Penjaskesrek

Blog ini Berisi Informasi Seputar Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan yang Cocok untuk Semua Kalangan.

Pengertian Yoga dan Manfaatnya

Dewasa ini yoga menjadi alternatif olahraga yang banyak dilakukan oleh para publik figure, gerakan-gerakan yoga dianggap bisa memberikan efek ketenangan ditengah rutinitas yang sibuk. Salah satu faktor yang menyebabkan yoga digemari adalah karena olahraga ini mudah dilakukan dimana saja, bisa di rumah, kantor, halaman dll. Namun tahukah kita apakah yoga itu ? aoa saja manfaatnya bagi tubuh kita ? berikut ini kami akan bagikan sedikit informasinya, Cekidott 

Yoga berarti penggabungan atau penyatuan. Konsep yoga tentang cara kerja tubuh dan fikiran adalah bahwa baik mekanisme homoestatis yang mempunyai kontribusi terhadap keseimbangan, fungsi penggabungan, dan masing-masing manusia memiliki kekuatan beradaptasi yang sudah menjadi sifat manusia itu sendiri. (Homoestatis mengacu pada pemeliharaan tahap yang mantap). Yoga menganggap manusia sebagai kesatuan dan tidak dibagi menjadi bagian-bagian. Yoga menyediakan cara dan alat untuk membantu tubuh dan fikiran anda dalam mempertahankan keseimbangan yang tetap, atau untuk memperolehnya kembali jika keseimbangan tersebut terganggu.

Yoga

Anda mungkin menganggap bahwa yoga sebagai paket yang berguna, mencakup latihan untuk mengurangi stres dengan efektif seperti latihan pelonggaran otot yang ringan, pernafasan, meditasi dan pelemasan. Jika anda tidak merasa nyaman dengan kata yoga, fikirkan saja yoga sebagai pendekatan yang baik terhadap kehidupan sehat dan harmonis. Selain itu pertimbangkanlah bahwa banyak orang barat (bahkan di Indonesia) yang mempraktekkan seni beladiri Jepang tanpa harus menjadi penganut Budha.

Hatha Yoga mencakup latihan fisik yang ringan, yang mengikutsertakan setiap sendi pada tubuh dalam gerakan memperkuat, melonggarkan dan menyeimbangkan setiap bagian tubuh dengan sepenuhnya. Pelaksanaan dari latihan ini membutuhkan pemusatan yang seutuhnya terhadap apa yang telah dilakukan, sehingga latihan tersebut sudah jelas tidak mungkin mencederai diri anda sendiri. Latihan ini dilakukan dalam postur yang selaras dengan pernafasan agar otot-otot tang tengah aktif memperoleh oksigen yang cukup. Latihan ini tidak hanya mempengaruhi sendi dan otot, rapi juga organ-organ, kelenjar dan struktur tubuh lainnya, selain itu juga mengajar anda bekerja sesuai dengan kemampuan dengan cara yang tidak memaksa.

Latihan pernafasan, yang secara kolektif dikenali dengan nama pranayama, juga teknik konsentrasi, meditasi dan pelemasan, sangat efektif dalam mengalihkan perhatian dari suasana yang menganggu dan dengan demikian membantu anda untuk dapat lebih memusatkan perhatian. Hal ini menimbulkan kontrol diri yang lebih besar; suatu perasaan yang kurang anda miliki karena adanya pengaruh dari luar. Dengan mempraktekkan teknik-teknik ini juga membantu anda untuk mengumpulkan tenaga dan mengatasi rasa sakit dan bentuk stres lainnya dengan lebih efektif.

Yoga berbeda dengan tipe latihan lainnya karena yoga melibatkan manusia secara seutuhnya. Karena yoga membutuhkan kesadaran saat berlatih, tubuh dan fikiran bekerja sama untuk menciptakan keselarasan antara fisiologi dan psikologi (tubuh dan fikiran), yang pada akhirnya mengarah pada potensi penyembuhan yang maksimal.

Yoga bukanlah merupakan prakter penyembuhan yang cepat, jadi jangan mengharapkan hasil yang dramatis setelah anda mulai mempraktekkannya. Seperti tetesan air pada sebongkah batu yang pada akhirnya melubangi batu tersebut, latihan yoga yang tekun menyembuhkan dan membangun kembali jaringan tubuh yang rusak dengan cara perlahan namun mantap. Pada waktu yang bersamaa, yoga akan membantu anda untuk pulih dari pengaruh kejiwaan dari rasa sakit dan ketidakmampuan. 

Dokter dapat membatasi kerusakan yang disebabkan oleh penyakit yang disebabkan oleh kuman melalui penggunaan obat-obatan tertentu, dan operasi dapat menjahit luka atau memasang kembali tulang yang pata, tapi penyembuhan yang sebenarnya berasal dari dalam. Tubuhlah yang menggerakkan tenaga biologinya untuk merangsang perkembangbiakan jaringan (meningkatkan reproduksi diri) dan menutupi luka atau mempertautkan kembali tulang yang patah.

Latihan yoga yang teratur melatih sistem tubuha anda untuk mengumpulkan  tenaga, dan untuk mengorganisir dan menguatkan diri anda kembali dengan cara yang memungkinakn sistem tersebut berfungsi dengan lebih efektif. Yoga akan menghasilkan kondisi yang diinginkan pada kekuatan penyembuhan, yang memang merupakan sifat manusia, untuk beroperasi secara potensial. Jadi, jika penyakit tidak sembuh, tubuh anda akan memiliki sumber daya yang luas untuk menanganinya. Terapi yoga pada dasarnya adalah tindakan pencegahan dan penyembuhan. Latihan sehari-hari dapat membantu mempertahankan keseimbangan yang alami dan harmonis, dan menghasilkan kesehatan pada setiap aspek kehidupan anda.

Nah itulah informasi mengenai yoga beserta manfaatnya. Yoga bisa menjadi salah satu alternatif untuk anda lakukan ditengah rutinitas yang padat, sehingga dengan begitu bisa menjadikan anda rileks dan memperoleh ketenangan. Mudah-mudahan bermanfaat.

Pengertian Yoga dan Manfaatnya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ikbal H

0 komentar:

Post a Comment