Penjaskesrek

Blog ini Berisi Informasi Seputar Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan yang Cocok untuk Semua Kalangan.

Cara Melakukan Pukulan Chop Dalam Tenis Meja

Sebagaimana yang telah kami bahas sebelumnya, dalam tenis meja kita mengenal beberapa teknik dasar pukulan yang harus dikuasai jika ingin menjadi pemain ataupun atlet tenis meja yang handal.Pukulan dalam tenis meja secara umum bisa kita artikan sebagai usaha tertentu yang dilakukan untuk membuat bola melewati net dan menyeberang ke bidang permainan lawan. Cara tersebut (pukulan) tentu saja memiliki banyak sekali macamnya. Bermain tenis meja memang secara sekilas terlihat mudah, namun apabila sudah masuk ke tingkatan yang lebih tinggi dalam hal ini untuk pemain tenis meja lanjutan, maka akan kita kenal banyak sekali teknik pukulan yang bisa teman-teman gunakan untuk memenangkan permainan.

Pukulan Chop

Salah satu pukulan yang terkenal dalam permainan tenis meja adalah pukulan chop. Tahukah teman-temanku sekalian apa yang dimaksud dengan pukulan tersebut ? belum tahu kan, nah untuk kita bahas dulu mengenai defenisi dari pukulan chop. Pukulan chop merupakan pukulan yang hanya ada dalam permainan tenis meja saja, pukulan ini merupakan pukulan yang dilakukan dengan cara memposisikan bet menyerupai kapak saat menebang pohon, olehnya itu pukulan ini juga disebut sebagai pukulan membacok. 

Cara Melakukan Pukulan Chop

Pada pukulan chop yang normal, sudut ataupun kemiringan rata-rata bet adalah 45 derajat, posisi bet terbuka dengan gerakan miring dari atas ke bawah. Pukulan chop ini bisa anda lakukan untuk mengembalikan bola yang bermacam-macam putaran, seperti backspin, topspin, dan sidespin. Chop ini sendiri dapat dilakukan diatas meja maupun diluar meja. Chop yang dilakukan diatas meja mirip dengan pukulah push, perbedaannya terletak pada gerakan horizontal sedangkan dalam chop gerakannya diagonal dari atas ke bawah (yang normal akan membentuk sudut 45 derajat). 

Sedangkan chop diluar meja biasanya disebut dengan defensive stroke (pukulan bertahan), khususnya untuk menerima bola-bola spin dari lawan.

Forehand Chop

Dalam tenis meja, pukulan chop dibagi menjadi dua, pertama adalah pukulan forehand chop. Cara melakukan forehand chop ini adalah:
  1. Bet dipegang kira-kira setinggi bahu anda, bahu kiri berada di depan.
  2. Untuk berat badan sendiri terfokus pada kaki belakang.
  3. Bet digerakkan memotong ke arah bawah seperti gerakan membacok, perkenaan bola pada saat pantulan late sedangkan sudut bet saat perkenaan terbuka.
  4. Tangan yang memegang bet hampir lurus dan rendah, bersamaan dengan itu berat badan dipindahkan ke kaki bagian depan.

Backhand Chop

Jenis chop yang kedua adalah backhand chop, backhand ini mirip dengan yang pertama tadi, namun chop jenis ini menggunakan sisi bagian belakang bet. Adapun cara melakukan chop ini adalah sebagai berikut:
  1. Dengan sikap bet terbuka, gerakan backhand chop dimulai dengan ketinggian antara bahu dengan pinggang, sedangkan berat badan pada pukulan ini sama dengan pukulan forehand, yaitu kaki bagian belakang.
  2. Perkenaan bet dengan bola pada saat pantulan late, lutut dibengkokkan sambil memindahkan berat badan ke kaki bagian depan.
  3. Sambil meluruskan lengan pemegang bet, berat badan sudah harus pindah ke depan.
Nah itulah tadi beberapa penjelasan mengenai pukula chop dalam tenis meja. Untuk menguasai pukulan ini memang tidaklah mudah, jika benar-benar ingin menguasai pukulan ini maka lakukanlah latihan secara berulang-ulang dan konsisten. Mudah-mudahan dengan adanya tulisan kami ini bisa memberikan manfaat bagi teman-teman yang ingin menguasai pukulan dalam tenis meja, khususnya pukulan chop ini. Terima Kasih.

Cara Melakukan Pukulan Chop Dalam Tenis Meja Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ikbal H

0 komentar:

Post a Comment