Penjaskesrek

Blog ini Berisi Informasi Seputar Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan yang Cocok untuk Semua Kalangan.

10+ Sarana dan Prasarana Sepak Takraw


Sepak takraw merupakan salah satu olahraga yang cukup populer sebenarnya sekitar tahun 90-an, namun sekarang ini olahraga yang menggunakan bola rotan ini mulai kurang diminati, mungkin karena untuk memainkan olahraga ini membutuhkan keahlian khusus dan kemampuan menguasai bola yang baik. 

Sepak takraw secara historis merupakan olahraga yang masih diperdebatkan asal muasalnya, beberapa negara di Asia Tenggara bahkan saling mengklaim sebagai 'pemilik' dari olahraga ini, sebut saja Thailand, Malaysia dan Indonesia. Sepak takraw merupakan olahraga yang merupakan perpaduan dari sepak bola, voli dan bulutangkis. 

Sepak Takraw

Secara sederhana untuk memainkan olahraga ini cukup dengan memainkan bola menggunakan seluruh anggota badan kecuali tangan, bola bisa dimainkan maksimal 3 kali di daerah permainan sendiri dan setelah itu harus dipindahkan ke daerah permainan lawan, tim yang yang berhasil membuat lawan tidak bisa mengembalikan bola akan memperoleh poin. 

Untuk sarana dan prasarana sepak takraw sendiri, bisa kemudian teman-teman baca dalam pemhasan berikut ini, mudah-mudahan bisa bermanfaat bagi teman-teman.

Sarana dan Prasarana Sepak Takraw

1. Lapangan

Lapangan merupakan prasarana yang harus ada jika ingin bermain sepak takraw secara lebih leluasa. Lapangan sepak takraw sebenarnya sama dengan bulutangkis, hal ini karena pada saat sepak takraw dibawa oleh para saudagar bugis makassar ke Malaysia, olahraga yang populer disana saat itu adalah bulutangkis. Bentuknya pasti teman-teman sudah tahu, yaitu persegi panjang dengan spesifikasi sebagai berikut:

  1. Panjang lapangan: 14,42 meter
  2. Lebar lapangan: 6,10 meter
  3. Tebal garis tengah: 3,8 cm
  4. Batas tinggi atap (bebas rintangan): 7,32 meter

2. Bola

Bola dalam permainan sepak takraw memang cukup unik, kalau dala olahraga lainnya bola biasanya terbuat dari karet, maka dalam sepak takraw ini bola terbuat dari rotan yang dianyam sedemikian rupa sehingga bisa berbentuk lingkaran. Bola sepak takraw memiliki berat antara 160-180 gram dengan jumlah lubang berjumlah 12, sedangkan lingkarannya 41-43 cm. 

3. Tiang

Tiang terletak di bagian tengah luar yang memisahkan dua daerah permainan tim. Tiang ini biasanya terbuat dari besi dan berfungsi untuk mengikat net. Adapun tinggi tiangnya adalah 1,55 meter dari lantai tentunya. Sedangkan jarak antara posisi tiang dengan garis luar permainan adalah 31 cm.

4. Net/jaring

Sebagaimana dalam olahraga voli, lapangan sepak takraw juga harus dilengkapi dengan net yang membatasi antara dua daerah permainan tim. Net ini biasanya terbuat dari nilon. Net ini memiliki panjang sekitar 6,7 meter dan lebar sekitar 0,72  cm. Tinggi net antara putra dan putri itu sama, tidak ada perbedaan antar keduanya yaitu 1,55 meter. Namun penting untuk diperhatikan bahwa sepak takraw memiliki net khusus, jangan memakai net voli untuk bermain karena justru akan membuat bola bisa melewati net dibagian tengah karena lubang net yang terlalu besar.

5. Pakaian pemain (seragam) 

Sebagaimana teman-teman sering lihat saat pertandingan olahraga, setiap tim memiliki seragamnya tersendiri yang tentunya berbeda dengan seragam tim lain. Seragam dalam sepak takraw juga dilengkapi dengan nomor punggung yang berbeda setiap pemainnya. Untuk lebih bagusnya gunakanlah baju yang terbuat dari bahan yang mudah menyerap keringat agar bisa memudahkan teman-teman saat bermain.

6. Sepatu khusus

Sepatu yang digunakan dalam sepak takraw biasa disebut nannyang. Sepatu ini terbuat dari karet bagian bawahnya agar pemain tidak mudah terjatuh saat melakukan gerakan-gerakan dalam permainan. Gunakanlah sepatu yang nyama dipakai di kaki anda agar penampilan anda bisa maksimal.

7. Kaos kaki

Kaos kaki dirasa penting untuk dimasukkan dalam tulisan ini karena fungsinya untuk mencegah gesekan 
dengan sepatu, selain itu kaos kaki juga bisa menambah kepercayaan diri bagi sebagain orang.

8. Papan Skor

Papan skor dalam pertandingan resmi juga harus ada untuk memudahkan pencatatan skor, papan skor yang 
digunakan adalah papan skor digital.

9. Pergantian Pemain

Untuk pergantian pemain sendiri hanya bisa dilakukan satu kali dalam satu babak, jadi kalau dalam pertandingan ada dua babak maksimal pergantian dilakukan 2 kali tentunya.

10.  Wasit

Wasit merupakan pemegang penuh keputusan dalam pertandingan, wasit yang akan memutuskan apakah bola masuk secara sah atau tidak. 

Demikianlah pembahasan mengenai sarana dan prasarana sepak takraw, mudah-mudahan memberikan tambahan pengetahuan bagi teman-teman. Mohon maaf bagi segala kekeliruan dan terima kasih.


10+ Sarana dan Prasarana Sepak Takraw Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ikbal H

0 komentar:

Post a Comment