Penjaskesrek

Blog ini Berisi Informasi Seputar Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan yang Cocok untuk Semua Kalangan.

Pengertian dan Tujuan dari Pendidikan Jasmani

Berbicara mengenai pengertian dan tujuan pendidikan jasmani mungkin sudah tidak asing lagi bagi sebagian besar kita semua. Karena pasti hampir kita semua menyukai aktivtas ini. Dalam pembahasan kali ini kita akan mengupas mengenai hal tersebut, untuk lebih jelasnya silahkan dibaca ya teman-teman, cekidot.

Pendidikan Jasmani

Pengertian olahraga menurut Webster's New Collegiate Dictionary (1980) secara sederahan diartikan sebagai usaha yang dilakukan melalui aktivitas fisik dalam rangka memperoleh kesenangan, dan beberapa aktvitas khusus seperti berburu atau dalam olahraga pertandingan (athletic games). Dalam ensiklopedia Indonesia disebutkan bahwa olahraga adalah gerak badan yang dilakukan oleh satu orang atau lebih yang merupakan regu atau rombongan. Sedangkan dalam Pola Pembangunan Olahraga yang disusun Kantor Menpora menyebutkan bahwa olahraga adalah bentuk-bentuk kegiatan jasmani yang terdapat di dalam permainan, perlombaan dan kegiatan jasmani yang intensif dalam rangka memperoleh rekreasi, kemenangan dan prestasi optimal, (Menpora, 1984).

Tujuan Pendidikan Jasmani

Pendidikan jasmani adalah pergaulan pedagogik dalam dunia gerak dan penghayatan jasmani. Secara sederhana guru pendidikan jasmani mengajarkan dan memajukan aktivtas fisik kepada anak didik dalam rangka mencapai tujuannya dalam pembelajaran. Dirjen Dikti mengungkapkan bahwa pendidikan jasmani merupakan interaksi antara peserta didik dan lingkungan yang dikelola melaui aktivtas jasmani secara sistematik menuju pembentukan manusia Indonesia seutuhnya. Dilanjutkan oleh Ridjsdrop mengatakan bahwa pendidikan jasmani itu pendidikan yang menolong anak, dan anak muda menuju kedewasaannya. Selanjutnya dikatakan juga pendidikan jasmani itu merupakan pergaulan pendidikan dalam bidang gerak dan pengetahuan tentang tubuh.

Tujuan pendidikan jasmani sudah tercakup dalam pemaparan diatas yaitu memberikan kesempatan kepada siswa untuk mempelajari berbagai kegiatan yang membina sekaligus mengembangkan potensi anak, baik dalam aspek fisik, mental, sosial dan emosional.

Dalam pendidikan jasmani terdapat suatu tujuan yang disebut keterampilan. Keterampilan gerak ini dapat berarti gerak bukan olahraga, dan gerak untuk olahraga. Mengajarkan aktivtas gerak kepada anak-anak sejak dini bukan berarti mempersiapkan anak untuk berprestasi namun lebih kepada pengembangan dan pematangan fisik anak-anak melalui aktivitas gerak, maksudnya menurut Gabbard dkk adalah penyiapan gerak dan efesiensi gerak, sedangkan menurut Annario dkk, adalah gerak fundamental (dasar), sedangkan menurut Annario dkk adalah gerak fundamental, keterampilan olahraga dan tari. Untuk mencapai gerak tersebut maka harus ditunjang oleh keadaan jasmani mengenai kekuatan otot, daya tahan otot, kelentukan dan daya tahan kardiovaskular.

Dari uraian diatas dapat diperjelas sebagai berikut: pendidikan jasmani sebagai pengajaran gerak. Isi dari aspek pendidikan ini ditentukan oleh intensi-instensi pedagogis atau tujuan-tujuan pendidikan yang dipakai sebagai pegangan guru pendidikan jasmani. Dengan adanya hubungan sesama manusia, benda maupun lingkungan sekitarnya, maka tujuan pendidikan jasmani dapat dirangkum secara sederhana sebagai berikut:

1. Pembentukan Gerak

  1. Memenuhi serta mempertahankan keinginan gerak;
  2. Penghayatan ruang, waktu dan bentuk serta pengembangan perasaan irama;
  3. Mengenal kemungkinan gerak sendiri;
  4. Memiliki keyakinan gerak dan mengembangkan perasaan sikap;
  5. Memperkaya dan memperluas kemampuan gerak dengan melakukan pengalaman gerak.

2. Pembentukan Prestasi

  1. Mengembangkan kemampuan kerja optimal dengan mengajarkan ketangkasan-ketangkasan.
  2. Belajar mengarahkan diri pada pencapaian prestasi (kemauan, konsentrasi, keuletan, kewaspadaan, kepercayaan pada diri sendiri);
  3. Penguasaan emosi;
  4. Belajar mengenal kemampuan dan keterbatasan diri;
  5. Menimgkatkan sikap tepat terhadap nilai yang nyata dari tingkat dan bidang prestasi, dalam kehidupan sehari-hari, dalam masyarakat dan dalam olahraga.

3. Pembentukan Sosial

  1. Pengakuan dan penerimaan peraturan-peraturan dan norma-norma bersama;
  2. Mengikutsertakan ke dalam struktur kelompok fungsional belajar bekerja sama, menerima pimpinan dan memberikan pimpinan;
  3. Pengembangan perasaan kemasyarakatan dan pengakuan terhadap orang lain sebagai pribadi-pribadi;
  4. Belajar bertanggung jawab terhadap orang lain, memberikan pertolongan, memberi perlindungan dan berkorban;
  5. Belajar mengenal dan mengalami bentuk-bentuk peleps lelah secara aktivitas untuk pengisian waktu senggang.

4. Pertumbuhan badan

  1. Peningkatan syaraf-syaraf yang diperlukan untuk dapat tumbuh, bersikap dan bergerak dengan baik dan untuk dapat berprestasi secara optimal (kekuatan dan mobilitas, pelepasan ketegangan dan kesiapsiagaan).
  2. Meningkatkan keserasian jasmani dan rasa tanggung jawab terhadap kesehatan diri dengan membiasakan cara-cara hidup sehat.
Rangkuman tujuan pendidikan jasmani ini karenanya adalah sebagai berikut:
  1. Pendidikan jasmani yang baik tentu akan memberikan pemahaman kepada anak supaya lebih mengenail dirinya dengan baik dan lingkungan sekitarnya;
  2. Dia meningkatkan kesenangan bergerak, kepastian gerak dan kekayaan gerak;
  3. Dia meningkatkan kekayaan jasmani, rohani dan sosial serta kegairahan hidup;
  4. Mensiagakan menghadapi tugas dan waktu senggang;
  5. Membimbing ke arah penguasaan kewajiban dengan matang sebagai pribadi yang kreatif bulat.
Tidak ada pendidikan jasmani yang tidak bertujuan pendidikan. Tidak ada pendidikan yang lengkap, tanpa pendidikan jasmnai, sebab pendidikan jasmani untuk belajar mengenal dunia dan dirinya sendiri.

Itulah sedikit informasi mengenai tujuan dari pendidikan jasmani, dengan mengetahui tujuan-tujuannya tersebut mudah-mudahan memberikan kita tambahasan dorongan semangat untuk lebih berperan aktif dalam pengembangan anak melalui aktivtas jasmani yang menyenangkan. Semoga bermanfaat.

Pengertian dan Tujuan dari Pendidikan Jasmani Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ikbal H

0 komentar:

Post a Comment