Penjaskesrek

Blog ini Berisi Informasi Seputar Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan yang Cocok untuk Semua Kalangan.

Sikap Dasar Siap Dalam Bulutangkis

Halo teman-teman, bertemu lagi dengan kami, semoga tidak bosan yaa, hehe. Kali ini kami akan membahasa salah satu teknik dasar dalam bulutangkis yaitu sikap siap. Sikap siap yang seperti apa yang akan kita bahas kali ini ? sikap siap dalam bulutangkis sangat penting untuk dikuasai karena akan menentukan reaksi kita saat mengembalikan shuttlecock lawan. Kalau posisi siap kita salah maka akan memungkinkan lawan memperoleh poin dari kesalahan tersebut. Lantas seperti sikap siap yang baik itu ? berikut ulasannya teman, cekidot....

Sikap Siap Bulutangkis

Sebelum membahas terlalu jauh mengenai sikap dasar siap ini, ada baiknya kita memberikan pengertian terlebih dahulu mengenai sikap siap ini. Sikap siap adalah posisi atau sikap awal (permulaan) menyongsong datangnya shuttlecock dari lawan. Sikap dasar siap ini yaitu sikap bediri dalam keseimbangan labil dilakukan di tengah lapangan (centre), karena dengan sikap tersebut akan memudahkan kita untuk bereaksi bergerak secepat mungkin menuju arah shuttlecock.

Penempatan posisi kaki di tengah-tengah lapangan merupakan posisi dasar yang harus dimiliki oleh setiap pemain bulutangkis. Penguasaan posisi centre berarti penguasaan seluruh lapangan, sebab dengan menempatkan posisi kaki pada centre ini pemain berada pasa posisi menengah sehingga seluruh daerah lapangan berada pada posisi terjangkau. Sikap siap yang benar merupakan dasar keberhasilan gerakan-gerakan berikutnya, sedangkan sikap siap yang betul itu sendiri adalah suatu sikap yang memungkinkan pemain untuk mudah dan cepat melakukan gerakan-gerakan yang diperlukan. Dalam kata lain penempatan posisi kaki dan sikap tubuh berada pada posisi jangkau baik untuk bergerak ke depan, ke samping atau ke belakang. Dalam kaitan ini hal-hal berikut perlu dilakukan oleh pemain terutama bagi teman-teman yang masih pemula utamanya pada saat melakukan servis panjang. Adapun gambaran posisi sikap dasar siap tersebut dapat dijelaskan sebagai berikut:

  • Segera setelah melakukan servis panjang kedua kaki mengangkangi garis centre dengan jarak yang tidak terlalu lebar dan juga tidak terlalu rapat, cukup apabila kedua kaki sudah dirasakan mampu menopang tubuh secara kokoh dan mampu bergerak ke segala arah. Berdasarkan mekanika gerak bahwa gerak yang paling cepat didapat dari posisi dimana seluruh telapak kaki menapak diatas lantai dengan lutut agak dibengkokkan.
  • Badan sedikit dibungkukkan, juga pada pinggang dan lutut sambil kedua bola mata terarah pada shuttlecock. Sikap ini diusahakan sedemikian rupa sehingga menimbulkan sikap siap menerkam ke mana pun shuttlecock bergerak.
  • Posisi raket hendaknya tepat di muka dada dalam keadaan lurus atas sedikit demi sedikit miring ke kiri. Menjulurkan raket ke bawah dalam posisi ini hanya akan memperlambat reaksi gerakan dan tempo permainan saja.
  • Pandangan kedua mata selalu tertuju ke arah shuttlecock yang berada dalam permainan.
  • Berikut contoh gambar untuk posisi sikap siap dalam bulutangkis.
Sikap Siap Dalam Bulutangkis

Sikap Dasar Siap Dalam Bulutangkis Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ikbal H

0 komentar:

Post a Comment