Penjaskesrek

Blog ini Berisi Informasi Seputar Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan yang Cocok untuk Semua Kalangan.

4 Variasi Servis Dalam Tenis Meja yang Wajib Anda Coba

Berbicara mengenai tenis meja memang tak ada habisnya, dalam permainan tenis meja kita kenal beberapa teknik dasar pukulan, salah satunya adalah servis. Servis sebagaimana telah kita ketahui bersama merupakan pukulan awal yang dilakukan untuk memulai sebuah permainan, dalam prakteknya servis merupakan salah satu pukulan yang sangat penting karena akan menentukan pukulan-pukulan berikutnya, kalau pukulan servis awalnya buruk maka bisa ditebak lawan akan dengan mudah mengembalikan dan mencetak poin, begitupun sebaliknya.

Servis Tenis Meja
Untuk melakukan servis yang baik tentu saja tidak hanya dengan memukul bola melewati net dan menyeberang ke wilayah permainan lawan, namun ada beberapa variasi yang bisa anda coba lakukan agar servis anda menjadi lebih variatif dan juga tidak mudah dibaca oleh lawan, kalau servisnya itu-itu saja dan tidak ada perubahan tentu akan mudah dibaca oleh lawan kan. Nah kali ini kami akan memberikan 3 macam variasi saat melakukan servis yang bisa anda praktekkan saat bermain ataupun bertanding, berikut ulasannya, cekidot.

1. Variasi Dalam Efek

Apabila anda akan melakukan servis dengan forehand atau backhand semuanya berputar pada pergelangan tangan. Hal yang harus dilakukan adalah percepatan saat menyentuh bola agar benar dapat memberi efek yang banyak. Ayunan pendek pergelangan tangan akan menyamarkan gerakan anda dengan baik karena memberikan efek dengan seluruh lengan tidak akan ada hasilnya, hal ini karena lawan akan segera melihatnya. Dengan ayunan pendek anda dapat memainkan topspin backspin, sidespin, dengan kombinasi-kombinasinya. Kalau lawan anda dapat menerka penyamaran tersebut maka ia akan dapat menyesuaikan posisi bet. Lakukanlah servis sidespin dengan backhand yang biasanya anda bergerak dari kiri ke kanan sehingga lawan akan lebih sulit untuk mencari posisi bet yang tepat dengan forehand dari pada dengan backhand. Servis backspin yang anda lakukan dengan backhand akan menempatkan bola pada sisi kanan meja.

Jadi, untuk mengatasinya ia harus mengembalikan bola ke kiri, ke arah backhand anda karena lebih mudah ia akan melakukannya dengan backhand dari pada dengan forehand.

2. Variasi dalam Panjang dan Kecepatan

Panjang dan kecepatan digabungkan menjadi satu karena keduanya sangat erat berhubungan, servis pendek tidak bisa keras dan servis panjang tidak mungkin perlahan. Suatu servis yang ditempatkan tepat di belakang net dengan sendirinya tidak terlalu tinggi, ini akan menghambat lawan untuk menyerang meskipun demikian pukulan ini dapat dikembalikan dengan pendek pula sehingga anda yang akan mendapatkan kesulitan. Untuk pukulan panjang tidak dapat dikembalikan pendek maka anda mendapat ruang atau kesempatan untuk menyerang, tetapi apabila lawan tidak secara langsung menyerang servis panjang itu. Hal ini dapat sedikit diatasi dengan melakukan servis panjang, tetapi dalam kecepatan tinggi. Untuk pemain pemula dengan servis yang panjang dan keras merupakan cara yang baik untuk langsung beralih pada serangan.

Para pemain tingkat nasional maupun internasional kebanyakan melakukan servis pendek meskipun demikian variasi tetap tidak ditinggalkan.

3. Variasi Dalam Tempat

Variasi dalam tempat saat melakukan servis dilakukan karena biasanya serangan forehand lebih kuat dari pada serangan backhand. Agar supaya setelah melakukan servis dapat melakukan forehand dengan mudah, sebaliknya melakukan servis dari sudut bakchand. Untuk melakukan servis forehand harus berputar ke sisi backhand, pemindahan tempat ini merupakan suatu footwork

4. Variasi dalam Servis Forehand dan Backhand

Pada dasarnya dalam perminan tenis meja servis ada dua macam, yaitu servis forehand dan servis backhand. Untuk servis forehand dengan segala variasinya dapat lebih mudah dipelajari dan dikuasai. Akan tetapi untuk servis panjang yang keras dan sederhana lebih baik menggunakan backhand secara diagonal.

Apakah anda akan melakukan servis dan sikap anda dapat dibaca lawan maka anda harus mengambil keputusan servis apa yang akan anda mainkan, berarti ada kemungkinan gerakan untuk menyamarkan atau mengelabui lawan akan hilang. Oleh sebab itu, anda harus dapat memainkan bermacam-macam variasi servis.

Ketika melakukan backhand servis tungkai kanan berada di depan, tubuh bagian atas seolah-olah menggantung di atas bola, bet ditempatkan di bawah ketiak kiri. Dari posisi ini anda harus dapat melakukan servis pendek atau servis panjang.

Pada waktu melakukan servis pendek harus dimainkan dengan di-kap atau bet lewat di bawah bola. Servis pendek juga dapat dilakukan dengan tanpa di-kap, yaitu pada saat mengena bet, bola tegak lurus.

Servis panjang dapat keras dan tanpa efek atau kurang keras dan dengan banyak sidespin. Dengan demikian anda harus dapat memainkan semua servis ini, yaitu ke arah forehand, ke arah tengah maupun ke arah backhand.

Dalam suatu pertandingan anda harus dapat mengetahui bagaimana teknik dan mutu permainan yang dimilki oleh lawan. Dengan demikian anda akan dapat menentukan di antara variasi-variasi servis itu, mana yang akan digunakan dan mana yang tidak akan digunakan.

Terima kasih dan Semoga bermanafaat.

4 Variasi Servis Dalam Tenis Meja yang Wajib Anda Coba Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ikbal H

0 komentar:

Post a Comment