Penjaskesrek

Blog ini Berisi Informasi Seputar Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan yang Cocok untuk Semua Kalangan.

Pengertian Senam Ritmik Lengkap

Senam dewasa ini banyak dilakukan oleh masyarakat Indonesia tanpa memandang status, usia, ataupun jenis kelamin, semuanya berbaur dalam satu tempat yang luas. Senam bahkan sudah dilakukan di instansi pemerintah ataupun di sekolah-sekolah, hal ini tentu saja karena memang banyak sekali manfaat yang bisa kita ambil olahraga menyenangkan ini. Sebut saja senam dapat memperbaiki postur tubuh, menyehatkan jantung, mencega osteoporosis dan manfaat lainnya. 

Pengertian Senam Ritmik

Senam ritmik adalah salah satu jenis senam yang dilakukan dengan cara tertentu yaitu dengan diiringi musik. Senam ritmik menggunakan anlat-alat yang dipegang (hand aparatus) seperti bola, tali, pita, simpai dan gada.

Kalau kita melihat sejarah awal dari senam ritmik, maka kita akan menemukan bahwa pada awalnya gerakan dalam senam ini bersifat bebas (kalistenik) yang dilakukan dengan tempo yang lamban dan diiringi dengan irama musik tertentu, aktivitas ini juga saat itu dilakukan oleh banyak orang dalam waktu yang bersamaa (massal). Irama yang digunakan biasanya lagu-lagu berirama 3/4 atau 6/8, seperti lagu Desaku, Kelinciku. Kemudian dalam perkembangannya, senam ritmik berubah menjadi lebih kompetitif, setelah namanya berubah menjadi senam ritmik modern (modern rhytmic gymnastic), dan kemudian sejak itu, menghilang dari ruang lingkup pendidikan jasmani di sekolah.

Senam Ritmik

Senam ritmik modern awalnya berkembang di Eropa dan telah menyebarkan popularitasnya terutama melalui klub-klub dan studio senam pribadi. Karena kepopulerannya, dalam waktu singkat, senam ritmik ini sangat disukai sehingga dengan mudah dapat menarik minat dari seluruh masyarakat yang ada di belahan dunia, mulai dari Amerika, Jepang dan bahkan Indonesia. Pada tahun 1984, senam yang berbentuk gerak tari ini masuk dalam kancah Olimpiade, dan pertama kalinya dipertandingkan secara Internasional.

Senam ritmik modern memang menarik, karena elemen dari dansa dan permainan digunakan untuk menciptakan rangkaian menarik dengan menggunakan bola, tali, simpai, pita dan gada, yang dimainkan sesuai iringan musik. Indikator kualitas penampilannya terletak pada irama, aliran, kontras, yang dinamis dari seluruh gerakan berupa tarian.

Anak-anak di Sekolah Dasar (SD) benar-benar menyukai elemen ritmik dari gerakan yang dilakukannya, dan ketika mereka dapat menangkap, memantulkan, serta melontarkan bola atau alat lain, mereka merasakan adanya penguasaan tambahan di dalam perbendaharaan gerak mereka. Mereka juga akan menyenangi tantangan untuk menciptakan komposisi rangkaian senam sederhana yang dikaitkan pada musik populer yang sederhana.

Alat Senam Lantai

1. Senam Ritmik dengan Alat Bola

Ukuran dan Petunjuk Memainkan Bola

Bola hendaknya dapat selalu diam pada telapak tangan walaupun tidak dicengkram dengan jari. Dengan demikian, ukuran bola untuk senam ritmik ini adalah bola ukuran sedang, seukuran bola tangan atau bola voli. Bola plastik sebenarnya bisa juga digunakan. Kelemahannya adalah karena ia tidak bisa dipantulkan.

Ketika melambungkan bola, tenaga harus datang dari bahu dengan lengan lurus dan gerakan hendaknya mulai dari kaki ke seluruh tubuh dengan enjotan yang rileks. Bila menangkap bola, jemputlah dengan ujung jari-jari dan biarkan menggelundung turun ke telapak tangan, dan lagi seluruh tubuh mengikuti gerakan menangkap.

Untuk gerakan mengayun dan menggelundungkan bola, bola diraih dalam pergelangan tangan, bola berada diantara telapak tangan dan lengan bawah.

Latihan akan lebih mudah dan menyenangkan dilakukan dengan musik irama Waltz (6/8) adalah irama yang terbaik untuk melakukan gerakan mengayun yang lembut, tetapi juga musik itu jangan terlalu lambat sebab akan kurang hidup dan kurang menyenangkan. Postur tubuh hendaknya diperhatikan benar-benar, tegak dan ekspresif.

Semua gerakan dapat dilakukan pada arah lain. Bila disini dilukiskan gerakan dilakukan pada satu arah, anda dapat pula melakukannya ke arah yang lain, kiri atau kanan.

Gerakan dalam senam ritmik menggunakan bola dibagi sebagai berikut:
  1. Mengayun- bola tetap berada di tangan
  2. Menggelundung- Bola menggelundung di lantai atau di badan
  3. Memantul- bola dipantulkan dalam berbagai cara
  4. Melambung- bola dilambungkan dengan satu atau dua tangan ke udara dan keberbagai arah.

2. Senam Ritmik dengan Tali 

Latihan pada alat tali dan simpai merupakan latihan yang pasti dapat dinikmati oleh anak-anak SD, terutama anak-anak putri. Tali yang sifatnya lentur dan bisa dibentuk menjadi apa saja, mengundang minat anak untuk mencobanya dengan berbagai cara. Sedangkan simpai yang bentuknya bulat bundar akan mengundang minat anak untuk mencoba menggelindingkannya ke berbagai arah.

Tali dan simpai bukanlah bentuk benda asing bagi anak-anak. Mereka sudah sering memainkan alat serupa keduanya meskipun dalam ukuran, bahan, serta kepentingan yang lain. Tali, misalnya sering dimainkan oleh anak untuk meloncat tali. Meskipun yang dipakai mereka berupa karet gelang yang disusun menguntai menjadi utas tali panjang, mereka akan segera mengenali fungsi tali tersebut ketika diperkenalkan dengan bahan yang berbeda. Mereka pasti akan merasa diingatkan bagaimana mereka pernah memainkannya dalam bentuk-bentuk yang alamiah.

Demikian juga dengan simpai. Bentuk simpai yang melingkar setidaknya sering mereka lihat dan mainkan secara coba-coba dengan cara menggelindingkannya di permukaan tanah atau lantai, atau mereka mainkan dengan cara memasukkan badan mereka ke dalam lingkaran simpai, dan mencoba memutarkannya di sekitar pinggang sebagai hula-hoop. Simpai yang mereka temui bisa saja terbuat dari rotan atau bambu hasil buatan ayah atau kakaknya, atau dapat juga terbuat dari fiber glass yang dibeli dari toko-toko alat olahraga sebagai mainan.

3. Senam Ritmik dengan Alat Simpai

Simpai adalah alat berbentuk cincin besar yang biasanya terbuat dari fiber glass atau jika untuk digunakan anak-anak dapat dibuat dari satu bilah bambu atau rotan yang dipertemukan kedua ujungnya membentuk lingkaran, alat ini juga biasaya disebut dengan hulahoop. Untuk menambah indah bentuknya, simpai dapat diwarnai dengan menempelkan selotip berwarna, atau melingkarkan kertas hiasan berwarna di sekeliling batangnya, berselang-seling antara dua atau lebih warna sehingga menambah motif kontrasnya.

Nah itulah sedikit informasi mengenai pengertian senam ritmik, mudah-mudahan memberikan manfaat bagi teman-teman sekalin. Terima kasih.

Pengertian Senam Ritmik Lengkap Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ikbal H

0 komentar:

Post a Comment