Penjaskesrek

Blog ini Berisi Informasi Seputar Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan yang Cocok untuk Semua Kalangan.

Teknik Pukulan Lob Dalam Bulutangkis

Bulutagkis sebagaimana yang telah kita ketahui bersama merupakan sebuah olahraga yang sangat populer di Indonesia, permainan ini menjadi salah satu cabang olahraga andalan Indonesia dalam setiap even olahraga internasional, olahraga ini menjadi lumbung medali indonesia baik ditingkat Asia maupun tingkat dunia.

Pukulan Lob Bulutangkis

Jika anda ingin menjadi pemain bulutangkis yang handal maka anda harus pula menguasai teknik pukulan dalam permainan bulutangkis ini. Dalam permainan bulutangkis kita kenal beberapa teknik pukulan dasar, seperti, servis, smash, drive, dan Lob. Khusus untuk kali ini kami akan membagikan informasi mengenai teknik pukulan lob. Pukulan ini pasti sering kita lihat dalam setiap pertandingan, karena memang pukulan ini menjadi pukulan andalan dan seringkali menghasilkan poin.

Lantas timbul sebuah pertanyaan ? apakah yang dimaksud dengan pukulan lob ?. Pukulan lob dalam permainan bulutangkis adalah pukula yang dilakukan saat kok (bulu) berada diatas kepala pemain, shuttlecock kemudian diarahkan ke area permainan bagian belakang lawan.

Kalau kita lihat secara sekilas, pukulan ini mirip dengan pukulan smash ataupun pukulan dropshot, perbedaannya terletak pada tempat shuttlecock diarahkan. Pukulan lob dapat dilakukan baik dari bawah (underhead lob) maupun dari atas kepala (overhead lob). Pukulan lob merupakan pukulan yang sangat penting baik saat melakukan tindakan bertahan ataupun saat melakukan serangan.

Berikut ini beberapa jenis lob yang wajib anda ketahui, kalau bisa anda kuasai jika ingin menjadi pemain bulutangkis yang hebat;

Lob Serang

Lob serang dapat dilakukan baik dari atas maupun dari bawah. Lob serang dari atas adalah shuttlecock diambil dari depan badan diatas kepala, dilambungkan rendah dan cepat. Lob serang dari atas dapat digunakan untuk melakukan serangan, sedangkan lob serang dari bawah adalah shuttlecock diambil dari bawah, dilambungkan agak rendah dan cepat. Lob serang dari bawah ini biasa digunakan untuk menyerang.

Tujuan dari lob serang baik dari bawah maupun dari atas adalah untuk menyerang. Pukulah shuttlecock lebih cepat dengan melambungkan agak mudah (lebih rendah dari lambung shuttlecock lob penangkis) melewati lawan ke lapangan bagian belakang. Lob serang ini dilakukan, misalnya pada saat lawan sudah kehilangan keseimbangan atau salah posisi atau terpaksa harus maju ke depan ney mengejar suatu drop yang diluncurkan.

Lob Penangkis

Lob penangkis juga dapat dilakukan baik dari atas maupun dari bawah. Lob penangkis dari atas adalah shuttlecock dipukul dari depan badan diatas kepala, dilambungkan tinggi dan jauh sampai ke garis belakang. Lob penangkis dari atas ini biasa digunakan untuk mempertahankan serangan, sedangkan lob penangkis dari bawah adalah shuttlecock diambil dari bawah, dilambungkan tinggi dan jauh (sampai garis belakang). Lob penangkis dari bawah ini biasa digunakan untuk menangkis serangan lawan.

Dengan melambungkan shuttlecock setinggi mungkin dan jauh sampai ke garis belakang lapangan maka akan memperoleh waktu dan kesempatan lebih banyak untuk memperbaiki posisi. Makin tinggi shuttlecock (lob) yang dipukul maka makin lambat shuttlecock melayang di udara maka makin banyaklah waktu yang diperoleh untuk memperbaiki posisi dan makin menyulitkan serta makin melelahkan lawan. Lagi pula, di lapangan bagian belakang itulah, lawan menjadi tidak berbahaya.

Cara memukul lob dari atas kepala, baik lob serang dan lob penangkis adalah pada saat hendak memukul shuttllecock dari atas kepala, raket harus berada tepat di bawah shuttlecock sehingga anda selalu dapat mengambil shuttlecock di depan badan anda dengan lengan lurus. Berat badan menekan ke depan untuk membantu ketajaman pukulan. Posisi kaki, yaitu kaki kiri harus di depan kaki kanan (bagi pemain yang memegang raket dengan tangan kanan).

Kecuali lob dari atas kepala seperti yang kita bahas tadi, ada pula lob dari atas kepala yang lain, yaitu overhead backhand flick lob. Untuk melati pukulan ini, hendaknya pelatih memberi lob setengah lapangan (tanggug) disebelah backhand (kiri badan).

Cara melakukan overhead backhand flick lob

  1. Bersiaplah dengan kaki kanan di depan dan kaki kiri berada di belakang.
  2. Putarlah pinggang ke kiri sehingga anda berdiri dengan bahu hampir membelakangi net, untuk menanti shuttlecock.
  3. Bengkokkan siku agar pada saat melakukan pukulan, gerak pergelangan tangan dapat dipercepat dengan meluruskan siku itu dan pada saat anda memukul (menyentil, menyabet, menjentik) anda merasa seolah-olah shuttlecock terdorong oleh siku.
  4. Sebelum raket menyentuh shuttlecock, jangan lupa untuk memindahkan berat badan yang semula bertumpu pada kaki kiri (belakang) ke kaki kanan (depan), dan luruskan pula dengan lengan. Pada saat seperti ini, sentillah (sabetan) shuttlecock dengan gerakan pergelangan tangan yang pendek dan bertenaga. 
  5. Pukulan ini mengutamakan kekuatan gerak pergelangan tangan dan kekuatan kerja lengan.
Cara memukul lob dari bawah, baik lob serang maupun lob penangkis adalah pada saat hendak memukul lob dari bawah anda harus berdiri tepat di samping shuttlecock sehingga anda selalu dapat mengambil shuttlecock dari samping.

Apabila pada lob dari atas kepala ada overhead backhand flick lob maka pada lob dari bawah jug ada backhand drive lob. Backhand drive lob lebih mudah dilakukan karena pada wkatu itu anda dapat menantikan shuttlecock lebih rendah. Pukullah shuttlecock dari samping kira-kira setinggi kepala atau pundak ke atas, ke dalam lapangan belakang pemain lawan.

Itulah sedikit informasi mengenai pukulan lob dalam bulutangkis, menguasai pukulan ini memang bukanlah jaminan bahwa nada bisa memenangkan pertandingan dengan mudah, namun mengkombinasikan pukulan lob ini dengan teknik pukulan lainnya akan memudahkan meraup poin selama pertandingan, semoga bermanfaat.

Teknik Pukulan Lob Dalam Bulutangkis Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ikbal H

0 komentar:

Post a Comment