Penjaskesrek

Blog ini Berisi Informasi Seputar Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan yang Cocok untuk Semua Kalangan.

Pelaksanaan Pertandingan Permainan Kasti

Permainan kasti memang sudah mulai ditingalkan dewasa ini, namun tidak menutup kemungkinan masih ada orang yang ingin menghidupkan kembali permainan ini dengan melaksanakan pertandinga-pertandingan tertentu.

Untuk melaksanakan pertandingan, tidak bisa kita melaksanakan dengan begitu saja tanpa adaya suatu perencanaan, dan perencaan itu juga harus sesuai dengan siapa yang akan melaksanakan dan merencanakan pertandingan tersebut, maka dari itu panitia mempunyai tugas sebagaimana yang sudah disampaikan sebelumnya.
Permainan Kasti

Berikut ini adalah hal-hal yang harus anda siapkan jika ingin mengadakan pertandingan kasti:

1. Jauh sebelum pertandingan

Ketua pertandingan sudah melengkapi susunan pengurusnya yang lengkap dengan seksinya pada pertemuan pertama, dan ia sudah menejanjikan pada setiap anggota panitia akan bertemu kembali pada tanggal dan tempat yang sudah ditentukan dengan tugas adalah setiap seksi menyampaikan semua proposal atau rencana kerja pada ketua, masing-masing kegiatan yang akan dikerjakannya. Ketua bersama sekretaris menerima laporan dari setiap seksi atau anggota panitia dan bersama-sama akan menyelesaikan kalau ada masalah yang mungkin belum dapat dipecahkan.

2. Menyusun Petugas Pertandingan

Pertemuan dekat pertandingan ini mungkin saja dilakukan pertemuan sampai beberapa kali, dan ini tergantung pada besar atau kecilnya pertandingan tersebut. Umpamanya saja untuk PON, pertemuan jauh sebelum  pertandingan mungkin dilaksanakan dua tahun atau satu setengah tahun sebelum pertandingan, apalagi oympiade mungkin lebih dan banyak pertemuan. Tetapi kalau itu hanya pertandingan kasti antar dua atau tiga sekolah cukup satu atau dua hari saja. Begitu juga dengan susunan pengurusnya, mungkin saja dilakukan oleh dua atau tiga orang saja, tetapi sebaiknyalah ada susunan secara lebih sederhana sekurang-kurangnya yaitu:

  1. Ketua
  2. Sekretaris
  3. Bendahara
  4. Pembantu umum
  5. Seksi-seksi, termasuk:
  6. Seksi perwasitan
  7. Seksi alat dan lapangan
  8. Konsumsi
  9. Dan lain-lain

Semua tugas panitia meskipun sederhana tidak mungkin dilaksanakan dengan satu atau dua orang saja. Untuk itu apa saja tugas dari setiap panitia tersebut. Berikut ulasannya;

A. Tugas Panitia

Ketua

Ketua pertandingan adalah yang bertanggung jawab terhadap semua kegiatan secara keseluruhan dan mampu memberikan keputusan, serta dapat bekerjasama dengan anggota. Biasanya kalau ketua memang selalu sibuk maka dalam organisasi ditunjuk seorang sebagai wakil ketua, dimana tugasnya adalah bertindak sebagai ketua tidak ada dan tugas serta tanggung jawabnya adalah sama dengan ketua.

Sekretaris

Sekretaris adalah seorang yang bertanggung jawab terhadap semua bidang administrasi, mempunyai kemampuan untuk mengambil suatu inisiatif. Ia bertugas membuat undangan kepada anggota bila ada pertemuan atau rapat, juga undangan pada semua yang akan ikut bertanding, undangan pada semua pejabat yang akan menghadiri pembukaan dan penutupan pertandingan dan menerima pendaftaran pertandingan bagi regu yang akan ikut bertanding, dan memberikan informasi serta menjelaskan semua pertanyaan yang datang padanya sebagai pengganti ketua. Kalau tugas sekretaris ini dianggap sangat banyak dalam suatu pertandingan tersebut, maka perlu dibentuk seorang atau dua wakil sekretaris. Dimana tugasnya adalah membantu sekretaris satu (umum) dalam tugas sehari-hari, seperti membuat surat, mengirimkan surat, membuat laporan dan sebagainya, kalau memang ada beberapa sekretaris maka mereka akan membagi tugas yang akan dikerjakan dengan persetujuan ketua umum.

Bendahara

Bendahara adalah yang bertanggung jawab tentang masalah keuangan, aik dalam pengadaan maupun pengeluaran yang sebelumnya sudah disetujui atau sudah diketahui oleh ketua pertandingan. Begitu juga halnya, bila pertandingan ini mempunyai evem yang lebih besar, mungkin keuangannya juga dipegang oleh lebih dari satu orang atau sebagai wakil bendahara. Wakil bendahara bertugas adalah membantu bendahara satu dalam masalah keuangan, terutama bila bendahara berhalangan atau tidak ada ditempat. Dengan sendirinya pembukuannya tentu tetap satu agar jalannya keuangan itu teratur dan jelas.

Panitia Hakim

Dalam pertandingan besar, panitia hakim tidak dapat diabaikan, sebab bila ada masalah dalam pertandingan atau ada protes dari suatu tim terhadap pelaksanaan pertandingan, maka panitia hakim inilah yang akan bertanggung jawab untuk menyelesaikannya, oleh sebab itu biasanya panitia hakim ini adalah terdiri dari pada ahli dalam bidang olahraga yang dipertandingkan, dan anggotanya biasanya berjumlah ganjil agar dalam pengambilan keputusan terdapat perbedaan jumlah suara sebagai pedoman.

2. Pembantu Umum

Kalau dalam pelaksanaan pertandingan yang lebih besar maka pembantu umum mungkin satu atau lebih, tergantung besarnya pertandingan yang akan dihadapi serta banyaknya tugas sehingga perlu anggota lain sebagai tenaga pembantu. Ia bertugas dapat membantu seluruh seksi dimana saja sehingga apa saja yang perlu dibantu maka ini akan selalu dapat melaksanakannya.

Seksi-seksi 

Tugas bagi mereka yang duduk sebagai seksi akan sama dengan yang duduk dalam pengurus lainnya, dimana mereka juga harus mempersiapkan segala sesutu sesuai dengan seksinya agar dapat menunjang terlaksananya pertandingan tersebut sesuai dengan rencana, seperti:

  1. Seksi wasit, ia sudah memperkirakan banyaknya wasit yang dibutuhkan dalam pertandingan tersebut, dan dapat juga ia yang menentukan siapa yang akan menurunkan wasit yag akan memimpin pertandingan termasuk pertugas garis, penulis dan petugas lainnya yang berhubungan dengan wasit. Yang penting sekali adalah menentukan wasit pada waktu pertandingan semifinal dan waktu final yang diatur oleh ketua wasit
  2. Seksi alat dan lapangan, terdiri dari satu atau lebih yang bertugas menyiapkan alat tenatng alat yang dibutuhkan bersama jumlah lapangan yang dipakai. Ia bertanggung jawab segalanya yang berhubungan dengan petugas lapangan dan perlengkapannya agar pertandingan dapat berjalan dengan lancar, umpamanya lapangan yang harus dibuat atau digaris, dilapangan butuh tenda dan kursi untuk penonton atau undangan, garis untuk batas penonton dan sebagainya.

Seksi publikasi dan dokumentasi

Seksi ini adalah sangat perlu untuk mempublikasikan pertandingan dalam kejuaraan apa, perebutan piala apa, bagaimana bentuk spanduk dan dimana ditempatkan, kapan dan dimana pertandingan diadakan sehingga masyarakat dapat mengetahui adanya pertandingan. Diwaktu pertandingan, seksi ini juga bertugas sebagai dokumenter atau forografer, maksudnya ia bertanggung jawab dalam dokumentasi, walaupun yang akan bekerja bukanlah dia, tetapi segala sesuatu yang berurusan tentang seksinya maka ialah yang bertanggung jawab untuk mengurus dan menyelesaikannya.

Kemanan

Adalah petugas yang bertugas menjaga kemungkinan terganggunya pertandingan, pada umumnya dikerjakan oleh angkatan kepolisian dan mungkin saja satpam, dan kalau hanya antar sekolah dapat dilaksanakan oleh guru saja. Jadi maksudnya seksi ini bertanggung jawab untuk mengurus tentang keamanan tersebut.

Kesehatan

Anggota ini terdiri dari beberapa orang yang bertugas untuk membantu bola dalam pertandingan adal terjadi kecelakaan ataupun hal yang tidak diinginkan lainnya. Pada pertandingan besar seperti marathon, permainan sepakbola, petugas ini biasanya dipegang oleh perawat (P3K) dan dokter dan kadangkala dilengkapi dengan tandu dan ambulansnya.

Konsumsi

Konsumsi adalah yang bertugas sebagai penyedia makanan, dan kalau pada pertandingan besar ia juga termasuk pada akomodasi dan tempat. Dan adakalanya juga dipisahkan, ini kalau pertandingan membutuhkan konsumsi untuk panitian atau pemain.
 
Itulah Informasi mengenai pelaksanaan pertandingan kasti, semoga bermanfaat.

Pelaksanaan Pertandingan Permainan Kasti Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ikbal H

0 komentar:

Post a Comment