Penjaskesrek

Blog ini Berisi Informasi Seputar Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan yang Cocok untuk Semua Kalangan.

Cara Menerima Servis Tenis Meja yang Benar

Di dalam permainan tenis meja masalah teknik melakukan servis dan menerima servis mempunyai peranan yang samagt penting pada waktu pertandingan. Oleh karena pada waktu pertandingan anda akan melakukan servis dan juga menerima servis dari lawan. Servis merupakan model atau kesempatan pertama untuk mendapatkan angka, demikian juga waktu menerima servis (recieve) yang dilakukan oleh lawan. Oleh sebab itu, anda harus berusaha untuk dapat mengembalikan bola sebaik-baiknya dari servis yang dilakukan lawan pada waktu bertanding.

Menerima Servis Lawan

Tujuan utama dalam menerima servis dari lawan adalah menyerang, tetapi hal ini tidak selalu mudah untuk dilakukan. Oleh karena itu, hendaknya anda harus dapat membaca servis apakah yang akan dimainkan lawan atau anda harus dapat mengamati secara teliti pada waktu akan melakukan servis.

Ada beberapa hal yang harus anda perhatikan sebelum menerima servis yang dilakukan oleh lawan, yaitu:

  1. Perhatikan gerakan servis yang dilakukan oleh lawan.
  2. Perhatikan bagaimana sudut bet lawan, pada waktu mengadakan sentuhan dengan bola. Oleh karena apabila anda dapat mengetahui besarnya sudut bet lawan maka anda akan dapat mengetahui jenis spin yang akan diterima.
  3. Perhatikan baik-baik bola lawan pada waktu memantul di mejanya dan juga pada waktu mulai menuju ke arah anda.
  4. Perhatikan jalannya bola lawan agar dapat mengetahui jenis servis yang dilakukan lawan, misalnya apakah servis pendek, servis medium, atau servis panjang. Dengan demikian anda juga harus dapat mengoreksi dari keputusan yang anda ambil.
  5. Perhatikan apakah lawan anda membuat gerak tipu dengan memperhatikan keadan setelah bet menyentuh bola.
Dari hal-hal yang harus anda perhatikan dan harus anda ketahui seperti diatas maka anda harus banyak berlatih atau setidak-tidaknya dapat menguasai berbagai macam cara agar mengatasi servis lawan yang banyak variasi dan bermacam-macam itu.

Oleh karena setiap servis tidak mungkin selalu dapat diserang maka itu anda harus mampu mengembalikan servis lawan dengan terkontrol dan sambil mencari kesempatan untuk menyerang pada saat yang memungkinkan. Pada waktu menerima servis, anda harus mencari saat-saat yang baik dari kelemahan lawan. Pergunakanlah kesempatan untuk menyudutkan lawan dengan jalan memukul bola yang jauh dari posisinya atau sebaliknya, yaitu sedekat mungkin dengan tubuhnya. Dengan cara demikian setidak-tidaknya sudah mengurangi kesempatan lawan untuk melakukan serangan. Perhatiknlah baik-baik seluruh bagian meja lawan, dengan mempertimbangkan berbagai sudut jatuhnya bola. Jangan sekali-kali anda memberi kesempatan lawan untuk menyerang setelah ia selesai melakukan servis, dan jangan sampai terjadi anda hanya bertahan saja tanpa melakukan serangan.

Pengembalian Pukulan (Rally)

Setelah servis diterima lawan, dan tidak langsung menghasilkan angka maka akan terjadi saling mengembalikan pukulan yang biasa disebut dengan rally. Rally sebenarnya adalah pengembalian terhadap jenis pukulan lawan. Jenis pukulan bola kosong tidak sulit untuk dikembalikan, tetapi pukulan-pukulan yang diberi putaran (spin), sedikit memerlukan pengamatan dalam cara pengembaliannya. Beberapa contoh pengembalian bola spin, yaitu:

1. Pengembalian Bola Topspin

Lentingan bola topspin keras dan berputar ke atas, harus anda kembalikan dengan blok atau backspin. Makin kers bola topspin makin menutup posisi bet untuk memblocknya. Apabila anda menggunakan pukulan backspin atau cut defence berarti anda mengikuti putaran bola topspin dengan menggeseknya ke bawah. Makin keras putaran bola, makin keras pula anda menggesek bola ke bawah, hal ini dilakukan agar putaran bola terhapus.

2. Pengembalian Bola Backspin

Pukulan bola backspin setelah jatuh di meja akan meluncur rendah, hingga apabila anda melakukan pukulan block biasa bola akan segera turun dan tak dapat melewati net maka posisi bet untuk pukulan block sedikit terbuka. Makin kuat pukulan bola backspin dari lawan, makin kuat pula anda memberikan sentuhan terhadap bola dengan posisi bet lebih terbuka lagi, seolah-olah seperti menyendok. Putaran bola backspin dapat dihapus dengan melanjutkan putarannya seperti cara memukul bola dengan apapun. Makin kuat bola backspin dari lawan, makin kuat pula anda melakukan tarikan bet ke atas. 

3. Pengembalian Bola Sidespin

Apabila lawan memukul bola dari kanan ke kiri akan menghasilkan sidespin kiri. Bola tersebut akan jatuh di luar meja lawan sebelah kiri apabila anda dengan mengembalikannya dengan block ke depan biasa. Cara pengembalian yang tepat ialah dengan cara menekan bola tersebut dengan arah yang biasa berlawanan dan posisi bet miring/menyudut dengan arah gerakan lawan.

Cara Menerima Servis Tenis Meja yang Benar Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ikbal H

0 komentar:

Post a Comment