Penjaskesrek

Blog ini Berisi Informasi Seputar Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan yang Cocok untuk Semua Kalangan.

Teknik Stance (Siap Sedia) Dalam Tenis Meja

Dalam tenis meja sebagaimana yang telah kita ketahui bersama, ada beberapa posisi stance (siap sedia) yang perlu anda kuasai agar supaya bisa menjadi pemain tenis meja yang baik. Namun sebelum itu, kita harus ketahui dulu apa yang dimaksud dengan stance ? stance atau yang biasa disebut juga dengan sikap sedia merupakan posisi kaki, badan dan tangan pada saat siap menunggu bola atau pada saat memukul bola.

Stance Tenis Meja

Dalam tenis meja, ada beberapa stance (siap sedia) yang biasa digunakan, yaitu:
  1. Square Stance.
  2. Side Stance.
  3. Open Stance.

1. Square Stance

Apakah sikap square stance itu ? Square stance ini adalah stance yang paling banyak digunakan dan menurut saya paling mudah, sikap ini dilakukan dengan menghadapkan tubuh sepenuhnya pada meja sambil menunggu lawan melakukan servis atau bisa juga untuk mengembalikan pukulan lawan.Untuk pemain all round bisa mengambil posisi dibagian tengah meja menghadap meja, yang akan memungkinkan pemain menutup seluruh lapangan tanpa banyak kesulitan yang dialami.

Dengan kemampuan melakukan langkah ke segala arah dengan mudah, maka diharapkan pemain dapat melakukan pukulan pengembalian bola dengan baik. Pada saat melakukan square stance, maka berat badan berasa pada posisi seimbang di kedua telapak kaki, kedua lutut bengkok, kedua lengan bawah   posisinya horizontal, sedangkan lengan atas vertical. Badan sedikit condong ke depan. Stance seperti ini biasanya digunakan ketika akan menerima servis ataupun saat menunggu serangan dari lawan.

Dari stance ini diharapkan dapat memungkinkan pemain bergerak cepat ke segala arah, kemudian dapat mengembalikan bola lawan dengan baik, baik itu dengan menggunakan gerakan forehand maupun backhand.

Jarak normal antara badan pemain dengan meja bermacam-macam dan ini ditentukan pula, antara lain oleh tipe permainan seseorang, seperti berikut ini:
  1. Untuk pemain pendek, dekat meja kira-kira 1 meter dari base line.
  2. Untuk pemain jarak sedang, posisi dari meja kira-kira 1-2 meter dari base line.
  3. Untuk pemain bertahan dengan chop atau ballon defence, antara 2-3 meter dari base line.
Khusus untuk posisi ketika akan menerima servis, jangan berdiri lebih dari 1 meter di belakang base line, hal ini tentu saja berlaku untuk semua tipe permainan. Sikap stance dengan model seperti ini biasanya dijadikan sebagai sikap dasar dalam permaina tenis meja.

2. Side Stance 

Side stance dari asal katanya sudah bisa kita simpulkan bahwa stance ini sikapnya adalah menyamping, yaitu posisi dimana hanya salah satu bahu yang lebih dekat dengan meja. Pada saat memukul bola, orang-orang biasanya menggunakan gaya ini, kecuali saat menunggu pukulan dari lawan maka yang sering digunakan adalah gaya pertama tadi, hal ini tentu saja karena memang gaya pertama tadi lebih mudah dan praktis dalam bergerak.

3. Open Stance

Side stance merupakan modifikasi dari side stance, stance ini biasanya digunakan untuk menahan (blok) menggunakan bagian belakang bet (backhand block) kaki kiri agak terbuka keluar dan agak kedepan (khusus pemain tangan kanan).

Beberapa kesalahan yang sering dilakukan dalam melakukan stance beserta cara untuk memperbaikinya, yaitu sebagai berikut:
  1. Berdiri terlalu tegak, cara memperbaikinya adalah bengkokkan kedua lutut untuk memudahkan bergerak ke segala arah yang diinginkan.
  2. Berat badan seluruhnya berada pada telapak kaki, cara memperbaikinya adalah dengan mencondongkan badan sedikit ke depan.
  3. Lengan bawah menggantung ke bawah, cara memperbaikinya adalah mengangkat bet mendekati ketinggian base line.
Sikap siap sedia antara jenis pukulan yang satu dengan yang lainnya ada sedikit perbedaan. Sikap siap sedia pada waktu menunggu servis adalah posisi kaki sejajar, sedangkan sikap sedia untuk jenis-jenis pukulan yang lainnya salah satu kaki sedikit berada di depan dari pada kaki yang lainnya. Walaupun begitu pada umumnya sikap siap sedia adalah sebagai berikut:
  1. Berdiri menghadap ke meja, kaki dibuka selebar bahu, badan membungkuk, kaki sedikit ditekuk sehingga posisi badan dalam keadaan seimbang. 
  2. Lengan ditekuk membentuk sudut 90 derajat tanpa menyinggung tubuh, hal ini dilakukan agar pemain dapat bergerak tanpa hambatan.
  3. Dalam keadaan tenang dan rileks pukul bola tersebut secara leluasa dengan catatan sudut 90 derajat tersebut harus tetap dipertahankan setiap selesai memukul bola, hal ini dilakukan untuk memudahkan pemain dalam memilih jenis-jenis pukulan yang akan dilakukannya. 
Masih banyak pemain yang mempunyai kebiasaan kurang baik, yaitu lengan dan tangan menjulur ke bawah setiap kali selesai melakukan pukulan. Posisi demikian akan membuat hambatan untuk melakukan pukulan selanjutnya. Dalam melakukan sikap sedia sebaiknya berjarak kurang lebih satu meter dari meja. Dengan jarak satu meter tersebut pemain masih dapat bergerak untuk mendekati bola yang dipukul oleh lawan. Kalau berdiri terlalu dekat dengan meja pada waktu menanti servis dari lawan ataupun pukula bola dari lawan, pukulan tidak dapat berkembang dengan sempurna. Dengan kemungkinan melakngkah maju untuk mendekati bola, pemain akan dapat memukul bola tersebut dengan lebih keras.

Posisi berdiri disebelah kiri atau sebelah kanan tidak dapat ditentukan begitu saja, hal ini tergantung dari cara bermain masing-masing pemain. Bagi pemain yang menggunakan tangan kanan dan mempunyai jenis pukulan top spin atau drive (lurus ke depan) sebaiknya mengambil posisi d sebelah kiri meja, yaitu sisi bagian backhand sehingga dapat menguasai daerah permainan degan menggunakan pukulan pukulan-pukualn yang dominan.

Bagi mereka yang mempunyai jenis pukulan back spin sebainya mengambil posisi di tengah-tengah atau di bagian pusat meja. Dengan demikian, pemain tersebut dapat menguasai daerah permainan baik sisi kiri maupun sisi kanan dengan pukulan forehand atau dengan pukulan backhand.

Satu hal yang tidak boleh dilupakan oleh siapapun setiap siap sedia (stance) yang digunakan pemain harus dalam keadaan posisi siap sedia yang digunakan, pemain harus dalam keadan posisi siap. Begitu pihak lawan mulai bergerak untuk melakukan suatu pukulan pemain harus sudah dalam keadaan siap jangan sampai menunggu bola melewati net, apabila bergerak pada waktu bola sudah maju melewati net maka gerakan-gerakan yang dilakukan sudah terlambat.

Teknik Stance (Siap Sedia) Dalam Tenis Meja Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ikbal H

0 komentar:

Post a Comment