Penjaskesrek

Blog ini Berisi Informasi Seputar Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan yang Cocok untuk Semua Kalangan.

Teknik Gerakan Kaki (Footwork) Tunggal dan Ganda Dalam Tenis Meja

Footwork atau gerakan kaki dalam olahraga tenis meja merupakan teknik yang harus dikuasai oleh setiap individu pemain jika ingin menjadi pemain tenis meja yang baik. gerakan kaki (footwork) ini berperan sekali dalam upaya penguasaan lapangan sehingga setiap penempatan bola dari lawan dapat diantisipasi oleh pemain tersebut.

Secara garis besar, footwork ini dapat dibedakan dalam dua nomor, yaitu tunggal dan ganda. Footwork yang digunakan dalam permainan tunggal sudah pasti akan digunakan pula dalam permainan ganda. Bisa kita katakan bahwa untuk dapat melakukan footwork ganda harus terlebihdahulu menguasai footwork dalam nomor tunggal.

Footwork Tenis Meja

1. Gerakan Kaki (Footwork) Untuk Tunggal

Dalam tenis meja, gerakan kaki (footwork) dapat dibedakan menjadi 3 gerakan, yaitu:
  1. Footwork (gerakan kaki) 1 langkah
  2. Footwork (gerakan kaki) 2 langkah
  3. Footwork (gerakan kaki) 3 langkah
Arah pergerakan ini bisa kedepan, ke belakang, kesamping kiri atau kanan atau diagonal ke depan dan ke belakang. Gerakan kaki tentu saja disesuaikan dengan jarak antara pemain dengan bola itu sendiri. Dalam tenis meja jika bola datang dan jaraknya tidak terlalu jauh maka tidak usah melangkahkan kaki, atau melangkan tapi dengan satu langkah saja. 

Bagi pemain kombinasi forehand dan backhand secara seimbang atau hampir cenderung menggunakan sikap siap "square stance" (sikap tubuh menghadap penuh ke meja), sedangkan tipe pemain yang mengutamakan satu sisi forehand atau backhand cenderung menggunaka sikap siap dengan "side stance" (sikap menyamping).

2. Gerakan kaki (Footwork) Untuk Ganda

Untuk dapat bermain ganda dengan baik maka footworknya pun harus dilatih. Pada permainan ganda kedua pemain dapat mengikuti pola gerak samping kiri-kanan atau depan belakang, dapat menggunakan kombinasi dari kedua gerakan tersebut juga bisa. Kombinasi mana yang digunakan tergantung dari tipe kedua pemain tersebut.

Posisi Footwork Ganda Tenis Meja

Ada beberapa gerakan yang dapat anda gunakan pada permainan ganda, antara lain:

a. Gerakan ke samping kiri dan ke samping kanan

Pola footwork ini cocok bagi dua pemain (pasangan pemain) yang keduanya bermain dekat dengan meja. Pasangan pemain yang kedua-duanya berdiri di dekat meja harus mempergunakan pola gerakan seperti yang diperlihatkan gambar berikut ini. Tanda panah pada gambar menunjukkan arah dari kedua pemain tersebut.

b. Gerakan dengan pola huruf T

Pada pola ini satu orang sebagai hitter (penyerang) dekat meja, dan pemain pasangannya sebagai pemain looper dan blocker atau long chop defender dan flicker. Pada posisi ini hitter bergerak ke samping kiri dan kanan sedangkan pasangannya melakukan gerakan maju dan mundur menjauhi dn mendekati meja. Hitter berusaha mempertahankan posis dekat meja sedang pasangannya bergerak ke depan dan belakang sesuai dengan situasi pertandingan.

c. Pola gerakan dengan bentuk huruf N dan N terbalik

Pada pola ini kedua pemain memiliki tipe bermain yang sama atau mirip, yaitu bergerak ke depan dan ke belakang, mendekati dan menjauhi meja. Mula-mula pemain A mendekati meja untuk memainkan pukulannya, kemudian ia menjauhi meja sementara pemain B ganti mendekati meja untuk memainkan pukulannya juga. Pola gerakan ini cocok untuk dua orang pemain yang biasa bermain pada zone tengah atau zone jauh dari meja. Biasanya mereka adalah pemain loop stroke atau mungkin pola keduanya pemain bacspin stroke.

d. Pola gerakan dengan bentuk huruf O terbalik

Pada pola ini kedua pemain bergerak dengan arah melingkar. Pemain A bergerak masuk untuk memainkan pukulannya, kemudian melingkar ke luar sementara pemain B bergerak melingkar masuk ganti memainkan strokenya. Pada pola ini setiap pemain memberikan peluang yang bebas bagi partnernya. Pola ini sangat cocok untuk pasangan pemain yang kedua-duanya mengutamakan pukulan forehand.

e. Pola gerakan dengan bentuk huruf V terbalik

Pola ini cocok untuk kombinasi pemain tangan kiri dan pemain tangan kanan. Pemain yang satu berdiri di sebelah kiri meja sedangkan pasangannya beridiri di sebelah kanan meja. Pemain pertama begerak ke bagian tengah meja dan memainkan strokenya (pukulan), kemudian ia segera kembali pada posisi semula. Sementara itu ganti pemain pasangannya mengambil tempat di tengah meja untuk memainkan pukulannya, kemudian langsung kembali ke posisi semula. Demikian seterusnya sampai suatu saat bola mati.

Suatu gerakan footwork tak perlu selalu dipertahankan selama suatu pertandinga. Suatu waktu pola itu mungkin harus diubah dan menggunakan salah satu dari kelima pola gerakan tadi yang sudah kita bahas. Hal ini tentu saja tergantung dari jenis perkembangan permainan lawan. Yang paling penting masing-masing pasangan tahu apa yang akan dilakukan temannya. Sehingga masing-masing dapat mengantisipasi setiap gerakan yang dilakukan.

Itulah informasi mengenai footwork dalam tenis meja, mudah-mudahan dengan adanya artikel ini teman-teman dapat mengembangkan permainan semaksimal mungkin. Terima Kasih.

Teknik Gerakan Kaki (Footwork) Tunggal dan Ganda Dalam Tenis Meja Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ikbal H

0 komentar:

Post a Comment