Penjaskesrek

Blog ini Berisi Informasi Seputar Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan yang Cocok untuk Semua Kalangan.

Macam-macam Pukulan Spin Dalam Tenis Meja

Halo kawan, ketemu lagi kita dalam pembahasan mengenai tenis meja, setelah membahas beberapa pukulan dalam tenis meja pada postingan-postingan sebelumnya, kali ini kita akan membahas salah satu pukulan terkenal dalam tenis meja yaitu pukulan spin (bola putar). Kalian pasti kewalahan dalam menghadapi pukulan spin dari lawan kalian saat bermain tenis meja, hal ini disebabkan karena pukulan ini sangatlah liar bola yang dihasilkannya.

Topspin Tenis Meja

Namun, kalian tidak usah khawatir lagi, karena kali ini kami akan menjelaskan mengenai beberapa pukulan spin serta cara melakukannya, jadi bukan hanya lawan anda yang bisa melakukan pukulan spin, anda juga bisa membalas dan memberikan pukulan spin terbaik anda. Hehehe

Pukulan Spin merupakan pukulan yang harus anda kuasai jika serius ingin menjadi pemain tenis meja yang hebat. Karena setiap perkenaan bet dan bola akan menghasilkan efek bola yang berbeda pula, nah untuk itu menjadi sangat penting untuk menguasai teknik pukulan ini karena punya bermacam-macam jenis yang tentu saja berbeda dalam pelaksanaannya. 

Berikut ini beberapa macam pukulan spin beserta cara melakukannya:

Topspin

Topspin merupakan hasil pukulan bet terhadap bola yang mengasilkan putaran bola ke depan, pukulan ini dilakukan pada bagian sedikit di atas garis rendah bola. Pada waktu permukaan bet menyentuh bola gerakan ke atas lebih besar dari pada gerakan ke depan. Bola akan bergerak ke depan dengan putaran (spin) ke atas dan apabila jatuh di meja akan melenting tinggi.

Teknik perkenalan topspin mirip dengan mirip dengan pukulan drive biasa, tetapi pada pukulan topspin selain dibantu dengan backswing yang lebih, juga menggunakan pergelangan tangan, sehingga hasil putaran terhadap bola lebih banyak dari drive biasa. Karena teknik pukulan ini merupakan teknik lanjutan dari drive biasa sehingga sering juga disebut dengan topspin drive.

Pukulan topspin dapat digunakan untuk melawan teknik-teknik pukulan pukulan yang bermacam-macam antara lain: topsin melawan chop, topspin defense, topspin with side spin, dan topspin melawan block.

Cara melakukan pukulan topspin adalah sebagai berikut:
  1. Bet dipegang kira-kira setinggi meja, pinggang kanan sehingga bahu kanan lebih jauh dari net. Sikap net tertutup.
  2. Bet digerakkan ke depan atas memukul bola sepanjang permukaan atas bola. Bola dipukul pada pantulan tertinggi.
  3. Sikap akhir dari pukulan ini adalah pinggang dan bahu diputar sesuai dengan arah bet, dengan berat badan dipindahkan ke depan.
Cara melakukan topspin yang jauh dari meja bisa dengan cara:
  1. Gerakan dimulai dengan bet dipegang di bawah ketinggian meja (mendekati lantai) berat badan pada kaki belakang.
  2. Bet digerakkan ke atas depan. Perkenaan dilakukan pada pantulan pike atau sedikit late.
  3. Gerak lengan dilanjutkan ke atas depan kepala setelah perkenaan.

Backspin

Pukulan backspin adalah kebalikan dari pukulan topspin, yaitu bola dipukul pada bagian sedikit dibawah garis tengah bola. Pada waktu bola menyentuh bet, gerakan ke bawah lebih besar dari pada gerakan ke depan sehingga akan menghasilkan putaran bola ke arah bawah atau ke arah dalam dan jalannya bola agak rendah serta lambat. Bola akan memantul di lapangan lawan dengan lentingan yang rendah, tajam ke muka sambil meluncur. Apabila gerakan memukulnya dipotong akan terjadi chop.

Cara melakukan pukulan backspin adalah:
  1. Bet dipegang setinggi meja.
  2. Bola dipukul pada pantulan tertinggi dengan sikap bet tertutup menyikat permukaan atas bola.
  3. Lengan hampir lurus, dengan menggerakkan pergelangan tangan.
Cara melakukan pukulan backspin jauh dari meja:
  1. Lutut bengkok sampai posisi half square. Bet dipegang mendekati lantai (di bawah ketinggian meja).
  2. Lengan digerakkan ke atas depan. Perkenaan bola antara late dengan peak.
  3. Berat badan dipindahkan ke depan, lengan hampir lurus.

Sidespin

Pada dasarnya pukulan bola sidespin sama halnya dengan pukulan bola topspin maupun pukulan bola bakcspin. Dalam pukulan ini perbedaannya terletak pada perkenaan bet dengan bola. Untuk pukulan sidespin bola dipukul pada sisi samping dengan gerakan ke samping lebih besar dari pada pukulan ke depan. Bola sidespin biasanya banyak digunakan pada waktu melakukan servis. Ada dua macam pukulan sidespin, yaitu pukulan sidespin ke kanan dan pukulan sidespin ke kiri.

Itulah sedikit informasi mengenai pukulan-pukulan spin dalam tenis meja, mudah-mudahan memberikan manfaat bagi teman-teman yang ingin belajar menjadi pemain tenis meja yang baik. Terima kasih.

Macam-macam Pukulan Spin Dalam Tenis Meja Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ikbal H

0 komentar:

Post a Comment