa-gesa ingin memukul terlampau tajam dan kencang. Barulah sesudah mahir, cobalah memukul lebih keras dengan bantuan seluruh lengan dan gerak kaki yang tepat serta perpindahan berat badan dari belakang ke depan, kemudian tahap demi tahap berlatihlah mengambil shuttlecock lebih cepat dari tempat yang lebih tinggi.

Baca Juga: Cara Melakukan Roll Belakang yang Benar

Pada saat memukul drive di bagian depan lapangan dari dekat badan, cukuplah anda menggunakan pergelangan tangan. Akan tetapi, apabila anda memiukulnya dari bagian belakang lapangan hendaknya dibantu dengan ayunan lengan dan berat badan. Mengambil shuttlecock makin jauh dari badan, makin keraslah pukulan anda.

Setelah anda mahir melakukan drive dari bagian kanan badan (forehand drive) maka tekunilah pula melatih pukulan backhand drive, yaitu pukulan drive yang dilakukan di sebelah kiri badan.

Pukulan drive banya digunakan dalam permainan ganda, dan lebih banyak lagi dalam ganda campuran. Umumnya drive diarahkan sepanjang garis samping. Sebaiknya anda tidak terbiasa melakukan cross drive, (drive menyilang) karena mudah dicegat lawan.

4. Dropshot

Dropshot merupakan pukulan yang dilakuakn dengan tujuan menempatkan shuttlecock seceptnya dan sedekat-dekatnya dengan net pada lapangan lawan.

Dropshot memerlukan lebih banyak keterampilan kelentukan. Pukulan drop dalam permainan net harus diusahakan agar shuttlecock jatuh tajam ke bawah. Maka pukulan dilakukan pada saat shuttlecock sedang dalam puncak ketinggiannya dan jangan dinantikan sampai shuttlecock menurun di bawah net.

Baca Juga: Teknik Renang Gaya Punggung

Dropshot dapat dilakukan dari atas maupun dari bawah.

a. Dropshot dari atas

Cara memukul dropshot dari atas hampir sama dengan pukulan smash. Perbedaan antara keduanya hanyalah pada detik-detik menjelang anda melakukan penyelesaian akhir, yaitu memukul pada saat shuttlecock mengani raket anda.

Pada pukulan dropshot dari atas shuttlecock tidak dipukul keras-keras dengan sekuat tenaga, tetapi gerakan tangan tiba-tiba ditahan, sampai seolah-olah berhenti sekejap kemudian doronglah atau sentuhlah shuttlecock sedikit saja, supaya jatuh sedekat mungkin dengan net di lapangan lawan. Karena pelaksanaan pukulan drop dari atas hampir sama dengan smash atau lob dari atas maka sampai detik terakhir lawan hanya dapat menduga-duga pukulan apa sebenarnya yang akan anda lakukan (lob, smash atau drop) sehingga lawan terlambat mengetahui secara pasti gerak pukulan anda yang sebenarnya. Seperti pukulan smash juga, drop dari atas ada dua macam, yaitu drop penuh dan drop potong.
  1. Drop penuh banya digunakan dalam permainan tunggal, terutama apabila lawan sudah nampak letih. Pukullah shuttlecock dari tempat setinggi-tingginya, agar shuttlecock dapat menukik lebih tajan dan menyebabkan lawan lebih sukar mengembalikannya. Tetapi, jangan terbiasa mengembalikan lob mendalam dari lawan dengan drop penuh dari atas. Sebab, terbang shuttlecock yang melambat dari jarak jauh mudah dicegat dan dimatikan lawan. Dalam permainan ganda drop penuh dapat pula membahayakan kedudukan lawan. Kalau anda tepat cara melakukannya sehingga lawan tidak menduga-duga makan pengembalian shuttlecock (kalau masih dapat diekmbamlikan) pasti lemah karena harus mengangkat  shuttlecock yang sudah hampir jatuh di lantai. Dan shuttlecock itu biasanya melambung di depan net hingga mudah sekali anda atau pasangan anda menyambutnya.
  2. Drop potong. Dari persiapan sampai shuttlecock menyentuh raket cara memukul drop potong hampir sama dengan cara memukul drop penuh. Hanya bedanya pada saat menjelang shuttlecock tersentuh raket tak ada gerak tertahan, seperti pada saat melakukan drop penuh. Atau katakanlah gerak pukulan drop potong sama dengan gerakan smash potong dengan kekuatan yang jauh berkurang. Sehingga laju terbang shuttlecock jatuh agak lebih jauh lebih lambat, tetapi lebih cepat dan shuttlecock jatuh agak lebih jauh melampaui net dari pada pukulan drop penuh. Drop potong dari atas teaot pula dilakukan dalam permainan tunggal, yaitu untuk mengembalikan lob mendalam dari lawan. Sebab, meskipun jatuhnya shuttlecock agak jauh pada net di lapangan lawan, hindari dari sambaran di depan net. Ketika shuttlecock di depan net, paling tepat anda pukul dengan drop potong dari atas, shuttlecock yang terpukul dengan tebasan akan bergerak atau terbang dengan memutar sehingga lawan sulit mengembalikannya dengan tepat.

b. Drop dari bawah

Lawan pasti berusaha agar shuttlecock di depan net dapat anda ambil dari atas. Bahkan ia pasti menginginkan shuttlecocknya tak dapat anda jangkau, sedangkan anda sendiri pada saat tak ada kesempatan lagi mengambil shuttlecock lawan di depan net itu dari atas, pasti saj atak boleh berputus asa membiarkan shuttlecock itu jatuh di lapangan anda. Shuttlecock yang meluncur tajam di dekat net dan nyaris jatuh ke lantai, masih dapat anda usahakan mengembalikannya dari bawah. Hanya pada detik akhir, shuttlecock tidak dipukul sekuat tenaga, melainkan dilambungkan pelan nyaris menyentuh net dan jatuh di lapangan secara pelan nyaris menyentuh net dan jatuh di lapangan lawan dekat net. Pukulan drop dari bawah ini terutama juga mengandakan keterampilan gerak pergelangan tangan dan keseimbangan badan yang terjaga.

Drop dari bawah hanya tepat digunakan pada permainan net. Drop dari bawah digunakan pada saat lawan berada di bagian belakang lapangan atau pada saat lawan menduga bahwa anda akan mengambil shuttlecock di depan itu dari lawan dengan lob tinggi dan dalam sehingga ia cepat-cepat lari mundur ke belakang. Pada saat itulah anda mendrop shuttlecock dari bawah sehingga ia terkecoh dan tak dapat mengejar shuttlecock. 

5. Smash

Pukulan smash adalah pukulan yang dilakukan, paling cepat dan sekeras-kerasnya, menukik dan masuk lapangan lawan. 

Pukulan smash hampir sama dengan pukulan lob, perbedaannya adalah pada pukulan lob shuttlecocok dipukul keatas, sedangkan pada pukulan smash shuttlecock dipukul tajam ke bawah dengan kecepatan yang lebih keras.

Baca Juga: Teknik dan Macam-macam Smash Dalam Sepaktakraw

Jika pukula lain digunakan untuk memancing lawan, merusak atau mengacaukan posisi lawan atau membuka daerah daerah permainan lawan maka pukulan smash ditujukan untuk menjatuhkan shuttlecock sekeras-kerasnya ke bidang permainan lawan. Oleh karena itu, betapa pun kemamouannya seseorang melakukan berbagai pukulan maka tidak akan sempurna bila tidak dilengkapi dengan pukulan smash yang baik.

Ada beberapa pukulan smash yaitu;

a. Smash penuh

Smash penuh ini dilakukan dengan daun raket seluruhnya, dan smash penuh memiliki kekuatan yang penuh tetapi biasanya shuttlecock menjadi kurang terarah. Smash penuh pada umumnya harus sepanjang garis atau tertuju penuh ke badan lawan. Smash penuh dilakukan dengan sekuat tenaga maka akan penuh menggunakan posisi pensmash. Oleh karena itu, smash ini harus dapat mematikan lawan.

b. Smash potong

Smash ini kurang keras jika dibandingkan dengan smash penuh, tetapi shuttlecock lebih tajam dan lebih terarah. Pada umumnya smash potong yang dilakukan secara menyilang sebagai smash silang atau cross smash. Jika akan mensmash dari lini belakang maka akan lebih baik jika dilakukan smash potong dari pada smash penuh.

c. Around the head smash

Pada posisi tertentu lawan dapat mengembalikan smash dengan pukulan lob ke posisi backhand, atau mengembalikan service ke arah bagian kiri lapangan. Jika anda terlambat di bawah shuttlecock dalam posisi yang baik maka smashlah shuttlecock yang meluncur di depan pundak kiri atau bahkan lebih ke kiri (bagi pegangan tangan kanan).

Mensmash di depan pundak kiri atau bahkan lebih ke kiri itulah yang disebut dengan around head smash yaitu smash dengan lengan mengitari kepala.

Gerakannya mirinhkan tubuh ke kiri dan putarlah lengan diatas kepala untuk memukul shuttlecock yang meluncur di sebelah kiri.

Around head smash sangat memerlukan keterampilan terutama keterampilan gerak pergelangan tangan dan keseimbangan badan untuk menjaga posisi agar bisa tetap berdiri dengan tegak dan tidak sempoyongan.

d. Backhand smash

Tidak semua smash harus dilakukan dengan forehand, tapi dapat dilakukan dengan backhand smash, yaitu smash yang dilakukan dari sebelah kiri. Backhand smash mengutamakan gerak keterampilan pergelangan tangan, shuttlecock yang terlanjur melewati posisi amda juga dapat dipukul dengan backhand smash, untuik membackhand dengan tepat diperlukan pergelangan yang kuat dan mantap.

Backhand smash ini biasanya paling tepat untuk menyambar shuttlecock yang meluncur tanggung di dekat net, itu mudah dimatikan dengan cukup menggunakan keterampilan pergelangan tangan yang cepat, dan tidak perlu memukulnya dengan sekuat tenaga.

Baca Juga: Tugas dan Fungsi Wasit Dalam Sepakbola

Macam-macam Pukulan Dalam Bulutangkis Lengkap Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ikbal H

3 komentar:

  1. wahhhhhhhhhhhhhh
    lengkap banget pengertiannya

    ReplyDelete
  2. aku kalau mau cari artikel tentang olah raga disini aja ahhhhhhhhh
    soalnya komplit dan lengkap juga

    ReplyDelete