Penjaskesrek

Blog ini Berisi Informasi Seputar Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan yang Cocok untuk Semua Kalangan.

Teknik Jatuhan, Lepasan dan Kuncian Dalam Pencak Silat Lengkap

1. Teknik Jatuhan

Jatuhan adalah teknik menjatuhkan lawan sebagai tindak lanjut dan teknik tangkapan atau serangan langsung. Teknik jatuhan dapat dilakukan dengan menambah tenaga serangan lawan searah, merubah arah serangan lawan, menghilangkan tumpuan badan lawan.

Teknik Jatuhan Pencak Silat

Jatuhan adalah usaha menjatuhkan lawan sebagai tindak lanjut dari tangkapan atau secara langsung. Jatuhan dapat dilakukan dengan cara:
  1. Menambah tenaga serangan lawan searah dengan: 1.) Tarikan dan 2.) Dorongan.
  2. Menambah tenaga serangan lawan tarikan dan dorongan diawali dengan gerak elakan. Pertama tangkap tarik searah serangan dan kedua hindar kemudian dorong searah serangan.
  3. Merubah arah serangan lawan dengan: 1.) Tarikan, 2.) Dorongan, dan 3.) Putaran.
Untuk merubah arah serangan lawan dengan tarikan, dorongan dan putaran dimana teknik ini didahului dengan elakan atau tangkapan. Meniadakan tumpuan badan lawan dengan:
  1. Sapuan: Meniadakan tumpuan badan lawan dengan sapuan menjatuhkan lawan dengan cara menyapu kaki lawan menggunakan kaki. Teknik sapuan ini dapat dilakukan dalam posisi tegak berdiri, rebah dan juga lingkar.
  2. Kaitan: Meniadakan tumpuan lawan dengan kaitan adalah usaha menjatuhkan lawan dengan cara mengait lawan dengan menggunakan kaki. Teknik gerakan ini dapat dilakukan dengan arah luar, dalam dan belakang.
  3. Angkatan: adalah meniadakan tumpuan badan lawan dengan angkatan, adalah usaha menjatuhkan lawan dengan cara mengangkat kaki lawan dengan menggunakan kaki, dilakukan dari dalam ataupun dari belakang.
  4. Ungkitan: mmeniadakan tumpuan badan lawan dengan ungkitan adalah usaha menjatuhkan lawan dengan cara mengungkit/mengganjal kaki lawan dengan menggunakan kaki yang ditambah dengan dorongan tangan.
  5. Guntingan: meniadakan tumpuan badan lawan, dapat juga dilaksanakan dengan guntingan, yaitu usaha menjatuhkan lawan dengan cara menggunting kaki lawan dengan menggunakan kaki. Dilakukan dengan merebahkan diri.

Menambah tenaga serangan lawan searah

Teknik ini dapat dilakukan dengan cara tarikan atau dorongan.
  1. Dengan cara tarikan, pertama tangkap dan tarik searah dengan serangan.
  2. Dengan cara dorongan, pertama hindar dan dorong searah dengan serangan.

Merubah arah Serangan Lawan

Teknik jatuhan ini dapat dilakukan dengan cara tarikan, dorongan, dan putaran yang didahului dengan teknik elakan atau tangkapan, yaitu:
  1. Dengan cara tarikan, pertama tangkap dan tarik ke samping atau bawah.
  2. Dengan cara dorongan, pertama elak dan dorong ke samping.
  3. Dengan cara putaran, pertama tangkap dan putar ke kiri atau ke kanan.
Untuk lebih jelasnya, teman-teman bisa perhatikan gambar dibawah ini.

Menghilangkan tumpuan badan lawan

Teknik jatuhan dengan menghilangkan tumpuan badan lawan dapat dilakukan dengan sapuan, kaitan, angkatan, ungkitan dan guntingan.
  1. Sapuan, yaitu menghilangkan tumpuan badan lawan dengan cara menyapu kaki lawan dengan kaki dan dapat dilakukan dengan posisi tegak, rebah, dan melingkar.
  2. Kaitan, adalah menghilangkan tumpuan badan dengan cara mengait kaki tumpu lawan dengan menggunakan kaki. Kaitan dapat dilakukan dari arah luar, dalam dan belakang.
  3. Angkatan, adalah menghilangkan tumpuan badan lawan dengan cara mengangkat kaki lawan dengan kaki. Angkatan dapat dilakukan dari arah dalam dan belakang.
  4. Ungkitan, adalah menghilangkan tumpuan badan lawan dengan cara mengungkit atau mengganjal kaki lawan dengan menggunakan kaki disertai dorongan lengan.
  5. Guntingan, yaitu menghilangkan tumpuan badan lawan dengan cara menggunting kedua kaki lawan dengan menggunakan dua kaki sambil menjatuhkan ataupun merebahkan diri.

2. Lepasan

Lepasan adalah teknik melepaskan diri dari tangkapan lawan. Teknik lepasan dilakukan dengan cara menarik lepas dengan satu tangan, dua tangan, satu kaki, dan dua kaki. Lepasan adalah usaha untuk melepaskan diri dari tangkapan lawan, dilakukan dengan cara. 1.) Tenik lepasan dengan satu tangan, 2.) ataeknik lepasan dengan dua tangan, 3.) Teknik lepasan dengan kaki, 4.) Teknik lepasan dengan dua kaki, dan, 5.) Teknik lepasan dengan kaki dan lengan.

a.) Lepasan dengan satu tangan, terdiri dari:
  1. Putaran,
  2. Sentakan,
  3. Tangkapan balasan.
b.) Teknik lepasan dua tangan, terdiri dari:
  1. Bantuan
  2. Serangan
  3. Bukaan
c.) Lepasan dengan kaki, dilakukan dengan cara melipat lutut kaki yang ditangkap disertai dengan tarika lengan.
d.) Teknik lepasan dengan dua kaki, lepasan dengan dua kaki, dilakukan dengan cara memutar badan dan menarik kaki yang ditangkap disusul dengan tendangan belakang kaki yang lainnya.

3. Kuncian

Kuncian adalah menguasai lawan dengan tangkapan sempurna sehingga lawan tidak berdaya. Teknik kuncian dapat dilakukan untuk menaha kemungkinan gerak lawan sambil mematikan tiga titik pesendian anggota badan lawan. Jenis tangkapan yang digunakan dalam kuncian adalah tangkapan dengan tangan dan tungkai.

Kuncian dapat dilakukan dengan dua cara:
  1. Menahan kemungkinan gerak lawan
  2. Mematikan gerak sendi dengan lipatan.
Unsur tangkapan dalam kuncian dapat merupakan tangkapan tangan atau kaki. Teknik kuncian pada umumnya adalah mematikan tiga tempat/titik anggota badan lawan.

Kuncian diawali tangkapan tangan dilakukan dengan cara mengangkat lengan dilanjutkan dengan lipatan ke belakang atau ke bawah.

Teknik Jatuhan, Lepasan dan Kuncian Dalam Pencak Silat Lengkap Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ikbal H

0 komentar:

Post a Comment