Penjaskesrek

Blog ini Berisi Informasi Seputar Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan yang Cocok untuk Semua Kalangan.

Taktik Permainan Tunggal dan Ganda Dalam Bulutangkis

Taktik merupakan salah satu unsur penting yang sangat dibutuhkan oleh seseorang yang ingin memenangkan sebuah pertandingan, tanpa taktik yang jitu maka sebuah pertandingan akan sulit untuk dimenangkan, lantas seperti apa taktik yang baik itu ? berikut penjelasan mengenai takti yang yang pada permainan tunggal maupun ganda dalam permainan bulutangkis.

Persiapan strategi atau taktik dalam permainan bulutangkis baik dalam permainan tunggal maupun ganda memiliki karakteristik atau keunikan tersendiri.

Taktik Bulutangkis

1. Permainan Tunggal

Untuk nomor tunggal sendiri, salah satu kunci yang harus difahami oleh pemain adalah tipikal gaya bermain lawan, hal ini bisa diketahui dengan cara menonton video pertandingan lawan ataupun meminta masukan dari pelatih. Sekedar sebagai pedoman setidak-tidaknya ada 3 (tiga) gaya permainan yang sering muncul, yaitu;
  1. Gaya permainan yang mengutamakan unsur atau faktor kekuatan dan kecepatan.
  2. Tipe gaya bermain yang mengutamakan daya tahan (stamina) dan kerja keras.
  3. Gaya lainnya adalah tipikal permainan yang mengutamakan teknik individu dan kemampuan melakukan tipuan.
Untuk mengetahui atau menentukan batas-batas antara ketiga gaya permainan tersebut diatas maka tidaklah mudah. Ada gaya permainan atlet yang tidak dapat digolongkan ke dalam salah satu gaya permainan tersebut diatas. Ada pula atalet yang memiliki gaya permainan campuran atau kombinasi antara gaya-gaya tersebut.

Tipe gaya bermain yang mengandalkan kecepatan (speed) ataupun kekuatannya (power) bisa kita ketahui dari gaya pukulannya yang keras, pukulan keras ini dimaksudkan untuk melemahkan ataupun menggoyahkan pertahanan lawan. Namun kekuarangan dari pemain tipe seperti ini biasanya lemaha dalam permainan netting

Gaya permainan yang mengutamakan faktor daya taha dan keuletan biasanya mengandalkan pukulan-pukulan lob yang telah benar-benar dikuasai dan senjata untuk menguras atau menghabiskan tenaga lawan sehingga lawan tidak akan berdaya karena habis tenaganya. Tentunya bagi atlet yang memiliki daya tahan dan keuletan yang kurang baik tidak mengimbangi dengan pukulan yang menyerap banyak tenaga, seperti pukulan rally-rally panjang dan lama.

Gaya permainan yang mengutamakan faktor-faktor teknik dan gerak tipu biasanya memiliki kemampuan teknik dan memiliki gerak-gerak yang indah dan menarik serta sentuhan shuttlcock yang tajam. Tetapi bila kehilangan konsentrasi atau posisinya kurang menguntungkan maka pukulan-pukulannya sering gagal.

2. Permainan Ganda

Adapun dama permainan ganda, ada 3 sistem atau cara yang sering digunakan, yaitu;
  1. Sistem berdampingan (side by side);
  2. Sistem depan dan belakang (fornt and back) dan,
  3. Sistem silih berganti atau sistem anoulir, yaitu kombinasi antara sistem kesatu dan kedua (Pudjijanto, 1978:58).
Formasi berdampingan yaitu formasi dimana kedua pemain dalam posisi sejajar ini jamak digunakan oleh para pelatih untuk atlet pemula karena lebih mudah dikuasai. Dalam formasi ini lapangan dibagi menjadi dua bagian, tiap pemain mengisi satu kotak yang sudah dibatasi oleh garis lapangan.

Keuntungan dari posisi sistem itu adalah;
  • Keuntungan pertama menggunakan formasi ini adalah pemain dapat lebih mudah mengetahui area mereka sehingga lebih mudah untuk mengembalikan shuttlecock tanpa harus berebut dengan pasangan;
  • Mudah dan sederhana untuk dipelajari;
  • Merupakan formasi yang baik dan mempunyai pertahanan yang kuat dimana lawan sukar menembusnya dengan smash. 
Kelemahan dari posisi ini adalah:
  • Pasangan lawan yang cerdik akan menekan pemain yang lemah;
  • Dalam formasi ini tidak dapat menyerang dengan efektif.
 Adapun untuk sistem depan belakang, formasi ini biasanya dilakukan bila:
  • Bila salah satu anggota pasangan lebih kuat dari yang lain maka pemain yang lemah berada di depan (dekat net), sedangkan yang lebih kuat mengawasi seluruh lapangan bagian belakang; atau
  • Suatu pasangan ingin terus-menerus menekan lawan dengan cara melakukan pukulan-pukulan serangan.
Formasi ini juga mudah dan sederhana untuk dipelajari dan setiap pemain memukul bidang permainan dan tanggung jawab yang jelas. Pemain secara bergantian mengambil posisi di depan dan di belakang.

Biasanya pemain yang melakukan servis tetap menempatkan diri atau mengambil posisi di dekat net sedang pasangannya di belakang 

Keuntungan dari sistem formasi ini adalah:
  • Merupakan formasi yang baik untuk menyerang;
  • Keuntungan lain dari formasi ini adalah dapat dengan mudah menempatkan pemain yang lebih emah dekat net sehingga lebih sulit menjadi target serangan lawan.
Sedangkan kelemahan dari sistem tersebut adalah lawan dapat mengocok pemain belakang dari sisi kanan dan kiri dan sebaliknya dan hampir tidak memungkinkan bagi pemain belakang dapat menguasai semua pukulan smash, yang dilancarkan lawan ke garis samping kiri maupun kanan.

Formasi Ganda Bulutangkis
Posisi Pemain Nomor Ganda
Sistem silih berganti. Sistem ini merupakan sistem yang diterapkan untuk menutupi kelemahan dan mengatasi kesulitan yang ada dalam sistem kesatu dan kedua. Pada saat melakukan serangan menggunakan sistem depan dan belakang, sedangkan saat bertahan dari serangan lawan dapat menggunakan sistem formasi berdampingan pada saat terserang pemain depan (dekat net) hendaknya segera mundur sampai setengah lapangan bagian kiri dan kanan. Sementara itu pemain yang berada dibelakang bisa lebih menyesuaikan masuk dari posisi samping kiri ataupun kanan. Pada saat merubah posisi maka pemain yang di belakang yang harus menyesuaikan posisinya dengan posisi pasangannya (maju ke lapangan bagian kiri atau kanan).

Itulah sedikit informasi mengenai taktik nomor tunggal dan ganda dalam permaina bulutangkis, taktik yang baik tentu saja yang bisa saling melengkapi antar pemain. Pemain yang satu menutupi kelemahan reka setimnya yang lain, dengan begitu maka permainan akan lebih sulit bagi lawan.  Dan untuk menumbuhkan chemistry (saling pengertian) antar pemain maka dibutuhkan latihan terus menerus serta komunikasi yang cukup. Semoga bermanfaat

Taktik Permainan Tunggal dan Ganda Dalam Bulutangkis Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ikbal H

0 komentar:

Post a Comment