Penjaskesrek

Blog ini Berisi Informasi Seputar Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan yang Cocok untuk Semua Kalangan.

Teknik Bertahan dan Menyerang Dalam Tenis Meja

Dalam permainan tenis meja dikenal dua teknik yang wajib dikuasai oleh pemain, yaitu teknik bertahan dan menyerang. Kedua teknik ini sangat penting untuk dikuasai apabila ingin menjadi pemain tenis meja yang hebat. Kali ini kami akan membagikan kepada teman-teman sekalian informasi mengenai teknik bertahan dan menyerang dalam tenis meja, mudah-mudahan bisa memberikan manfaat bagi teman-teman yang ingin bermain tenis meja yang baik.

Bertahan dan Menyerang Tenis Meja

Teknik Bertahan

Dalam tenis meja, menguasai teknik bertahan merupakan satu hal yang penting dan menentukan pula. Pada dasarnya tenik bertahan merupakan startegi permainan yang pasif dan lebih sulit untuk menguasainya dari pada teknik menyerang. Terlebih lagi jika serangan yang datang dari lawan itu cukup keras, gencar dan bertubi-tubi. Dalam permainan tenis meja teknik bertahan bisa dilakukan dari jarak jauh maupun jarak pendek, tergantung kondisi saat pertandingan.

Teknik bertahan jarak pendek maupun jarak jauh harus dilakukan sesuai dengan datangnya bola dari lawan, misalnya:
  1. Jika bola datangnya keras dan melenting/memantul jauh ke belakang meja maka anda mengembalikannya dengan jarak jauh.
  2. Jika bola datangnya dekat net, anda dapat melakukan pertahanan jarak dekat, bola itu anda cegat pada saat bola sedang naik.
Dalam melakukan pertahanan jarak jauh, anda pukul bola jika kecepatannya sudah menurun sehingga lebih mudah dalam mengembalikannya. Akan tetapi, dengan pertahanan jarak jauh ini, lawan memiliki waktu lebih lama sehingga secara otomatis lawan akan lebih leluasa untuk mengatur posisinya kembali dengan baik.

Untuk melakukan pertahanan jarak pendek, bola dipukul pada saat melaju cepat atau bola masih dalam ketinggian. Pertahanan ini memang lebih sulit dikuasai jika kita bandingkan dengan pertahanan jarak jauh. Akan tetapi, dengan pertahanan jarak pendek ini, bola dari lawan dapat dikembalikan dengan cepat, dan satu keuntungan yang lain, anda dapat meminjam kekuatan pukula lawan atau lebih jelasnya semakin keras pukulan dari lawan makin keras pula benturan mengena pada bet juga lebih keras cepat pula.

Dengan pertahanan jarak pendek, lawan juga merasa lebih sulit dalam mengatur posisinya kembali secara baik karena waktu pengembalian bola datangnya lebih cepat. Bahkan pertahanan jarak pendek yang dilakukan dekat meja, sering kali dapat juga menjadi serangan balasan.

Kedua teknik pertahanan ini hendaknya dapat anda kuasai dan dapat anda lakukan sesuai dengan situasi dan kondisinya. Beberapa jenis pukulan yang sering dilakukan dalam pertahanan adalah pukulan gesekan dan pukulan block.

Teknik Menyerang

Seperti halnya teknik bertahan, teknik menyerang dalam permainan tenis meja juga merupakan satu hal yang harus dikuasai. Dengan teknik serangan yang tepat, dan cepat dengan memanfaatkan kelemahan lawan, berarti anda akan mudah pula untuk memperoleh nilai.

Teknik menyerang dalam permainan tenis meja secara garis besar dapat dibagi menjadi 2 macam, yaitu sebagai berikut:
  1. Serangan jarak dekat, yang dapat dilakukan dengan forehand maupun backhand.
  2. Serangan jarak jauh, juga dapat dilakukan baik dengan pukulan forehand maupun dengan backhand.

1. Serangan Jarak Pendek

Pada dasarnya untuk melakukan serangan jarak pendek cukup dengan menggunakan lengan bawah dan kelincahan pergelangan tangan anda. Dengan serangan jarak pendek anda akan lebih dapat menguasai lawan dan dengan serangan jarak pendek sangat tepat untuk menghadapi bola kosong dari lawan atau bola topspin yang kurang keras serta pukulan gesek atau bacokan tanpa spin. Dalam membangun teknik serangan, hendaknya anda menguasai benar dari kedua macam teknik tersebut.

Sebab jika hanya mengandalkan serangan jarak pendek atau jarak jauh saja andak akan mengalami kesulitan menahan serangan lawan ataupun serangan balasan. Hal yang perlu diperhatikan, mengingat bola datang dari lawan mengandung putaran (spin) yang berbeda maka cara anda melakukan seranga balasan dari lawan juga harus berbeda-beda. Dimana perbedaan itu pada dasarnya terletak pada kelincahan pergelangan tangan anda dalam melakukan pukulan.

2. Serangan Jarak Jauh

Serangan jarak jauh ini dilakukan pada waktu bola yang akan dipukul berada jauh dari tempat anda berada. Suatu contoh, bola jatuh di ujung meja atau di sudut meja sehingga pantulannya jauh dari net dan bahkan mungkin jauh dari net.

Dengan serangan jarak jauh anda akan lebih mudah menguasai bola karena biasanya bola yang datang dari lawan lajunya sudah tidak keras lagi. Dalam melakukan serangan jarak jauh seringkali anda harus lari mundur beberapa langkah untuk mengejar bola, baru kemudian melakukan pukulan yang tepat dan kuat.

Serangan jarak jauh dapat digunakan untuk menghadapi lawan yang bertahan dengan pukulan gesekan atau bacokan atau pukulan shop maupun untuk melakukan serangan balasan atau serangan lawan.

Semoga bermanfaat.

Teknik Bertahan dan Menyerang Dalam Tenis Meja Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ikbal H

0 komentar:

Post a Comment