Penjaskesrek

Blog ini Berisi Informasi Seputar Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan yang Cocok untuk Semua Kalangan.

Macam-macam Smash Dalam Bulutangkis

Smash menjadi salah satu pukulan andalan dalam permainan bulutangkis. Pukulan smash adalah pukulan yang dilakukan paling cepat dan sekeras-keranya, menukik dan masuk lapangan lawan. Pukulan smash hampir sama dengan dengan pukulan lob. Perbedaannya terletak pada pukulan lob shuttlecock dipukul keatas, sedangkan pada pukulan smash shuttlecock dipukul tajam ke bawah dengan kecepatan yang lebih keras.

Smash Bulutangkis

Jika pukulan lain digunakan untuk memancing lawan, merusak atau mengacaukan posisi lawan ataupun bahkan membuka daerah permainan lawan maka pukulan smash ditujukan untuk menjatuhkan shuttlecock sekeras-kerasnya ke bidang permainan lawan. Oleh karena itu, betapapun kemampuannya seseorang melakukan berbagai pukulan tidak akan sempurna bila tidak dilengkapi dengan pukulan smash yang baik.

Dalam bulutangkis, ada 4 macam pukulan smash, yaitu:

1. Smash Penuh

Smash penuh ini dilakukan dengan daun raket seluruhnya, dan smash penuh memiliki kekuatan maksmimal tetapi biasanya shuttlecock menjadi kurang terarah (akurat). Smash penuh pada umumnya harus sepanjang garis tertuju penuh badan lawan. Smash penuh dilakukan dengan sekuat tenaga maka akan penuh menggunakan posisi pensmash. Oleh karena itu, smash ini harus dapat mematikan lawan. 

2. Smash Potong

Smash ini kurang keras jika dibandingkan dengan smash penuh, tetapi shuttlecock lebih tajam dan lebih terarah. Pada umumnya smash potong dilakukan secara menyilang sebagai smash silang atau cross smash. Jika akan mensmash dari lini belakang maka lebih baik jika dilakukan smash potong dari pada smahs penuh.

3. Smash the Head Smash

Pada posisi tertentu lawan dapat mengembalikan smash dengan pukulan lob ke posisi backhand, atau mengembalikan service kearah bagian kiri lapangan. Jika anda terlambat dibawah shuttlecock dalam posisi yang baik maka smashlah shuttlecock yang meluncur di depan pundak kiri atau bahkan lebih ke kiri (bagi pegangan tangan kanan).

Mensmash di depan pundak kiri atau bahkan lebih kiri itulah yang disebut around the head smash yaitu smash dengan lengan memutar mengitari atas kepala.

Gerakannya: miringkan badan ke kiri dan putarlah lengan diatas kepala untuk memukul shuttlecock meluncur di sebelah kiri.

Around the head smash sangat memerlukan keterampilan terutama keterampilan pergelangan tangan dab keseimbangan badan untuk menjaga posisi agar bisa tetap berdiri tegak dan tidak sempoyongan.

4. Backhand Smash

Sebenarnya tidak semua smash harus dilakukan dengan forehand, tetapi dapat juga dilakukan dengan backhand smash, yaitu smash yang dilakukan dari sebelah kiri. Backhand smash mengutamakan gerak keterampilan pergelangan tangan, shuttlecock terlanjur melewati posisi anda juga dapat dipukul dengan backhand smash, untuk membackhand dengan tepat diperlukan pergelangan yang kuat dan mantap.

Backhand smash ini biasanya paling tepat untuk menyambar shuttlecock yang melucnur tanggung di dekat net, itu mudah dimatikan dengan cukup menggunakan keterampilan pergelangan tangan yang cepat, dan tidak perlu memukulnya dengan sekuat tenaga.

Dalam permainan, pukulan smash penuh tidak selalu dapat mematikan lawan. Seringkali pukulan setengah smash yang dilakukan pada saat yang tepat dan terarah lebih berhasil mematikan permaian lawan. Pukulan setengah smash seringkali sangat efektif, digunakan untuk mengacaukan tempo permaian. Pukulan setengah smash akan menghasilkan kecepatan shuttlecock yang sulit untuk dikontrol.

Pukulan smash setengah adalah cara yang sangat efektif untuk menempatkan shuttlecock pada suatu titik tertentu yang berada di luar kekuasaan lawan. Cara melakukannya hampir sama dengan smash penuh hanya pada saat shuttlecock akan menyentuh daun raket, shuttlecock sedikit agak dipotong. Fungsi pergelangan tangan dapat menentukan dalam melakukan smash setengah. Dengan putaran atau lekukan di pergelangan tangan anda akan mendapatkan arah shuttlecock yang melengkung sehingga jarak pukulan menjadi pendek dan sulit untuk keluar di garis belakang.

Macam-macam Smash Dalam Bulutangkis Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ikbal H

0 komentar:

Post a Comment