Penjaskesrek

Blog ini Berisi Informasi Seputar Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan yang Cocok untuk Semua Kalangan.

Teknik Mendribble Bola Dalam Sepak Bola

Mendrible atau biasa juga disebut menggiring bola merupakan salah satu teknik dasar dalam permainan sepak bola. Mendrible adalah membawa bola dalam kontrol sambil berlari, bola tetap berada dalam kontrol (bola berada didepan kaki) atau dalam penguasaan untuk dimainkan.

Pemain-pemain hebat seperti Lionel Messi dan C. Ronaldo dikenal sebagai pemain yang memiliki kemampuan driblle diatas rata-rata, kemampuan itu ditunjang oleh kecepatan serta penguasaan bola yang baik. Berikut ini sedikit info buat kawan-kawanku yang ingin mempelajari teknik dribble yang baik dan benar.

Dribble Bola

1. Prinsip Teknik Mendrible Bola

  1. Bola harus tetap dalam penguasaan, untuk itu dibutuhkan kecakapan mengontrol bola. Kecakapan menggiring bola. Kecakapan mendrible bola adalah jumlah dari pada kecepatan mengontrol bola di daerah yang terbatas dengan langkah terbatas pula diwaktu pemain sedang berlari, berhenti, berputar dan sebagainya.
  2. Menggiring bola dengan kedua kaki dengan segala cara, untuk melindungi bola supaya tidak direbut oleh pemain lawan.
  3. Peranan kaki pada bola agar mata dapat digunakan untuk melihat posisi teman ataupun posisi lawan.
  4. Sanggup merubah arah dan kecepatan dribbling secara tiba-tiba (changing speed and direction).

 2. Bermacam-macam Cara Mendrible Bola

  1. Dengan kaki bagian dalam; Menggiring bola dengan kaki bagian dalam baik sekali karena bagian kaki yang menyentuh bola cukup luas daerahnya, tetapi dengan cara demikian itu tidak dapat membawa bola dengan cepat karena posisi kaki tidak memungkinkan, oleh sebab itu cara ini jarang digunakan bagi pemain yang sudah matang kecuali kalau dalam keadaan terjepit atau terpaksa, karena dengan cara demikian mudah sekali ditahui oleh lawan.
  2. Dengan kura-kura kaki bagian dalam; Menggiring bola dengan cara ini hanya dipergunakan ketika menggiring bola membelok dan merubah arah.
  3. Dengan kura-kura kaki; Menggiring bola dengan menggunakan kura-kura kaki seperti bagian kaki yang bersentuhan dengan bola daerahnya, tetapi dengan cara ini pemain dapat menggiring bola dengan lebih cepat. Cara ini dapat dipergunakan jika didepan ada daerah yang cukup luas dan jaraknya cukup jauh.
  4. Dengan kura-kura kaki bagian luar; Cara ini adalah yang terbaik yang sering dipergunakan dalam pertandingan karena beberapa keuntungan seperti bagian kaki yang bersentuhan dengan bola cukup luas, cepat bergerak ke depan karena sikap kaki sejalan dengan sikap ketika sedang berlari biasa, dapat melindungi bola dengan baik, serta dapat mengumpan bola dengan tiba-tiba karena dengan cara ini telah siap memberikan bola tersebut.

3. Metode Mengajar Teknik Menggiring 

  1. Menggiring bola dengan kedua kaki, usahakan agar setiap langkah dapat menyentuh bola. Pada umumnya pemain berlari dengan pelan.
  2. Menggiring bola dengan berbagai bentuk formasi (lingkaran, lurus, lapangan dan sebagainya).
  3. Menggiring bola dengan tempo yang berubah-ubah. Contohnya seperti gambar berikut ini.
  4. Dribble
    Tempo Dribble
  5. Menggiring bola berliku-liku melalui tiang dengan jarak 3-5 meter.
  6. Menggiring bola dengan gerak tipu; a.) melewati tingkaran atau balol, b.) dengan aba-aba merubah arah, c.) bermain pada lapangan kecil.
  7. Menggiring bola yang dihubungkan dengan bagian teknik bola lainnya (complex exercise). Misalnya menggiring bola kontrol dan kemudian menembak ke gawang.
  8. Untuk melatih pemain agar tidak selalu melihat bola, dilakukan latihan menggiring bola dengan aba-aba penglihatan. Pada waktu menggiring bola, pemain melihat pelatih dan pelatih memberi petunjuk arah. Contohnya; pemain nomor satu lari pulang pergi pada jarak tertentu dan juara mendapat nilai satu. Bentuk estafet, dimana kelompok A dan kelompok B bekerja sama.

4. Manfaat Menguasai Teknik Dribble

  1.  Untuk melewati lawan.
  2. Untuk mencari kesempatan memberi kawan membuka posisi.
  3. Untuk menahan bola suapaya tetap dalam penguasaan (taktik memperlambat permainan).
Itulah sedikit informasi yang bisa kami bagikan untuk teman-teman sekalian, menguasai teknik drible memang bukanlah jaminan bisa memenangkan pertandingan dengan mudah, karena untuk menggapai itu semua dibutuhkan juga kerjasama, taktik permainan dan lainnya. Namun peranan drible untuk pemain memang sangat dibutuhkan.

Semoga Bermanfaat.

Teknik Mendribble Bola Dalam Sepak Bola Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ikbal H

0 komentar:

Post a Comment