Penjaskesrek

Blog ini Berisi Informasi Seputar Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan yang Cocok untuk Semua Kalangan.

Teknik Pukulan Drive Dalam Tenis Meja

Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa dalam tenis meja dikenal banyak teknik pukulan, salah satunya adanya pukulan drive. Drive merupakan hasil pukulan dengan ayunan panjang, sehingga dihasilkan komponen keatas dan komponen ke depan yang seimbang. Dengan pukulan drive akan menghasilkan pukulan yang keras disertai gerakan tangan yang bebas. Pukulan ini dilakukan tergantung jenis bola yang diterima dari lawan dan hasil pukulan ini bola akan melaju dengan kecepatan tinggi, sehingga dapat berfungsi sebagai pukulan serangan atau dapat juga berfungsi sebagai kontrol teknik pengembalian bola lawan.

Backhand Drive Tenis Meja

Beberapa hal yang harus diperhatikan dalam melakukan teknik pukulan drive ini:
  1. Perhatikan arah jatuhnya bola dan segera mengambil posisi sesuai dengan arah jatuhnya bola.
  2. Ambil posisi side stance, pandangan mata terus mengikuti lajunya bola.
  3. Dengan bergerak maju atau mundur ke samping bet menyentuh atau mengenai bola pada waktu bola berada pada titik ketinggiannya, pukulan diperkuat dengan perputaran tubuh dari tungkai dan kaki, dan pinggang keatas.
  4. Lakukan gerakan lengan setelah perkenaan pada bola (untuk pukulan kanan), dan sebaliknya untuk pukulan dengan tangan kiri.
  5. Kembali ke posisi siap sedia, siap menerima pengembalian bola berikutnya.
  6. Untuk backhand drive posisi kakinya lebih terbuka sedikit dibandingkan dengan forehand drive.
  7. Teknik pukulan drive yang dilakukan diatas meja atau zone 1 meter dapat menggunakan kecepatan yang bervariasi, cepat, sedang, atau lambat (fast, medium, slow), juga jenis strokenya dapat panjang, medium atau pendek. Tetapi pemain berada pada zone 2 meter atau zone 3 meter, sebaiknya mempergunakan kecepatan kecepatan yang medium atau cepat dengan jenis stroke medium atau panjang.
  8. Mengenai follow through dari teknik pukulan drive ini terdapat perbedaan misalnya ada yang berakhir pada gerakan menyilang.

Teknik Pukulan Forehand Drive

Untuk lebih jelasnya mengenai urutan gerakan forehand drive digambarkan sebagai berikut: 
  1. kaki kiri di depan, kaki kanan di belakang (bagi pemain tangan kanan, sedang pemain kidal sebaliknya). 
  2. Badan menyerong ke kanan kurang lebih 45 derajat lutut dibengkokkan. 
  3. Bet ditarik ke samping belakang. Kepala bet menghadap serong ke tanah dengan lengan agak ke bawah. 
  4. Pergelangan tangan tidak dibengkokkan.
Posisi tersebut diatas dilakukan pada saat bola lawan menuju kearah pemukul. Kemudian lengan diayun ke depan kiri atas dengan menggunakan bagian belakang bola untuk bola kosong dan lengan menggesek bagian bawah bola untuk bola isi. Agar bola berjalan dalam suatu gerak lengkung melewati net kearah lawan. Pergelangan tangan ikut membantu menggesek bola keatas, hingga bet berhenti kesamping kiri atas kepala.

Serangan tersebut mempunyai kecepatan yang luar biasa tetapi resikonya cukup besar, karena pada waktu itu bola sedang melaju dengan cepat sehingga apabila perhitungan waktu (timing) tidak tepat, maka bola akan memantu keluar atau menyangkut di net.

Beberapa kesalahan dalam melakukan forehand drive:
  1. Memukul bola terlalu dekat atau rapat dengan tubuh. Hal ini akan menyebabkan ayunan yang kaku. Kesalahn ini sering sering disebabkan karena bergerak mendadak ke depan atau ke samping untuk menjemput atau memukul nola di tempat bola memantul. Sehingga jarak antara bola dengan badan tidak terkontrol.
  2. Memukul bola terlalu jauh dari badan (bola terlalu jauh di depan atau disamping). Hal ini akan menyebabkan hilangnya keseimbangan badan, sebagai akibatnya dapat menyebabkan berkurangnya power.
  3. Tidak cukup kokoh memegang bet ketika kontak dengan bola. Biasanya hal ini dapat menyebabkan pengembalian yang lemah ke net. Kesalahan ini banyak terjadi pada par pemula.
  4. Tidak menunggu bola sampai memantul cukup tinggi. Ini adalah kesalahan perkiraan dan mudah untuk dibetulkan.
  5. Mengayun keatas sebelum mengayun ke depan. Kesalahn ini akan mengganggu drive dari kecepatan dan kekuatan penyerang memperoleh poin.

Teknik Pukulan Backhand Drive

Sedangkan untuk urutan gerakan backhand drive lebih jelasnya digambarkan sebagai berikut:
  1. Kaki kanan berada di depan dan kiri dibelakang (untuk pemain yang menggunakan tangan kanan, dan pemain kidal melakukan sebaliknya.
  2. Badan menyerong ke kiri dan lutut dibengkokkan. 
  3. Bet kesamping badan dekat pinggang dekat pinggang sebelah kiri gingga lengan atas menempel (hampir) menempel ke dada, pergelangan tangan tidak dibengkokkan, kepala bet menghadap ke tanah.
  4. Posisi tersebut diatas dilakukan pada saat bola lawan menuju kearah pemukul.
  5. Kemudian lengan diayun ke depan atas kanan dengan menggesek di bagian bawahnya untuk bola isi, atau menggesek bagian belakangnya untuk bola kosong.
Agar bola  dapat berjalan dalam suatu gerak lengkung melewati atas net kearah lawan, pergelangan tangan harus membantu menggesek bola ke depan atas arah kanan. Pada akhir gerakan backhand drive, berat badan pindah dari kaki kiri ke kanan.

Kesalahan-kesalahan saat melakukan backhand drive: 
  1. Menggunakan gerak pergelangan tangan yang berlebihan, misalnya pergelangan tangan terlalu jauh di depan bet. Ini akan menyebabkan kurang kontrol dan putaran ke samping untuk pemula backhand drive dengan hasil side spin sebaliknya dihindari dulu, karena akan menghambat. Tetapi untuk para pemain yang sudah dalam tahap penyempurnaan hal ini dapat dipelajari secara khusus.
  2. Sebagaimana telah dikemukakan terdahulu bahwa pukulan backhand drive dilakukan lebih dekat ke badan dibandingkan dengan pukulan forehand drive. Kesalahan ini akan mengakibatkan gagalnya hasil pukulan atau berkurangnya kecepatan terhadap bola.

Perbedaan antara Forehand dan Backhand Drive

Walaupun pada dasarnya backhand drive adalah kebalikan dari forehand drive teradapat beberapa perbedaan antara kedua teknik pukulan tersebut, antara lain:
  1. Pegangan sedikit berbeda. Beberapa pemain khususnya wanita, menggunakan ibu jari kearah tangan dalam bet untuk memperoleh dorongan lebih dalam melakukan backhand drive.
  2. Ayunan bet ke belakang lebih pendek dan pada saat pemukulan terhadap bola lebih sebera pada backhand drive akan mengahasilkan pukulan tidak sekeras pada forehand drive, tetapin pada backhand drive memungkinkan untuk melakukan gerak tipuan.
  3.  Ini dapat dipahami karena jangkauan forehand drive yang harus menyilang tubuh sedangkan forehand tidak harus menyilang.

Teknik Pukulan Drive Dalam Tenis Meja Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ikbal H

0 komentar:

Post a Comment