Penjaskesrek

Blog ini Berisi Informasi Seputar Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan yang Cocok untuk Semua Kalangan.

Pengertian dan Jenis Kesehatan


Berbicara mengenai manusia tentunya tak bisa lepas dari yang namanya kebutuhan, salah satu kebutuhan manusia yang paling utama adalah kesehatan. Orang bisa kaya tujuh turunan namun apabila kesehatannya terganggu maka akan sangat sulit sekali untuk bisa hidup bahagia, karena apapun yang dilakukannya tidak akan pernah benar-benar dinikmatinya, oleh karenanya teramat penting bagi kita untuk senantiasa bersyukur serta selalu berusaha untuk menjaga karunia kesehatan yang dianugerahkan oleh tuhan.

Kesehatan


Nah, pada kesempatan kali ini, kami akan mencoba mengajak teman-teman untuk membahas sedikit mengenai kesehatan, topik kita akan berbicara mengenai apa sih pengertian kesehatan itu? Jenis-jenis kesehatan itu apa saja ? semua pertanyaan tersebut akan coba kami bahas dalam ulasan kali ini, semoga bisa memberikan manfaat bagi teman-teman sekalian.

Pengertian Kesehatan

Berbicara mengenai pengertian kesehatan, maka kita akan menemukan banyak sekali pengertian-pengertian mengenai kesehatan itu sendiri, dan pada kesempatan kali ini kami akan mencoba mengemukakan beberapa pendapat mengenai pengertian kesehatan.

Pengertian kesehatan menurut World Health Organization (WHO) adalah keadaan yang menunjukkan sehat fisik, mental dan sosial bukan hanya terbebas daripenyakit, cacat dan kelemahan. Indikator sehat ini telah dilengkapi oleh badan kesehatan dunia itu dengan dimasukkannya komponen sehat spiritual. Mengacu pada defenisi tersebut seorang yang sehat adalah berfungsinya komponen fisik, mental dan sosial, serta pemahaman dan penerapan nilai-nilai agama yang agung secara optimal dan harmonis.

Dalam KBBI dijelaskan pengertian mengenai kesehatan berasal dari akar kata sehat, yaitu keadaan baik seluruh badan serta bagian-bagiannya (bebas dari sakit).

Sedangkan di dalam Undang-undang No.23 Tahun 1992 tentang pokok-pokok kesehatan, disebutkan bahwa yang dimaksud dengan kesehatan ialah meliputi kesehatan badan, rohaniah (mental) dan sosial, dan bukan hanya keadaan yang bebas dari penyakit, cacat dan kelemahan. Yang dimaksud dengan kesehatan sosial adalah perikehidupan dalam masyarakat, perikehidupan ini harus sedemikian rupa sehingga setiap warga negara mempunyai cukup kemampuan untuk memelihara dan memajukan kehidupan sendiri serta kehidupan keluarganya dalam masyarakat, sehingga memungkinkannya untuk bekerja, beristirahat dan menikmati liburan pada waktunya.

Secara sederhana dapat kita simpulkan bahwa kesehatan itu hanya meliputi keadaan baik tubuh semata sebagaimana yang umum diketahui oleh masyarakat. Kesehatan itu meliputi banyak hal, baik itu mental, ekonomi, sosial dan lainnya. Orang yang sehat jasmani namun mengalami stress tidak bisa disebut sebagai orang yang sehat. Orang yang sehat fisik dan mentalnya namun sering membuat keributan ditengah masyarakat adalah orang yang sakit secara sosial, begitu seterusnya.

Bagaimanapun juga pengertian-pengertian tersebut diatas bisa teman-teman simpulkan masing-masing, semua kita bebas mengeluarkan pendapatnya masing-masing tanpa harus saling menyalahkan.

Nilai Kesehatan

Kesehatan merupakan anugerah yang sangat berharga dan tidak dapat diukur dengan apapun. Oleh sebab itu tindakan yang paling tepat adalah dengan mencegah timbulnya ancaman terhadap kesehatan baik yang berasal dari diri sendiri, orang lain, dan lingkungan. Jika kita ingin memberi nilai secara matematis maka tubuh kita sesungguhnya memiliki nilai yang sangat berharga Dr. Harold J.M dalam Journal of Hospital Practice pernah menghitung harga tubuh kita berdasarkan analisis unsur kimia yang membangunnya. Awalnya beliau hanya menghargainya 98 sen AS. Tetapi seiring dengan semakin berkembang dan pesatnya kemajuan teknologi analisis dengan ditemukannya suatu hormon pada wanita yang disebut dengan FSH dan Prolaktin, maka manusia yang beratnya 60 kg dinilai dengan harga 6.000.000 dolar AS (enam juta dolar).

Harga tersebut diatas akan terus meningkat seiring dengan kemajuan teknologi yang dapat menemukan unsur-unsur penting lainnya. Dengan demikian tubuh kita adalah benda yang sangat berharga yang harus senantiasa dijaga keutuhannya dengan baik. Tubuh yang sangat mahal itu nilainya dapat naik dan turun tergantung pada pola dan gaya hidup kita. Makanya kemudian sangat penting bagi setiap orang untuk senantiasa dapat memberikan bimbingan kepada anak agar memiliki sikap dan pola hidup yang sehat, melalui pemahaman akan pentingnya kebersihan tubuh, pencegahan penyakit dan menjaga lingkungan yang sehat.

Jenis kesehatan

Kesehatan manusia secara umum dapat kita bagi kedalam dua garis besar, sebut saja kesehatan fisik dan juga kesehatan mental. Meskipun keduanya dari sisi ini dibedakan, namun pada hakikatnya keduanya adalah satu kesatuan yang tidak terpisahkan dan saling mendukung satu dengan yang lainnya. 

1. Kesehatan Fisik

Secara sederhana kesehatan fisik pasti teman-teman sudah tahu, kesehatan jenis ini adalah jenis kesehatan yang dilihat dari keadaan tubuh seseorang, apakah organ tubuhnya berjalan normal atau tidak. Seseorang bisa dikatakan sehat secara fisik apabila tubuhnya tidak kekurangan suatu apapun dan dalam keadaan baik.
Tentu saja untuk mempertahankan kesehatan fisik ini maka dibutuhkan langkah-langkah tertentu untuk menjaga itu semua, sebut saja olahraga, pola makan dan juga istirahat yang cukup. Aktivitas olahraga dapat membuat badan menjadi lebih sehat karena akan mengeluarkan toksin (racun) yang terperangkap dalam tubuh. Pola maka yang baik juga akan membuat tubuh bisa mengganti sel-sel yang rusah akibat aktivitas ataupun karena faktor lainnya. Sedangkan istirahat adalah fase dimana tubuh mengalami proses recharge atau pengisian kembali tenaga yang hilang.

2. Kesehatan Mental/Jiwa

Jenis kesehatan yang berikutnya adalah kesehatan mental, kesehatan jenis ini tidak dilihat dari fisik seseorang, melainkan dari fikiran dan jiwanya. Kesehatan jenis ini erat kaitanyya dengan masalah-masalah yang terkait dengan masalah fikiran ataupun kejiwaan, sebut saja stress dan kawan-kawannya.
Kalau kesehatan fisik bisa diraih dengan berolahraga, maka untuk menjaga kesehatan mental maka dibutuhkan keseimbangan emosi, jiwa yang stabil, serta mengurangi fikiran-fikiran negatif. Melakukan aktivtas fisik bisa membuat orang lebih bahagia jika dibandingkan dengan orang yang hanya bermalas-malasan di rumah.

Demikianlah ulasan kami mengenai pengertian kesehatan dan jenisnya, semoga bisa memberikan manfaat bagi teman-teman. Ayo hidup sehat.

Pengertian dan Jenis Kesehatan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ikbal H

0 komentar:

Post a Comment